close

Jadi Kampus Terbaik Indonesia, Berikut Informasi Seleksi Masuk UGM

Jadi Kampus Terbaik Indonesia, Berikut Informasi Seleksi Masuk UGM

YOGYAKARTA, BERNAS.ID - Kualitas Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai kampus terbaik Indonesia memang sudah tidak bisa diragukan lagi.

Berdasarkan pemeringkatan versi Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking (WUR) di tahun 2021, UGM menduduki peringkat keempat sebagai kampus terbaik di Asia Tenggara dan posisi ke-25 di Asia.

Sebagai kampus dengan predikat terbaik, tentu banyak orang yang ingin menuntut ilmu di kampus negeri tersebut. Karena itu, informasi seleksi masuk UGM selalu dinanti-nanti banyak pelajar di Indonesia.

Seleksi masuk UGM

Bagi pelajar Indonesia yang ingin mengambil program sarjana di UGM, ada tiga jenis seleksi masuk yang bisa Anda ikuti. Melansir laman resmi UGM, berikut macam-macam seleksi masuk program sarjana UGM:

Untuk Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), pendaftaran dilaksanakan pada 15-24 Februari 2021. Sementara itu, hasil seleksi diumumkan pada 22 Maret 2021.

Untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), pendaftaran dilaksanakan pada 15 Maret-1 April 2021. Sementara itu, pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) akan digelar pada 12-18 April 2021 dan pengumuman hasil ujian akan diumumkan pada 14 Juni 2021.

Untuk seleksi masuk jalur prestasi, pendaftaran dilakukan pada 21 April-3 Mei 2021 dan hasil seleksi diumumkan pada 25 Mei 2021.

Untuk seleksi Computer Based Test (CBT-UM UGM), pendaftaran digelar pada 2-12 Juni 2021 dan hasil ujian diumumkan pada tanggal 6 Juli 2021.

Baca juga: Pernah Dapat Nilai "Jeblok", Bagaimana Kisah Dosen Favorit UGM ini Raih Beasiswa ke Australia?

Seleksi CBT-UM UGM

Hingga berita ini dituliskan, jalur masuk UGM yang saat ini masih dibuka adalah CBT-UM UGM. Penilaian dalam seleksi ini menggunakan kombinasi nilai/skor CBT-UM UGM Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh UGM dan nilai/skor UTBK-SBMPTN Tahun 2021.

Jalur seleksi ini bisa diikuti semua lulusan SMA/SMK/MA/Paket C atau sederajat Tahun 2021, 2020, dan 2019. Seleksi dilakukan di dua tempat, yaitu Yogyakarta dan Jakarta.

Rumah Tipe 45 hanya Rp200jutaan - 4 Km dari Pusat Serang

TAKTAKAN, KOTA SERANG, BANTEN

Rp.258,000,000

Pelaksanaan ujian di Yogyakarta digelar pada tanggal 19-29 Juni 2021, sedangkan ujian di wilayah Jakarta digelar pada tanggal 22-29 Juni 2021.

Dalam seleksi masuk ini, pendaftar bisa memilih 2 (dua) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Sarjana Terapan. Kelompok ujian juga terdiri dari tiga jenis, yaitu Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum), dan Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).

Setiap pendaftar hanya diizinkan mengikuti satu jenis kelompok ujian saja.

Baca juga: Berhasil Lolos Beasiswa S2 dan S3 di Australia, Dosen Favorit UGM Ini Bagikan Tipsnya

Syarat pendaftaran

Untuk mengikuti seleksi CBT-UM UGM, pendaftar harus memiliki status sebagai warga negara Indonesia, mengikuti UTBK-SBMPTN Tahun 2021, dan lulus SMA/SMK/MA/Paket C atau sederajat Tahun 2021, 2020, dan 2019.

Selain itu, pendaftar juga harus memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.

Saat mengikuti ujian, pendaftar juga harus membawa dokumen berikut ini:

  • Ijazah (asli atau fotokopi berlegalisir) atau SKL (asli);
  • Kartu Ujian CBT-UM UGM Tahun 2021;
  • Kartu Identitas (KTP/KK);
  • Surat Hasil Tes PCR (masa berlaku: 3x24 jam)/Swab Antigen (masa berlaku: 3x24 jam)/G-Nose (masa berlaku: 3x24 jam).

Prosedur pendaftaran

Sebelum mengikuti ujian, pendaftar juga harus melakukan prosedur berikut ini:

  1. Membuat akun pendaftaran melalui laman https://um.ugm.ac.id/pendaftaran. Setelah itu, pendaftar harus  login ke laman tersebut dan mengisi formulir pendaftaran secara online.
  2. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang menjadi syarat, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran.
  3. Memilih lokasi CBT-UM UGM Tahun 2021.
  4. Membayar biaya pendaftaran sesuai.

Biaya pendaftaran seleksi masuk CBT-UM UGM yaitu Rp.325.000 untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum, serta Rp 350.000  untuk kelompok ujian campuran.

 


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR


Lebih Lengkap

Trending

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan

Upgrade Diri dengan Sertifikasi Praktisi Manajemen Risiko Madya - Diskon Jutaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR

JUAL MURAH BANGUNAN UNTUK GUDANG ATAU KANTOR


Kavling 100 M2 hanya Rp 60 Juta sudah SHM dan GRATIS Pondasi

Kavling 100 M2 hanya Rp 60 Juta sudah SHM dan GRATIS Pondasi


Rumah Jogja Murah Angsuran 1 Jutaan

Rumah Jogja Murah Angsuran 1 Jutaan


Investasi yang Menguntungkan di Bogor Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM

Investasi yang Menguntungkan di Bogor - Kavling Jonggol 60 Juta 100 m2 BONUS Pondasi dan SHM


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru