close

Ingin Kinerja Karyawan Efektif? Kenali Dulu Faktor yang Mempengaruhi

Ingin Kinerja Karyawan Efektif? Kenali Dulu Faktor yang Mempengaruhi

Bernas.id - Bagi seorang pengusaha, performa dan kinerja efektif adalah kunci perkembangan perusahaan. Dengan begitu, perusahaan akan maju, berkembang, dan mencapai visi-misinya. Lalu bagaimana membuat kinerja karyawan efektif?

Karyawan dapat diibaratkan seperti sebuah roda dalam sebuah kendaraan. Dimana harus ada keselarasan antara sopir, mesin dan juga roda sehingga kendaraan tersebut dapat bergerak maju menuju tujuan yang diiginkan. 

Roda pada kendaraan merupakan elemen yang sangat penting, karena itu tak jarang pemiliknya melakukan perawatan secara rutin agar tidak menimbulkan permasalahan kelak dikemudian hari. Begitu juga dengan karyawan dalam perusahaan, perlu diperhatikan berbagai faktor dalam lingkungan kerja untuk memastikan perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: Kenali Penyebab Stres di Lingkungan Kerjamu. Nomor 5 Adalah Faktor yang Paling Tidak Terduga!

Sebuah kantor yang terinspirasi Google(foto1: kantor ikt terinspirasi google sumber: antarafoto)

Sarana dan Prasarana Kerja

Kewajiban yang harus disediakan oleh perusahaan adalah memberikan sarana dan prasarana yang memadahi bagi karyawannya. Contohnya saja, sarana bekerja seperti komputer dengan prosesor yang cukup, akses internet yang cepat, ruangan kerja yang bersih dan ber- AC. Tak hanya itu,perlu juga disediakan kamar mandi yang bersih dan lebih dari satu sehingga tidak perlu mengantri, dan juga ruang mushola serta pantry guna menunjang kebutuhan beribadah serta istirahat.

Lingkungan kerja yang mendukung juga dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Pilihlah lokasi kantor yang jauh dari kebisingan, tidak berada dekat tempat pembuangan limbah serta tidak berada pada zona bahaya. Hal ini penting agar karyawan selama bekerja menjadi nyaman dan tidak terganggu hal – hal di luar area kerja.

Tinggal 1 Rumah Mewah 300 Jutaan di Sedayu Jogja DP 10 Persen - Strategis di Jalur NYIA dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi

SEDAYU, KABUPATEN BANTUL, DI YOGYAKARTA

Rp.368,000,000

Saat seorang karyawan secara resmi bergabung dalam suatu perusahaan, pastikan ia telah mengerti jobdesk secara jelas dan  rinci. Sehingga saat mulai bekerja ia paham betul mengenai kewajiban serta tanggung jawab yang akan ia laksanakan.

Tak hanya itu, pemberian kontrak juga wajib diberikan, dalam kontrak akan jelas tertera segala bentuk kesepakat termasuk jam kerja, gaji, bonus dan pinalty jika melanggar aturan yang tertera. Tak hanya melindungi karyawan hal ini juga memberikan manfaat yang baik bagi perusahaan sehingga tujuan untuk menuju ke arah yang lebih baik dapat terwujud.

Seorang karyawan tidak hanya dituntut untuk bekerja saja, namun juga harus mengalami perkembangan karir dan kepribadian. Perkembangan karir tersebut sedikit banyak dipengaruhi oleh budaya oganisasi dalam perusahaan itu sendiri. Karena itu membangun budaya yang baik tidak boleh disepelekan seperti menyapa setiap pagi, tidak diberikan toleransi datang terlambat, dan mengurangi kebiasaan lembur. 

Dalam suatu perusahaan, tidak ada karyawan yang dapat bekerja secara individu tanpa memerlukan bantuan dari orang lain. Dalam menyelesaikan pekerjaan atau masalah diperlukan kerjasama antara satu dengan yang lainnya. Karena itu agar pekerjaan dapat terlaksana dengan baik, maka komunikasi dapat dibangun baik secara verbal maupun non verbal. 

Sarana komunikasi yang sering dimanfaatkan melalui telepon, email, pesan pendek maupun secara langsung. Komunikasi tentu tidak hanya berlaku di lingkungan kantor, melakukan kegiatan olahraga bersama, rekreasi, atau makan malam dapat memperlancar komunikasi antara karyawan di perusahaan.

Agar kinerja karyawan meningkat, pemberian rewards dan juga apresiasi merupakan salah strategi yang cukup ampuh. Perusahaan dapat membuat challenge yaitu  bagi karyawan yang berprestasi akan mendapatkan rewards berupa bonus uang, voucher liburan, hadiah berupa barang elektronik dsb. Tak hanya itu  peawaran berupa kenaikan pangkat serta beasiswa mampu meberikan motivasi kepada karyawan untuk bekerja lebih keras bagi perusahaan. 

Baca juga: Rencanakan Karir Masa Depan Anda Bersama UNMAHA dengan 8 Langkah Ini!


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR


Kavling 100 M2 hanya Rp 60 Juta sudah SHM dan GRATIS Pondasi

Kavling 100 M2 hanya Rp 60 Juta sudah SHM dan GRATIS Pondasi


Rumah Jogja Murah Angsuran 1 Jutaan

Rumah Jogja Murah Angsuran 1 Jutaan


Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru