close

Forpi Pantau Hari Pertama Kerja di Jajaran Pemkot Yogyakarta, Ini Hasilnya

Forpi Pantau Hari Pertama Kerja di Jajaran Pemkot Yogyakarta, Ini Hasilnya

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Guna memastikan pelayanan publik berjalan lancar di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta pada hari pertama kerja usai libur lebaran 2021, Forum Pemantau Independen  (Forpi) Kota Yogyakarta melakukan pemantauan di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah  (OPD) di Komplek Balaikota Yogyakarta, Senin  (17/5/2021).

Selain di komplek Balaikota Yogyakarta pemantauan yang dipimpin langsung oleh Koordinator, Wahyu Wijayanta, bersama dua anggotanya Umi Hidayati dan Baharuddin Kamba ini juga dilakukan di sejumlah Kantor Lurah, misalnya di Kantor Lurah Cokrodiningratan Kemantren Jetis dan Kantor Lurah Kotabaru Kemantren Gondokusuman Kota Yogyakarta. 

"Dari hasil pemantauan di kantor Lurah Cokrodiningratan Kemantren Jetis pelayanan nampak sepi. Hanya satu warga hendak mengurus Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM). Karena ingin menuju DKI Jakarta," ujar Baharuddin Kamba.

Namun, sambung Kamba, staf Kelurahan Cokrodiningratan meminta warga tersebut untuk menunggu kedatangan Lurah Cokrodiningratan yang saat itu sedang berada di Kantor Kemantren Jetis Kota Yogyakarta. 

Baca Juga : Forpi Kota Yogyakarta Ingatkan ASN Jangan Ada yang Bolos di Hari Pertama Masuk Kerja

Sementara itu pemantauan di kantor Lurah Kotabaru Kemantren Jetis Kota Yogyakarta diloket layanan tidak nampak petugas satu pun. Salah satu staf mengaku petugas lainnya sedang bersih-bersih kantor.  Sementara staf lainnya sedang WFH (Work From Home).

"Saat ditanya keberadaan Lurah Kotabaru Kemantren Gondokusuman yang tidak berada di kantor, salah satu staf mengatakan Lurah sedang WFH," kata Kamba.

Rumah Mewah di Jogja Tipe 50 Cantik Diskon 60 Juta - Strategis di Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Jalur Bandara YIA

SEDAYU, KABUPATEN BANTUL, DI YOGYAKARTA

Rp.416,000,000

Sedangkan salah satu petugas petugas layanan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kota Yogyakarta mengatakan absensi kehadiran staf menggunakan sidik jari atau fingerprint. Tidak ada absensi manual.

"Semua pegawai di kantor Disdukcapil Pemerintah Kota Yogyakarta hadir di hari pertama masuk kerja. Kecuali yang hari ini tidak masuk karena jadwal WFH," tambahnya.

Dari pantauan Forpi terdapat warga yang mengantri cukup banyak di Disdukcapil, rata-rata mengurus pembaruan Kartu Keluarga (KK), namun ada pula yang mengurus akta kematian dan pernikahan. 

"Sementara itu pemantauan di kantor Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta pelayanan nampak lengang. Tidak nampak adanya aktivitas pelayanan," ungkap Kamba.

Sementara, menanggapi adanya aduan warga ke Forpi Kota Yogyakarta terkait layanan di RSUD Wirosaban karena pasien ditolak dengan alasan RSUD Wirosaban Kota Yogyakarta hanya khusus melayani pasein Covid-19, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani segera melakukan klarifikasi atas aduan tersebut. Kepala Dinkes Kota Yogyakarta menegaskan bahwa  RSUD Wirosaban Kota Yogyakarta tidak hanya khusus melayani pasien Covid-19 tetapi juga pasien umum. 

"Secara umum pemantauan terkait pelayanan terhadap masyarakat pada hari pertama masuk kerja usai libur lebaran berjalan lancar. Begitu pun tingkat kehadiran ASN tertib," tandas Kamba.

Harapan Forpi Kota Yogyakarta meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat bekerja dalam melayani masyarakat. "Toh libur lebaran tahun ini sudah dirasa cukup. Kalau pun tetap nekat untuk bolos kerja, pasti sanksi akan menanti," pungkasnya. (cdr)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR


Kavling 100 M2 hanya Rp 60 Juta sudah SHM dan GRATIS Pondasi

Kavling 100 M2 hanya Rp 60 Juta sudah SHM dan GRATIS Pondasi


Rumah Jogja Murah Angsuran 1 Jutaan

Rumah Jogja Murah Angsuran 1 Jutaan


Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru