Berita Nasional Terpercaya

Inilah 10 Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia yang Meraih Penghargaan

0

Bernas.id – Perusahaan properti di Indonesia cukup berkembang dengan nilai agregat yang besar dan bagus. Selain itu, beberapa perusahaan properti terbesar di Indonesia juga ada yang masuk dan berhasil meraih penghargaan BCI Asia Top 10 Awards pada tahun 2019. 

Penilaian yang diambil pun dilihat dari nilai agregat berdasarkan proyek yang sedang dijalankan perusahaan tersebut. Jadi, dapat disimpulkan bahwa yang menjadi penilaian yaitu nilai konstruksinya pada saat pengerjaan dan bukanlah nilai hasil penjualannya. 

Lantas, apa saja perusahaan di Indonesia yang termasuk kategori perusahaan properti dan meraih penghargaan BCI Asia Top Awards pada tahun 2019? Berikut ini akan dijelaskan secara lebih rinci dan lengkap.

Baca juga: Bisnis Properti: Strategi, Keuntungan dan Cara Memulainya

Daftar Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia

Daftar Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia

Saat ini, berinvestasi di perusahaan properti masih menjadi primadona bagi para investor. Terlebih lagi, perusahaan-perusahaan propertii dinilai mampu memberikan imbal hasil dan valuasi saham yang semakin meningkat. Berikut ini adalah daftar perusahaan properti di Indonesia yang telah meraih berbagai penghargaan :

1. PT Adhi Commuter Properti

Perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan properti terbesar yang ada di Indonesia. Selain itu, perusahaan ini juga merupakan anak perusahaan milik negara, PT. Adhi Karya (Persero) Tbk. Usaha yang dijalankan dalam perusahaan ini berupa bidang Town Management, Support, and Property.

Berdiri pada 16 Mei 2016, perusahaan ini memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan terhadap kawasan hunian yang terintegrasi serta didukung pula oleh fasilitas lain berupa jalur LRT (Light Rail Transit) disekitar area hunian.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Properti bagi Pemula tapi Sering Diabaikan

2. PT Ciputra Development Tbk

Perusahaan properti ini juga merupakan salah satu perusahaan besar yang ada di Indonesia serta sudah berdiri sejak tahun 1981. Bisnis inti yang dijalankan oleh perusahan ini yaitu mengembangkan perumahan berskala besar disertai dengan kegiatan komersialnya.

Selain itu, perusahaan ini juga sudah memperluas jaringannya hingga menangani proyek-proyek perumahan yang ada diseluruh Indonesia, termasuk proyek internasional di China. Pertama kalinya perusahaan ini terdaftar dalam pasar saham pada tahun 1994.

3. PT Astra Land Indonesia

Perusahaan properti terbesar di Indonesia ini sudah berdiri sejak 14 Oktober 2016. Pengembang perusahaan ini berupa joint venture antara Hongkong Land Ltd dan Astra International dengan kepemilikan saham masing-masing 50%. Perusahan properti ini fokus untuk mengerjakan bisnis pengembangan perumahan, fasilitas publik, area terbuka untuk publik, serta apartemen. 

Baca juga: Mau Menggandakan Uang? Investasi Properti, Jawabannya

4. PT Pakuwon Jati Tbk

Perusahaan properti yang berdiri tahun 1982 dan sudah berpengalaman dalam bidang pengembangan properti. PT. Pakuwon Jati ini sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak tahun 1989 dengan integrasi berupa proyek pembebasan lahan, pengembangan properti, pemasaran, serta manajemen operasional. 

Di samping itu, perusahaan properti ini juga menjadi pelopor konsep superblock di Indonesia berupa pengembangan mixed-use yang terintegrasi berupa pusat perbelanjaan ritel, perkantoran, kondominium, dan hotel. 

5. PT Wijaya Karya Realty

Perusahaan properti yang satu ini fokus terhadap bisnis usaha dalam pengembangan properti dan realty yang mencakup seluruh layanan konsultasi, perencanan, konstruksi, serta layanan lansekap. Di samping itu, sejak tahun 1985 perusahaan ini juga sudah mengembangkan beberapa hunian tempat tinggal.

Baca juga: Inilah 9 Perusahaan Farmasi Indonesia yang Terdaftar di BEI

6. PT Summarecon Agung Tbk

Perusahaan properti ini didirikan oleh Soetjipto Nagaria pada tahun 1975 bersama rekan-rekannya. Pembangunan pertama kalinya pun dilakukan di area Jakarta dengan luas lahan sekitar 10 hektar.

Area tersebut sudah berhasil menjadi kawasan perumahan yang terkenal dengan nama Kelapa Gading. Selama beratahun-tahun, perusahan ini juga bersaing untuk dapat melakukan pengembangan area perkotaan.

7. PT PP Properti Tbk

Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 2013 yang melakukan bisnis pengembangan dengan integrasi fasilitas yang lengkap dan beragam. Tiga fokus bisnis yang dijalankan oleh perusahaan ini yaitu residential, hotel, dan komersial. 

Baca juga: Inilah 5 Perusahaan Teknologi Indonesia yang Terdaftar di BEI

8. Sinarmas Land

Perusahaan properti ini dikenal dengan nama Sinar Mas Land Limited atau AFP Properties Limited yang merupakan salah satu perusahaan properti Indonesia yang juga terdaftar di Bursa Singapura. Selain itu, perusahaan ini juga memiliki kantor pusat yang berlokasi di Singapura. 

Di samping itu, perusahaan ini pun memiliki investasi jangka panjang berupa bangunan komersil, hotel, dan resort dan juga terlibat dalam pengembangan dan penyewaan properti di China, Indonesia, Singapura, dan Malaysia. 

9. PT Trans Property

Perusahan properti ini pada awalnya terkenal ddengan nama PT. Para Inti Propertindo. Berdiri sejak tahun 1996, perusahaan ini berganti nama menjadi PT. Trans Property sejak tahun 2007. Tokok kunci yang menjadi pelopor berdirinya perusahaan ini yaitu Choirul Tanjung dengan kantor pusat berada di Jakarta. 

10. Waskita Realty

Perusahaan yang beroperasi di industri properti ini dapat dikatakan sebagai anak perusahaan dari PT. Waskita Karya. Perusahaan ini fokus untuk menangani bisnis bidang proyek-proyek properti. Perusahaan properti ini berdiri sejak 1 Januari 1961 dan menjadi pelopor dalam developer di Indonesia.  

Baca juga: Investasi Properti Kavling Menguntungkan – Siap Terima SHM Cuma 3 Km ke Pusat Bogor Timur

Kesimpulan

Itulah beberapa perusahaan properti yang ada di Indonesia serta memperoleh penghargaan BCI Asia Top Awards pada tahun 2019. Perusahan-perusahaan tersebut fokus terhadap pengembangan bidang properti yang ada di Indonesia, khususnya terkait hunian berupa perumahan, apartment, ataupun hotel dan resort.

Baca juga: Rumah Jogja Murah DP 5 Persen Angsuran Cuma 1 Jutaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.