close

Jadwal PPDB Jalur Bibit Unggul Kota Jogja Diperpanjang

Jadwal PPDB Jalur Bibit Unggul Kota Jogja Diperpanjang

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogyakarta telah memperpanjang masa pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) jalur bibit unggul. Jadwal pendaftaran jalur bibit unggul yang sebelumnya berlangsung 9-10 Juni 2021 diperpanjang hingga 12 Juni 2021.

Kepala Disdikpora Kota Yogyakarta, Budi Asrori menyebut, perpanjangan ini untuk mengakomodir nilai Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) yang baru keluar pada 11 Juni 2021 besok. Usai nilai ASPD keluar, pihak sekolah bisa melihatnya di database. 

"Di database sudah ada datanya. Sudah diinput datanya, tinggal milih (sekolah)," ungkap Budi, Kamis (10/6/2021).

Budi menerangkan, jalur bibit unggul merupakan fasilitas Disdikpora Kota Yogyakarta untuk peserta didik yang berprestasi. Peserta didik yang berhak mengikuti jalur ini merupakan mereka yang berada di posisi 10 persen teratas di sekolah masing-masing. Ada 740 peserta didik Sekolah Dasar yang akan berkompetisi mengikuti jalur bibit unggul ini untuk masuk SMP sesuai keinginannya, ada kuota 340 kursi yang tersedia. 

Adapun seleksi berdasarkan nilai ASPD, berdasarkan peringkat. Sebelumnya Disdikpora Kota Yogyakarta membuka pendaftaran bibit unggul sebelum nilai ASPD keluar. Hal ini agar peserta didik bisa memilih sekolah terlebih dahulu sembari menunggu nilai keluar. Budi mengatakan dari 740 peserta didik yang berhak ikuti jalur bibit unggul, sudah sekitar 600 anak yang mendaftar dan memilih sekolah. 

Rumah Mewah di Jogja Tipe 50 Cantik Diskon 60 Juta - Strategis di Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Jalur Bandara YIA

SEDAYU, KABUPATEN BANTUL, DI YOGYAKARTA

Rp.416,000,000

"PPDB jalur bibit unggul berlangsung secara online. Peserta didik bisa melihat detailnya di website Disdikpora Kota Jogja," imbuh Budi.

Di hari pertama pendaftaran jalur bibit unggul, Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta telah memantau pelaksanaan PPDB di Kantor Disdikpora Kota Yogyakarta, dan hasilnya terpantau lancar. Memang ada aduan orang tua peserta didik seperti kendala login dan lainnya, namun bisa terselesaikan. Adapula beberapa warga yang datang ke Kantor Disdikpora Kota Yogyakarta untuk menanyakan PPDB tingkat SLTA. Sementara PPDB tingkat SLTA merupakan kewenangan Disdikpora DIY. 

Baca juga: Disdikpora DIY Mulai Susun Juknis PPDB 2021

Anggota Forpi Kota Yogyakarta, Baharrudin Kamba menerangkan, pertanyaan tentang PPDB tingkat SLTA juga masuk ke posko yang dia buka. Hingga saat ini sudah ada 10 aduan yang masuk ke posko. "Informasi-informasi soal PPDB harus dilakukan secara masif sosialisasinya, jangan sampai nanti masyarakat bingung. Tadi yang kebanyakan di sini adalah menanyakan proses PPDB untuk tingkat SLTA. Tapi kami arahkan ke Disdikpora DIY," katanya yang mengaku akan terus memantau PPDB sampai selesai. (den)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR


Lebih Lengkap

Trending

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan

Sales Course yang Jamin 99 Persen Penjualan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR


Kavling 100 M2 hanya Rp 60 Juta sudah SHM dan GRATIS Pondasi

Kavling 100 M2 hanya Rp 60 Juta sudah SHM dan GRATIS Pondasi


Rumah Jogja Murah Angsuran 1 Jutaan

Rumah Jogja Murah Angsuran 1 Jutaan


Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru