close

Indonesia Raya Bakal Dikumandangkan Rutin Pukul 10:00 di DIY

Indonesia Raya Bakal Dikumandangkan Rutin Pukul 10:00 di DIY

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - For You Indonesia bersama Kraton Yogyakarta, Kadipaten Pakualaman dan Pemda DIY akan serentak mencanangkan Gerakan Indonesia Raya Bergema di Yogyakarta.

Pencanangan akan dilakukan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mel 2021 mulai pukul 09:00 WIB disiarkan secara live streaming dari empat lokasi yakni Gedung Pracimosono Kompleks Kepatihan, Bangsal Mandalasana Kraton Yogyakarta, Kadipaten Pakualaman dan Pasar Beringharjo.

Widihasto Wasana Putra selaku Panitia Gerakan Indonesia Raya Bergema Forum Rakyat Yogya Untuk Indonesia (For You Indonesia) menjelaskan, Gerakan Indonesia Raya Bergema adalah sebuah kampanye berkelanjutan untuk mengajak mengkumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya secara kontinyu setiap jam 10:00 WIB di tempat-tempat publik sebagai upaya menggelorakan nasionalisme rakyat dan menjaga NKRI berdasarkan Pancasila.

Tempat publik yang dimaksud adalah instansi pemerintah, perkantoran swasta, lembaga pendidikan, pusat perbelanjaan, obyek wisata maupun tempat lain yang memungkinkan. Jam 10:00 WIB mengacu pada peristiwa detik-detik Proklamasi.

"Ini adalah sajian yang baru dan unik, dimulai dari Jogja," katanya, Senin (17/5/2021).

Ia meneruskan, momentum Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei dipilih sebagai bentuk revitalisasi spirit Kebangkitan Nasional dari peristiwa lahirnya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908. Di mana dalam konteks hari ini aktualisasi esensialnya adalah membangkitkan semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme, serta kesadaran untuk mengisi kemerdekaan Republik Indonesia berlandaskan Pancasila.

Acara akan dimulai pukul 08:45 WIB dibuka dengan defile Bregada Abdi Dalem Musikan Kraton Yogyakarta. Dilanjut penampilan Komunitas Biola Yogya asuhan Ucok Hutabarat berkolaborasi dengan kelompok paduan suara Alumni SMA Yogya Bersatu pimpinan Ryo Emmanuel Maharsanto. Mereka menampilkan lagu perjuangan dan lagu daerah.

Setelah itu disusul dialog dengan sejumlah tokoh masyarakat dari empat lokasi siaran. Puncak acara adalah pidato pencanangan Indonesia Raya Bergema oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X ditandai dengan mengkumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dibawakan korps musikan dari Bangsal Mandalasana Kraton Yogyakarta.

Rumah Jogja Murah DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun

SEDAYU, KABUPATEN BANTUL, DI YOGYAKARTA

Rp.258,000,000

Baca juga : Indonesia Raya Bergema dari Yogyakarta

Setelah pencanangan Gerakan Indonesia Raya Bergema maka pada hari-hari berikutnya dan seterusnya Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dihimbau untuk dapat dikumandangkan rutin sekali setiap pagi.

"Sesuai ketentuan perundangan pada saat Lagu Kebangsaan diperdengarkan masyarakat yang berada di area itu wajib berdiri dalam sikap hormat," tegasnya.

Agar imbaun berlaku efektif, Pemda DIY menurut Widihasto, akan mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada semua lingkup instansi Pemda DIY dan Pemkot/Pemkab se DIY agar dapat mengumandangan Lagu Kebangsaan di lingkup kerja masing-masing. Gerakan Indonesia Raya Bergema ini diharapkan diikuti kalangan dunia pendidikan dan sektor swasta lainnya.

KPH Notonegoro mewakili Kraton Yogyakarta menjelaskan, komitmen Kraton Yogyakarta untuk NKRI sudah tidak diragukan lagi. Semangat untuk menggemakan Indonesia Raya ini menurutnya seperti apa yang diharapkan Kraton Yogyakarta.

"Kami berterima kasih karena bisa menggunakan momentum 20 Mei untuk memperdengarkan lagu Indonesia Raya," katanya.

Masyarakat dapat menyaksikan siaran langsung pencanangan gerakan Indonesia Raya Bergema melalui kanal youtube Humas Jogja. Selain itu dapat pula hadir di Pasar Beringharjo dan atau Bangsal Mandalasana Kompleks Kraton Yogyakarta (melalui pintu masuk wisata Keben) pada jam 09.00 WIB dengan memenuhi ketentuan protokol kesehatan. (den)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR


Kavling 100 M2 hanya Rp 60 Juta sudah SHM dan GRATIS Pondasi

Kavling 100 M2 hanya Rp 60 Juta sudah SHM dan GRATIS Pondasi


Rumah Jogja Murah Angsuran 1 Jutaan

Rumah Jogja Murah Angsuran 1 Jutaan


Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru