Berita Nasional Terpercaya

Jadi Kampus Terbaik Dunia, Berapa Biaya Kuliah di Oxford?

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – University of Oxford tahun ini dinobatkan sebagai perguruan tinggi terbaik dunia versi majalah Times Higher Education. Pada 2020, universitas di Inggris itu juga menduduki peringkat yang sama.

Penilaian yang dilakukan oleh majalah Times Higher Education dilakukan dengan mendata hampir 1.400 universitas di 92 negara, dan diurutkan berdasarkan peringkat universitas terbaik.

Metode penilaian dari Times Higher Education didasarkan pada 13 indikator kinerja yang dikalibrasi dalam lima bidang, yaitu penelitian, pengajaran, pengaruh penelitian, pandangan internasional, dan transfer pengetahuan.

Tentang University of Oxford

University of Oxford merupakan universitas tertua nomor dua di dunia yang masih eksis hingga saat ini. Universitas ini tercatat telah melakukan pengajaran sejak tahun 1096.

Kampus terbaik dunia ini berlokasi di Oxford, Inggris. Universitas ini memiliki 44 fakultas. Uniknya lagi, kampus favorit dunia ini juga memiliki lebih dari 100 perpustakaan. Karena itu, perpustakaan di kampus Oxford merupakan perpustakaan terpopuler di kalangan civitas akademik dunia.

Total mahasiswa di kampus ini sekitar 22.000 orang, di mana 40% dari mahasiswa tersebut berasal dari 140 negara berbeda.

Lulusan ini berhasil menelurkan 11 pemenang Hadiah Nobel dalam bidang kimia, lima dalam fisika, dan 16 dalam bidang kedokteran.

Beberapa tokoh dunia diketahui juga lulusan dari universitas ini, seperti Stephen Hawking dan Richard Dawkins. Aktor Hugh Grant dan Rosamund Pike juga alumni dari Oxford, begitu pula penulis Oscar Wilde, Graham Greene, Vikram Seth dan Philip Pullman.

Baca juga: 25 Daftar Universitas Terbaik Dunia di Tahun 2021, Adakah Universitas Impianmu?

Biaya kuliah di Oxford

Dengan kualitas jempolan dan kualitas pendidikan yang tak bisa diragukan, kira-kira berapa bujet untuk melanjutkan studi di kampus ini?

Biaya sekolah yang dibayarkan ketika melanjutkan studi di kampus ini termasuk biaya layanan universitas dan fakultas. Biaya yang harus dibayarkan juga bervariasi. Berikut informasinya:

Program sarjana

Untuk mahasiswa yang berasal dari Inggris atau Uni Eropa, biaya yang harus dibayarkan sekitar 9.250 poundsterling atau sekitar Rp187 juta per tahun.

Sedangkan untuk mahasiswa yang berasal dari luar Uni Eropa, biaya yang dibutuhkan berkisar 25.740 poundsterling – 36.065 poundsterling atau sekitar Rp520 juta hingga Rp729 juta per tahun. Total tersebut tidak termasuk biaya untuk asuransi kesehatan.

Program magister dan doktoral

Untuk mahasiswa yang berasal dari Inggris atau negara Uni Eropa, biaya pendidikan magister dan doktoral berkisar 3.545 poundsterling hingga 18.455 poundsterling atau Rp71 juta hingga Rp372 juta.

Sedangkan untuk mahasiswa yang berasal dari luar negara Uni Eropa, biaya pendidikan magister dan doktoral berkisar 4.265 poundsterling hingga 36.065 poundsterling atau Rp86 juta hingga Rp728 juta.

Biaya hanya perkiraan saja karena bisa saja bervariasi tergantung pada jurusan atau program studi yang diambil.

Khusus untuk mahasiswa yang berasal dari luar negara Uni Eropa biasanya akan ada tambahan biaya untuk asuransi kesehatan atau biaya medis.

Biaya tersebut juga belum termasuk biaya hidup, termasuk akomodasi, makanan, uang buku, dan sejenisnya.

Mahasiswa program sarjana dari dalam Inggris dan dari negara-negara Uni Eropa lainnya bisa mengajukan permohonan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Inggris, dalam bentuk pinjaman mahasiswa (student loan).

Student loan yang diberikan mencakup biaya kuliah, bebas bunga, dan bisa dibayar kembali secara bertahap setelah mahasiswa mulai bekerja dengan jumlah gaji tertentu.

Mahasiswa asal Inggris juga dapat mengajukan pinjaman dan hibah tambahan untuk membantu menutupi biaya hidup.

Oxford juga menawarkan berbagai beasiswa dan skema dukungan keuangan. Pemerintah Indonesia juga menyediakan beasiswa LPDP untuk pelajar asli Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke Oxford dan universitas luar negeri lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.