Berita Nasional Terpercaya

5 Tugas Business Development Manager dengan Gaji Tinggi

0

Bernas.id – Perusahaan membutuhkan sosok pemimpin untuk meningkatkan daya saingnya di pasar. Sosok tersebut adalah seorang business development manager yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan bisnis melalui produk dan hubungan baik dengan pihak strategis.

Seorang manajer pengembangan bisnis akan selalu berkomunikasi dengan jajaran C-Level perusahaan. Manajer pengembangan ini akan intens menerima arahan dari para eksekutif tersebut untuk diskusi dengan dengan tim penjualan dan tim pengembangan produk.

Peran sentral manajer pengembangan akan mampu menghasilkan produk dengan posisi tawar di pasar. Perusahaan berani memberikan gaji tinggi kepada manajer pengembang yang satu ini demi meningkat nilai perusahaan.

Menurut payscale.com, gaji business development manager di Indonesia bisa mencapai Rp250 jutaan per tahun. Semisal diambil rata hitungan bulanan, gaji manajer ini sebesar Rp20 jutaan yang masuk ke rekening setiap bulan.

Tertarik untuk menjadi seorang businees development manager? Mari simak penjelasan tugas business development manager berikut ini!

Baca juga: 3 Jenis Development yang Harus Ada di Perusahaan

Definisi Business Development Manager

Business development manager adalah jabatan strategis yang diberikan oleh perusahaan kepada seseorang untuk mengembangkan solusi bisnis yang efektif sehingga mencapai target organisasi. Seorang manajer pengembangan bisnis bertugas untuk merencanakan strategi bisnis agar perusahaan mampu menghasilkan semakin banyak pendapatan, kepercayaan pelanggan, dan loyalitas terhadap merek.

Seorang business development manager juga selalu berkomunikasi dengan staf yang dipimpinnya, atasan, dan manajer terkait untuk mengembangkan nilai bisnis perusahaan. Keterampilan berupa mengelola data dan informasi melekat pada dirinya agar mampu memberikan kerangka bisnis yang tepat sebagai solusi untuk meningkatkan penjualan.

Dia adalah profesional yang memiliki karakter kepemimpinan yang kuat sehingga mampu menggerakkan dan mengelola sumber daya manusia perusahaan untuk mencapai kinerja yang optimal. Selain itu, kreativitas manajer ini sangat dibutuhkan untuk memberikan solusi dalam mengembangkan produk yang memiliki daya saing di pasar.

Baca juga: 8 Cara Mengembangkan Produk Baru yang Teruji

Tugas Business Development Manager Manajer

Tugas business development manager dalam mengembangkan produk

Di balik gaji tinggi business development manager, tersimpan tanggung jawab yang besar di setiap tugasnya. Tantangan untuk membantu perusahaan memiliki posisi yang diperhitungan di pasar memang tidak mudah.

Di antara tugas manajer pengembangan, terdapat empat tugas pokok yang menjadi tanggung jawabnya. Keempat tugas seorang manajer tersebut dapat Anda pelajari di bawah ini.

1. Mencapai Target Pendapatan Perusahaan

Setiap tahun perusahaan selalu membuat evaluasi tahunan untuk membuat rencana di tahun berikutnya. Rencana tersebut akan bersesuaian dengan target tahunan perusahaan. Oleh karena ini, peran business development manager sangat penting dalam organisasi.

Sebagai seseorang yang menjabat sebagai manajer, Anda dan tim harus menemukan strategi untuk mencapai target pertumbuhan perusahaan dari tahun ke tahun. Harapannya, pertumbuhan bisnis akan meningkatkan pendapatan perusahan sesuai rencana.

Baca juga: Inilah Progam Beasiswa Menjadi Pengusaha Universitas Mahakarya Asia

2. Menjaga Hubungan Baik dengan Klien

Pertumbuhan bisnis suatu perusahaan sangat terpengaruh dengan cara business development manager dan timnya menjalin sekaligus menjaga hubungan baik dengan klien atau pelanggan. Hubungan baik ini juga akan berdampak pada nama baik perusahaan.

Hubungan baik yang bangun oleh seorang manajer pengembangan berpotensi untuk meningkatkan pendapatan perusahaan karena adanya reputasi dan rekomendasi dari klien atau pelanggan yang puas. Kepuasan dapatkan klien atau pelanggan mengakibatkan adanya rekomenasi produk atau jasa perusahaan secara cuma-cuma kepada teman-temannya.

3. Meninjau Aktivitas Bisnis Perusahaan

Bagi Anda yang ingin menjadi manajer pengembang, setiap aktivitas bisnis perusahaan harus selalu terpantau dari waktu ke waktu. Peninjauan tersebut adalah untuk mengetahui kondisi pasar dan performa bisnis perusahaan yang sebenarnya.

Seorang manajer harus mampu menemukan permasalahan dan mengurainya untuk ditinjak lanjuti dengan solusi yang tepat. Peninjauan ini tidak terbatas pada aktivitas internal perusahaan, namun Anda juga harus meninjau aktivitas bisnis kompetitor di pasar.

Baca juga: Mengenal Skala Ekonomis, Efisiensi Bisnis Untuk Tingkatkan Keuntungan

Aktivitas peninjauan secara berkala akan memberikan banyak data dan informasi bagi manajer untuk menentukan strategi untuk mempercepat pencapaian.

4. Mengembangkan Strategi Penjualan

Untuk meningkatkan pendapatan perusahaan, business development manager memiliki tugas untuk mengembangkan strategi penjualan yang telah ada. Hal ini sangat berguna agar tim sales mendapatkan solusi untuk mengingkatkan penjualan produk.

Contohnya, business development manager menemukan bahwa penjualan properti rumah mengalami penurunan. Penyebabnya adalah syarat uang muka kepemilikan rumah secara kredit masih tinggi yakni 20% dari nilai rumah dan memberatkan calon pembeli.

Agar penjualan rumah meningkat, manajer akan bekerjasama dengan perbankan. Salah satu strategi tepat adalah menurunkan syarat DP 20% menjadi 5% dan dengan masa angsuran lebih lama. Strategi penjualan ini akan memudahkan calon pembeli untuk mengajukan KPR sehingga penjualan rumah pun meningkat.

Baca juga: Rumah Jogja Murah Desain 2 Lantai, DP 10 Persen Angsuran 2 Jutaan

5. Mengevaluasi Produk Perusahaan dan Pesaingnya

Tanpa adanya kompetitor akan sulit bagi perusahaan untuk memberikan produk terbaik. Pasalnya, keberadaan kompetitor akan memicu Anda untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu produk atau layanan.

Bermula dari sinilah tugas business development manager untuk membandingkan untuk menemukan celah dalam berkompetisi di pasar. Anda akan merasa terpanggil untuk terus mengevaluasi produk atau jasa perusahaan.

Di samping itu, Anda juga dapat mengadopsi strategi kompetitor untuk menjangkau calon pelanggan baru. Lebih dari itu, proses evaluasi produk Anda dan produk kompetitor mampu memberikan informasi yang berguna untuk meningkatkan benefit produk selanjutnya. seperti peningkatan mutu atau kemasan.

Itulah beberapa tugas manajer pengembangan bisnis harus secara rutin terlaksana untuk mencapai target perusahaan. Bagi Anda yang bercita-cita untuk berkarir menjadi manajer pengembangan produk, penjelasan tentang tugas-tugas di atas sangat berguna untuk mempersiapkan diri sebelum meniti karir di bidang pengembangan bisnis.

Baca juga: Investasi Tanah Jonggol Menguntungkan – Siap Terima SHM Cuma Rp 60 Jutaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.