Berita Nasional Terpercaya

4 Cara Menghitung Harga Saham Per Lembar Agar Tidak Terkecoh

0

Apakah Anda sudah mengetahui cara menghitung harga saham per lembar? Kalau Anda berniat untuk melakukan investasi saham, hal tersebut perlu Anda pelajari. 

Tujuan kita berinvestasi tentu karena ingin mendapatkan keuntungan besar dengan harga beli rendah, bukan? Namun, akan sulit untuk mendapatkan keuntungan apabila Anda belum mengetahui apakah harga saham itu kemahalan atau murah.

Baca juga: 3 Cara Membeli Saham Bagi Pemula dengan Mudah

Pasalnya, murah tidaknya suatu saham tidak dapat dinilai dari nominalnya saja. Ada formula-formula tertentu untuk menentukan apakah saham tersebut layak beli atau tidak. 

Nah, biar tidak salah harga, Anda bisa mempelajari formula-formula tersebut melalui ulasan singkat di bawah ini. 

 

1. Rumus PBV

Memahami price to book value ratio

Memahami price to book value ratio (foto: danirachmat)

Cara menghitung harga saham per lembar yang pertama adalah dengan menggunakan formula PBV (Price to Book Value Ration) atau yang juga disebut dengan Rasio Harga tehadap Nilai Buku.

Dengan menggunakan rumus ini, Anda akan membandingkan harga saham tersebut dengan nilai aset perusahaan, atau di sini disebut juga sebagai nilai buku. Perhitungan tersebut digunakan untuk mengetahui berapa banyak pemegang saham dalam suatu perusahaan. 

Untuk mengetahui rasio PBV tersebut, Anda bisa membagi Harga per Lembar Saham dengan Nilai Buku per Lembar Saham. 

Baca juga: 6 Langkah Belajar Investasi dan Trading Saham dari Nol

 

2. Rumus PER (Price to Earnings Ratio)

Anda bisa juga menilai aset suatu perusahaan dengan membandingkan harga saham terbaru dengan pendapatan per sahamnya. Rumus ini digunakan untuk membandingkan perusahaan dan menentukan nilai saham perusahaan tersebut berdasarkan historisnya. 

Apakah perusahaan tersebut memiliki peluang masa depan yang cerah dapat dilihat dari rasio PER ini. 

Apabila nilai rasio tersebut lebih tinggi, bisa jadi masa depan perusahaan tersebut masih dapat dipercaya sehingga pasar modal masih bersedia membayar lebih. Namun sebaliknya, apabila rasio PER lebih rendah, maka itu artinya orang-orang di pasar modal tidak terlalu yakin dengan keuntungan perusahaan tersebut.

Adapun rumusnya adalah berikut:  Rasio PER = Harga Saham / Laba per Saham.

Baca juga: 4 Cara Akurat untuk Menentukan Support dan Resistance Harga Saham

 

3. Rasio PEG

Menghitung PEG Ratio

Menghitung PEG Ratio (foto: walletgenius)

Rasio PEG atau Price Earning Growth Ratio merupakan salah satu cara menghitung harga saham per lembar berdasarkan pendapatannya dan potensinya di masa depan.

Formula ini biasa digunakan untuk menilai calon saham yang akan diinvestasikan tersebut berdasarkan tingkat pertumbuhannya di masa depan. Dengan kata lain, Anda bisa menggunakan rasio ini untuk membandingkan harga dan pertumbuhan laba yang mungkin akan didapatkan berdasarkan riwayat perusahaan tersebut.

Untuk menghitung rasio PEG tersebut Anda bisa membagi PER dengan Pertumbuhan EPS Tahunan. 

Baca juga: Saham ANTM Aneka Tambang Layak Dibeli di 2021

 

4. Metode Dividen Yield

Pembagian dividen tunai (foto: bareksa)

Metode ini bertujuan untuk mengukur arus kas di setiap rupiah yang Anda investasikan. Dengan formula ini, Anda bisa mengukur berapa jumlah uang yang akan Anda dapatkan dari pengembalian investasi saham tanpa capital gain.

Untuk mengetahui apakah saham perusahaan tersebut layak dibeli atau tidak adalah dengan memperhatikan konsistensinya dalam memberikan dividen. Jika nilai dividen tersebut cenderung konsisten selama 10 tahun terakhir, maka berinvestasi di sana tidak ada ruginya.

Untuk mengetahui harga saham dengan metode ini, Anda bisa membagikan Dividen per Lembar Saham Tahunan dengan Nilai Pasar per Lembar Saham kemudian dikali 100. 

Baca juga: Mengenal Trading Saham dan Cara Jitu Jadi Trader Handal

Nah, itu dia empat cara menghitung harga saham per lembar yang bisa Anda pelajari. Ribet memang, tapi selama Anda melakukan perhitungan dengan cermat, Anda bisa mendapatkan keuntungan besar, lho!

Leave A Reply

Your email address will not be published.