Berita Nasional Terpercaya

Gaji Bulanan Tak Cukup? Inilah 7 Cara Menghasilkan Uang Tambahan

0

Bekerja menjadi karyawan tetap di sebuah perusahaan ternyata bukan jaminan dapat memenuhi segala kebutuhan. Karena dibutuhkan pendapatan lain diluar pekerjaan utama. Meskipun hasilnya tidak sebanyak gaji tetap, namun dengan penghasilan tambahan mampu mewujudkan keinginan yang belum terpenuhi. 

Mencari penghasilan tambahan bukan berarti pekerjaan tetap yang anda geluti saat ini tidak menjanjikan, namun selama masih ada kesempatan mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya bukanlah hal yang keliru. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumsi,namun penghasilan tambahan dapat dialokasikan untuk investasi atau pembelian assets.

Karena sifatnya merupakan tambahan maka pekerjaan tersebut harus dilakukan diluar jam kerja, bersifat fleksibel dan tidak membuat stres. Karena itu pilihlah pekerjaan yang mampu memberikan penghasilan tambahan namun tidak mengganggu profesi utama. Berikut 7 Cara menghasilkan uang tambahan yang cocok bagi karyawan tetap!

1. Bisnis Online

Bila anda ingin memulai bisnis namun tidak memiliki modal yang cukup, maka bisnis online dengan menggunakan sistem reseller dan dropshiper merupakan pilihan yang tepat. Tak hanya tidak membutuhkan modal, bisnis ini tidak memerlukan tempat untuk menyimpan produk. Cukup  menggunakan handphone maka proses jual beli dapat dilakukan dengan mudah.

 

2. Penulis Artikel

Salah satu pekerjaan sampingan yang tidak membutuhkan modal adalah menjadi seorang penulis lepas. Tak hanya dapat menghasilkan uang,menjadi seorang penulis dapat menyalurkan hobi anda untuk menulis dan bercerita. Bagi anda yang ingin bekerja secara santai tanpa deadline dapat menulis tema yang ringan kemudian kirimkan ke beberapa platform media seperti hipwee, kumparan dan kompasiana. Jika tulisan anda memenuhi kriteria maka akan dimuat dan mendapatkan komisi sesuai dengan tarif yang mereka berikan.

 

3. Agen Asuransi

Bekerja di sebuah perusahaan memungkinkan anda memiliki relasi yang cukup banyak bisa berasal dari teman kerja, klien maupun komunitas. Menjadi agen asuransi tidak menuntut anda untuk terikat pada jam kerja tertentu, pekerjaan ini dapat anda lakukan sembari bersosialisasi. Namun,tidak asal menjual anda juga perlu mengerti mengenai sistem klaim, benefit serta kekurangan dari produk yang anda jual. Agen asuransi akan mendapatkan komisi dari produk yang ia jual, semakin banyak yang dapat anda jual maka semakin besar pula komisi yang anda dapatkan.

 

4. Pelatih Keterampilan

Apakah anda memiliki keterampilan khusus seperti bermain alat musik, berenang , taekwondo atau bahkan melatih kebugaran. Ketrampilan ini dapat anda manfaatkan untuk menghasilkan uang yaitu dengan cara membuka kursus secara privat. Jika tidak dapat secara langsung maka dapat dilakukan menggunakan zoom atau webinar.

Baca juga: Tujuan Karir Jangka Panjang yang Membuat Anda Dilirik Perusahaan

 

5. Investasi 

Beberapa tahun terakhir ini, kaum milenial khususnya karyawan dengan penghasilan tetap mulai tertarik berinvestasi pada saham, reksadana maupun emas. Investasi ini tergolong memiliki resiko yang rendah juga menggunakan modal yang cukup terjangkau. Cukup menggunakan strategi dan trik-trik khusus maka anda akan mendapatkan income pasif dari investasi jangka pendek ini.

 

6. Influencer dan Youtuber

Seiring perkembangan zaman , bekerja dengan memanfaatkan teknologi dan social media ternyata mampu mendatangkan penghasilan cukup banyak. Bagi anda yang hanya memiliki waktu luang di akhir pekan, dapat membuat video tutorial , review produk atau makanan. Kemudian upload melalui youtube, tiktok atau instagram agar dapat dilihat oleh seluruh pengguna social media. Jika banyak yang menyukai konten yang sajikan bukan hal mustahil anda mendapat uang melalui channel ini atau endorsement dari berbagai produk.

 

7. Menyediakan Jasa Jastip

Jika anda tinggal di area yang menjual beberapa produk khusus seperti oleh – oleh, barang kerajinan atau produk tertentu maka anda dapat memanfaatkannya dengan menyediakan jasa titip beli. Anda dapat menawarkan jasa anda dengan menambahkan harga produk dengan komisi pembelian. Namun, tentu sebelumnya klien harus menyetorkan dana terlebih dahulu agar anda tidak perlu mencari dana talangan.  

Baca juga: Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Tanpa Modal

Leave A Reply

Your email address will not be published.