Berita Nasional Terpercaya

Mau Kuliah Perhotelan? Inilah Mata Kuliah Jurusan Perhotelan di UNMAHA

0

Bernas.id – Kuliah jurusan perhotelan memang sangat menarik karena memiliki prospek kerja untuk bekerka di hotel. Tidak sedikit calon mahasiswa yang berusaha mencari tahu apa saja mata kuliah perhotelan yang akan dipelajari di universitas pilihan. Mengetahui mata kuliah jurusan perhotelan di universitas setidaknya mampu memberikan jawaban tentang apa saja ilmu dari salah satu jurusan favorit ini.

Pasalnya, calon mahasiswa yang sangat berminat untuk berkarir di industri perhotelan, tidak hanya membutuhkan kualitas pendidikan kampus perhotelan saja. Di sisi lain, biaya dan akses di universitas tersebut juga harus terjangkau dengan fasilitas pendidikan yang memadai.

Kamu dapat menemukan universitas yang menawarkan pendidikan jurusan perhotelan di Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA) yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Di samping biaya pendidikannya paling terjangkau, kamu juga akan didampingi oleh tenaga pengajar yang memiliki segudang pengalaman di industri perhotelan. 

Lantas, apa saja mata kuliah unggulan di UNMAHA untuk jurusan perhotelan? Berikut ini adalah penjelasan mata kuliah perhotelan di Universitas Mahakarya Asia.

Baca juga: 3 Profesi Bergengsi Setelah Lulus Kuliah Perhotelan

Mata Kuliah Perhotelan di Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA)

Mata Kuliah Perhotelan di Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA)

Menjadi seorang profesional mudah di industri perhotelan memang sangat membanggakan apabila memiliki keterampilan yang dibutuhkan di kampus ternama. Adapun mata kuliah jurusan perhotelan di UNMAHA adalah sebagai berikut :

1. Pengantar Pariwisata dan Perhotelan

Pada mata kuliah perhotelan yang satu ini, kamu akan belajar tentang sejarah pariwisata, perundang-undangan pariwisata, sifat dan ciri pariwisata, usaha jasa pariwisata, organisasi pariwisata, penggolongan kepariwisataan, prasarana dan sarjana kepariwisataan, sapta pesona, etika di perhotelan, dan dampak pariwisata pada industri kreatif.

2. Front Office Department

Kamu akan belajar tentang segala pengetahuan tentang operasional kantor depan perhotelan. Di antaranya kamu akan belajar bagaimana manajemen pelayanan tamu hotel mulai dari pemesanan kamar, menginap, dan keluar (check out) meninggalkan hotel. 

3. Front Office

Mata kuliah ini bisa dibilang adalah mata kuliah yang mengajarkan bagaimana memberikan pengalaman berkesan kepada calon tamu ketika pertama kali berada di hotel. Kamu akan belajar tentang perihal hotel dan memberikan pelayanan prima kepada tamu sehingga merasa nyaman.

Baca juga: IHGMA DPD DIY Selenggarakan Sertifikasi sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Profesi Perhotelan

4. Psikologi Pelayanan

Ilmu psikologi pelayanan merupakan mata kuliah wajib bagi industri yang mengedepankan pelayanan kepada tamu, klien, pelanggan, nasabah, dan para karyawan/petugas. Di sini, kamu akan belajar tentang proses interaksi di industri pelayanan yang efektif yang dapat diterapkan.

5. Food and Beverage Departement

Mata kuliah ini merupakan bagian dari ilmu perhotelan yang mencakup mengenai tanggung jawab dan pengurusan terhadap kebutuhan makanan dan minuman tamu hotel serta kebutuhan lainnya. Kamu akan mengetahui betapa mengelola department harus dilakukan secara profesional dan komersil.

6. Food and Beverage Service

Melalui mata kuliah jurusan perhotelan yang satu ini, kamu akan mengetahui tugas tim yang mengurus makanan dan minuman yang khusus disediakan bagi tamu hotel. Implementasi pelayanan food and beverage ini dapat diterapkana di kamar hotel, bar, restoran, dan luar hotel atau catering.

7. Banquet and Room Service

Setiap mahasiswa jurusan perhotelan harus mampu menguasai mata kuliah ini. Kamu akan mengetahui prosedur pelayanan ruangan mulai dari merespon tamu yang memesan makanan, menulis pesanan, penataan peralatan di kamar, penyajian kepada tamu, hingga bagaimana sikap baik yang harus diterapkan ketika sedang melayani tamu hotel.

Baca juga: Punya Keahlian di Bidang Komunikasi? Tidak Ada Salahnya Kuliah di Jurusan Perhotelan, Bahkan Prospeknya Menggiurkan

8. Food Product

Bahasa populer bagi divisi perhotelan yang satu ini adalah juru masak atau koki hotel yang bertugas untuk menyediakan menu masakan sesuai yang ditawarkan oleh hotel. Tim food product berada di balik layar untuk menyediakan masakan yang berkualitas untuk dihidangkan kepada para tamu hotel yang memesan.

9. Pastry and Bakery

Menu hotel tidak lepas dari menu makanan berupa kue yang biasanya disajikan ketika breakfast bagi para tamu hotel yang menginap. Di samping itu, mata kuliah ini juga mampu memberikan wawasan mengenai proses pembuatan kue, roti, dan jenis-jenis makanan lainnya untuk dihidangkan.

10. Bar

Inilah mata kuliah yang mengajarkan lifestyle dari Barat yang mana kamu akan belajar tentang penyajian minuman beralkolhol di antaranya seperti wine, beer, coktails, atau liqeur untuk diminum di tempat oleh para tamu hotel. Kamu akan mengetahui bagaimana mengelola bar, cara menyajikan, dan berkomunikasi secara efektif dengan para tamu hotel.

11. Barista

Biasanya menu minuman berupa kopi yang khas menjadi pilihan terbaik untuk menikmati suasana hotel di malam atau pagi hari. Oleh karena itu, mata kuliah ini ada di dalam kuliah perhotelan yang akan mengajarkan kamu mengenai wawasan barista yang ada di hotel. Tampilan kopi yang menarik secara visual akan kamu pelajari agar mampu mempesona tamu hotel yang ingin menikmati secangkir kopi.

Baca juga: Raih Prospek Karir Bidang Perhotelan yang Super Keren dengan Bergabung Bersama Prodi Perhotelan UNMAHA

12. Stewarding

Kamu juga harus tahu mata kuliah stewarding yakni suatu aktivitas yang meliputi cleaning, washing, polishingpurchase (pembelian/pengadaan dan pendistribusian), preparation (clear up and set up), storing and inventoringstore requestion, dan maintenance semua peralatan yang ada di hotel. Semua proses dan prosedur stewarding ada di mata kuliah di UNMAHA.

13. Hygiene dan Sanitasi

Mata kuliah ini akan mengajarkan mahasiswa bagaiamana menjaga kebersihan diri dan lingkungan hotel secara berkala. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan kenyamanan dan kepuasan bagi tamu-tamu hotel yang berkunjung atau menginap. Selain itu, kamu juga akan memahami proses kerja yang tepat dalam menerapkan kebersihan diri dan lingkungan perhotelan.

14. Housekeeping Department

Satu lagi pekerjaan khusus bagi para profesional di industri perhotelan yang akan diajarkan di UNMAHA adalah mata kuliah housekeeping department. Pada divisi ini memiliki tugas utama untuk menyediakan kamar yang siap jual atau siap pakai bagi para tamu hotel. Tugas dari divisi ini sangat berpengaruh terhadap aktivitas perhotelan disebabkan prosesnya harus berjalan cepat sehingga siap untuk ditempati oleh tamu hotel selanjutnya.

15. Housekeeping

Tata graha (housekeeping) memiliki peran dalam pengaturan atau penataan peralatan, menjaga kenyamanan dan kebersihan, perbaikan kerusakan, dan pelayanan dekorasi ruang hotel sehingga tampak bersih, rapi, dan menarik sehingga menumbukan suasana yang menyenangkan bagi penghuni kamar hotel.

Baca juga: D3 Perhotelan UNMAHA Gandeng The 101 Yogyakarta Tugu Hotel untuk Kerjasama di Bidang Pendidikan

16. Binatu

Industri perhotelan juga membutuhkan kontribusi binatu atau laundry untuk membersihkan untuk mencuci dan membersihkan peralatan kamar hotel seperti selimut, handuk, dan sebagainya. Oleh karena itu, mata kuliah tentang binatu juga akan diajarkan di universitas jurusan perhotelan seperi UNMAHA.

17. Sport and Recreation Departement

Barangkali kamu pernah menginap di hotel berbintang yang menawarkan fasilitas olahraga seperti gym atau ruang senam sebagai tempat pusat kebugaran tubuh. Ini juga menjadi hal penting dalam industri perhotelan untuk memenuhi kebutuhan tamu di sisi kesehatan. Pelayanan ini juga akan diajarkan ketika kamu menjadi mahasiswa jurusan perhotelan di Universitas Mahakarya Asia.

18. Spa dan hiburan

Kesehatan juga berkaitan dengan kulit dan psikologi. Oleh karena itu, hotel berkelas akan berusaha memenuhi kebutuhan khusus untuk kecantikan kulit berupa spa dan karaoke atau semacam music corner. Sebagai calon profesional di industri perhotelan, kamu juga akan mendapatkan mata kuliah ini.

19. Engineering and Maintenance Dept.

Mata kuliah ini akan mengajarkan kamu tentang peran engineering and maintenance department yang memiliki tanggungjawab untuk merawat, memperbaiki, mengawasi, mengontrol biaya dan penggunaan energi mulai dari air, listrik, bahan bakar, hingga gas secara efisien. Dalam melaksanakan tugasnya, tim ini harus tetap menjaga kenyamanan, keselamatan, dan keindahan secara konsisten di dalam lingkungan hotel.

20. Hotel Engineering and Maintenance

Sebagai mahasiswa jurusan perhotelan, kamu juga harus tahu tentang bagaimana pemeliharaan properti dan sistem engineering di dalam hotel. Hal ini bertujuan agar setiap karyawan hotel turut menjaga dan merawat properti sehingga akan terbangun budaya yang mengedepankan efisiensi. Mata kuliah ini juga akan didapatkan ketika kamu menjadi mahasiswa di UNMAHA.

Baca juga: 10 Alasan Jurusan Perhotelan Adalah Pilihan Terbaik untuk Pengembangan Diri Kalian

21. Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Bagaimanapun, kesehatan dan keselamatan kerja harus menjadi prioritas utama di lingkungan hotel. Tidak menutup kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran atau penularan virus. Oleh karena itu, dibutuhkan prosedur kerja yang mencakup kesehatan dan keselamatan sehingga dapat memberikan pelayanan yang prima bagi para tamu tanpa mengesampingkan keamanan karyawan hotel. Mata kuliah unggulan ini juga harus kamu kuasai.

22. Accounting Departement

Meskipun jurusan perhotelan tidak secara khusus mempelajari akuntansi secara luas namun di UNMAHA mata kuliah tentang accounting department harus dikuasai. Berbagai transaksi harus selalu dicatat dan dibuatkan laporan keuangan secara berkala untuk memantau kinerja suatu hotel. 

23. Akuntansi Perhotelan

Ketika kamu menjadi mahasiswa perhotelan di UNMAHA, mata kuliah akuntansi perhotelan dapat kamu kuasai. Peran akuntansi khusus untuk industri perhotelan ini berfungsi untuk mencatat seluruh transaksi dan menyajikannya dalam bentuk laporan keuangan baik secara harian, bulanan, atau tahunan.

24. Marketing Departement

Untuk menjangkau semakin banyak tamu yang berkunjung dan menginap di hotel, maka dibutuhkan marketing department. Divisi ini juga bertugas untuk menemukan dan menerapkan strategi pemasaran dan penjualan yang tepat agar mampu meningkatkan jumlah tamu sehingga pendapatan hotel semakin bertambah. Makanya, kamu juga akan mendapatkan mata kuliah yang satu ini.

Baca juga: Lulus Kuliah Perhotelan Kerja Dimana? Ini Jawabannya

25. Marketing Perhotelan

Mengembangkan hubungan dengan pihak-pihak terkait untuk membantu memasarkan jasa layanan hotel merupakan tugas utama marketing perhotelan. Berbagai peran dan tugasnya dapat kamu pelajari di mata kuliah dari UNMAHA yang membahas tentang marketing perhotelan bagi mahasiswa.

26. Hotel Revenue Management

Bisa dibilang mata kuliah hotel revenue management merupakan cabang product development di industri perhotelan. Pasalnya, untuk mengaplikasikannya kamu harus membuat analisa kompetitor dan berbagai analisa pasar pengguna jasa hotel secara menyeluruh. Tujuannya adalah agar bertemu antara permintaan atau ekspekasi tamu hotel dengan harga dan layanan yang disediakan. Alhasil, ini akan menjadikan hotel terus mendapatkan pengunjung secara berkelanjutan.

27. Professional English for Hotel

Tidak menutup kemungkinan jika tamu hotel yang akan kamu layanani adalah seorang bule atau warga negara asing yang menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari. Hotel yang menjangkau tamu manca negara harus menyediakan seorang profesional Bahasa Inggris untuk mengakomodasi kebutuhan komunikasi. Oleh karena itu, kamu juga akan mempelajari mata kuliah terkait keahlian berbahasa Inggris khusus untuk perhotelan.

28. Bahasa Perancis Perhotelan

Tidak hanya mata kuliah Bahasa Inggris saja yang akan kamu dapatkan. Selain itu, mahasiswa UNMAHA juga akan belajar menggunakan Bahasa Perancis di industri perhotelan. Ini merupakan mata kuliah bahasa yang berorientasi Eropa yang memiliki industri perhotelan dengan perkembangan pesat. Diharapkan lulusan mahasiswa perhotelan memiliki keterampilan untuk bersaing.

29. Aplikasi Komputer

Setiap hotel memiliki sistem informasi yang saling berkaitan dan terintegrasi sehingga dapat diakses secara cepat dan mudah. Oleh karena itu, mata kuliah aplikasi komputer juga harus kamu mengerti. Kelak kamu akan membutuhkannya ketika ingin berkarir di industri perhotelan.

30. Etika Pariwisata dan Bisnis

Berbicara etika terkait pariwisata dan bisnis, maka berhubungan dengan bagaimana sikap baik dari seorang profesional untuk menghormati profesinya dan hubungan dengan orang lain. Etika tersebut memang menjadi pedoman yang harus diajarkan di setiap bangku kuliah jurusan perhotelan dimanapun, termasuk di UNMAHA. Nilai-nilai etika yang akan diajarkan dapat diterapkan secara langsung ketika menjadi profesional perhotelan.

Baca juga: 4 Bidang Pekerjaan Bergengsi Setelah Lulus Kuliah Perhotelan

Itulah beberapa mata kuliah perhotelan yang dapat kamu pelajari sebelum memilih universitas. Pilihlah universitas yang terbukti berpengalaman mencetak mahasiswa yang siap berkarir di industri perhotelan seperti Universitas Mahakarya Asia (UNMHA).

Leave A Reply

Your email address will not be published.