Berita Nasional Terpercaya

Tujuan Karir Jangka Panjang yang Membuat Anda Dilirik Perusahaan

0

Ketika membicarakan karir, semua orang pasti ingin mendapatkan pekerjaan impian. Pekerjaan yang diharapkan ialah yang sesuai dengan keterampilan dan minat, tugas yang dieksekusi jelas, dan gaji yang mencukupi hingga lebih. 

Namun untuk memperoleh pekerjaan impian bukanlah suatu hal yang mudah. Para pencari kerja terutama fresh graduate harus mempunyai bekal soft skill dan hard skill yang dapat menunjang pekerjaan yang dipilih. Perusahaan butuh SDM yang kompeten dan unggul dibidangnya. 

Kriteria pekerja yang diinginkan perusahaan ada banyak sekali. Salah satunya adalah memiliki pemikiran yang maju, visioner, dan inovatif. Oleh karena itu, para pekerja harus mempunyai tujuan karir jangka panjang.

Tujuan karir jangka panjang menjadi modal yang harus dimiliki oleh setiap pekerja. Dengan modal itu, karir Anda bisa berkembang, sehingga target-target yang Anda harapakan dapat tercapai. 

Lalu, langkah-langkah apa saja yang mesti disiapkan untuk mempunyai tujuan karir jangka panjang? Berikut tips yang bisa Anda terapkan.

 

Memiliki Target Karir yang Jelas

Ilustrasi perjanjian kerja

Ilustrasi perjanjian kerja (Foto: Pixabay)

Tanpa target perjalanan hidup seseorang akan sulit untuk berkembang dan mencapai apa yang diinginkan. Dalam dunia kerja, masih banyak para pekerja yang belum mempuntai target karir yang jelas. Biasanya prinsip yang mereka pegang hanyalah asal tugas-tugas pekerjaan yang diberikan bisa selesai.

Padahal, target karir ini biasanya akan ditanyakan dalam sesi wawancara kerja. HRD akan menilai apakah pelamar mempunyai target tersebut. Jika tidak, berarti pelamar tersebut merupakan orang yang kurang visioner, tidak terstruktur, dan tidak berani mengambil keputusan. Apabila seperti itu, kemungkinan pelamar diterima di perusahaan tersebut akan sangat kecil.

Oleh karena itu, Anda harus memiliki target yang jelas. Anda harus memahami seperti apa pekerjaan Anda, tugas-tugas yang akan diberikan kepada Anda, serta mengetahui informasi  sedetail mungkin tentang perusahaan yang dilamar.

Baca juga: Pekerjaan Sampingan Mahasiswa Untuk Menambah Uang Jajan Bulanan

 

Menawarkan Konsep Brilian 

Ilustrasi lingkungan kerja

Ilustrasi lingkungan kerja (Foto: Studiilmu)

Setiap perusahaan memiliki misi dan visinya masing-masing. Sebagai seorang pekerja, Anda harus mengetahui dua hal tersebut. Para pekerjaan tentunya dituntut untuk dapat mendorong visi misi tersebut. Maka dari itu, Anda harus dapat mengenal betul perusahaan Anda, agar dapat menciptakan konsep, gagasan, dan ide yang bisa membuat perusahaan berkembang.

Anda harus mampu menawarkan konsep-konsep yang brilian dan inovatif. Buatlah beberapa konsep yang menarik, serta susunlah dengan matang. Jika Anda belum mempunyai gagasan, jadilah pekerja yang membawa nilai-nilai positif bagi perusahaan. Amati sistem kerjanya, dan mulailah merencanakan konsep kerja secara perlahan-lahan.

 

Jalani dan Lewati Setiap Proses dan Tantangan

Ilustrasi pekerja

Ilustrasi pekerja (Foto: Pexels)

Dalam bekerja, pastinya ada tuntutan maupun tantangan. Sebagai pekerja, Anda harus dapat melewati setiap tantangan yang ada dalam pekerjaan dan perusahaan Anda. Sebab jika tidak, rintangan yang hadir dapat menghambat Anda, sehingga menimbulkan masalah bagi perusahaan.

Untuk dapat melewatinya Anda dituntut untuk memiliki pribadi yang disiplin, konsisten, dan solutif. Anda harus bisa bertanggung jawab pada setiap tugas yang diberikan. Lalu jika suatu saat menerima tantangan, hadapilah dengan bijak dan tenang. 

Proses yang ada dalam setiap karir harus Anda jalani. Terima dan hadapi baik-baik setiap tugas dan tantangan yang datang kepada Anda. Setelah berhasil melewati rintangan-rintangan tersebut, Anda akan tahu bagaimana memperbaiki keadaan, menyusun rencana, serta menciptakan solusi atas masalah yang ada.

Baca juga: 8 Tips Berkarir Menjadi Konsultan

Itu tadi beberapa langkah untuk membuat tujuan karir jangka panjang. Target karir sangat penting dimiliki oleh setiap pekerja. Jangan sampai Anda bekerja tanpa visi atau capaian yang diinginkan. Jadilah pekerja yang baik, yang dapat berkontribusi aktif dan disenangi oleh perusahaan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.