Berita Nasional Terpercaya

Jurusan Arsitektur: Mata Kuliah, Prospek Kerja, dan Universitasnya

0

Bernas.id – Bernas.id Jurusan arsitektur identik dengan menggambar, akan tetapi seseorang yang sudah mahir menggambar bukan syarat untuk masuk Jurusan Arsitektur. Kuliah jurusan arsitektur merupakan perpaduan antara ilmu teknik dan seni. Sehingga mahir menggambar bukan satu-satunya syarat agar bisa ketrima di jurusan Arsitektur.

Bagi anda yang mempunyai impian menjadi seorang arsitektur dan merasa belum pandai untuk menggambar, maka jangan menyerah. Hal ini dikarenakan ada faktor lain yang lebih diperlukan bagi mahasiswa Arsitektur supaya kuliahnya lancar dan tuntas, sehingga bisa sampai wisuda.

Selain itu, banyak jenis mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa arsitektur, baik itu mata kuliah wajib maupun mata kuliah pilihan, semuanya tergantung kebijakan masing- masing kampus. Sebelum membahas lebih dalam lagi terkait pengertian arsitektur, syarat agar bisa masuk jurusan arsitektur, maata kuliah arsitektur serta prospek kerja arsitektur, yuk simak uraian di bawah ini.

Baca juga: Inilah 9 Cara Menjadi Arsitek Profesional yang Handal dan Sukses

Pengertian Arsitektur

Pengertian Arsitektur

Arsitektur merupakan jurusan yang cukup popular di Indonesia. Mahasiswa dengan jurusan arsitektur wajib untuk belajar terkait desain dan rancangan kontruksi bangunan. Jurusan Arsitektur lebih cenderung ke dalam menuangkan ide, konsep, serta desain di atas kertas, sedangkan untuk realisasi pembangunannya akan dilakukan oleh Teknik Sipil. Dalam mendalami jurusan arsitektur, maka para tiap- tiap mahasiswa wajib untuk mempelajari terkait dengan kekuatan bangunan (firmitas), estetika ataupun keindahan bangunan (venustas) serta fungsi bangunan (utilitas).

Para ahli di bidang arsitektur memiliki pemahaman yang beragam dalam menjelaskan definisi arsitektur. Dibawah ini merupakan pengertian arsitektur menurut para ahli :

1. Marcus Pollio Vitrovius

Marcus Pollio Vitrovius merupakan bapak arsitektur dunia, beliau dikenal melalui De Architecture yang menyatakan bahwa arsitektur merupakan sebuah kekuatan/ kekokohan, keindahan/ estetika serta kegunaan atau fungsi. Tidak hanya itu, arsitektur juga merupakan ilmu yang timbul dari ilmu- ilmu yang lain dan dilengkapi dengan adanya proses belajar. Dalam hal ini cabang ilmu yang harus dipelajari dalam arsitektur yaitu fenomenologi strukturalisme, empirisisme, serta ilmu filsafat.

Baca juga: Inilah 6 Prospek Kerja Arsitektur yang Harus Diketahui Calon Arsitek

2. Banhart CL dan Jass Stein

Banhart CL dan Jass Stein memiliki pendapat terkait cabang seni ini. Menurut Stein, arsitektur ialah seni menegakkan suatu bangunan, di dalam seni tersebut terdapat seni perencanaan, konstruksi serta solusi dalam dekorasinya. 

3. Van Romondt

Arsitektur merupakan suatu ruang lokasi hidup tempat manusia dengan bahagia. Dalam hal ini ruang lebih mengarah terhadap semua ruang yang terjadi karena diciptakan oleh manusia atau ruang yang terjadi dengan sendirinya atau sering disebut secara alami misalnya pohon, gua dan yang lain sebagainya.

4. Robert Gutman

Robert Gutman menyatakan bahwa arsitektur ialah kulit ketiga manusia. Gutman juga mengatakan bahwa arsitektur yaitu suatu lingkungan produksi yang tidak hanya menjembatani manusia serta lingkungan, akan tetapi juga sebagai wahana atas ekspresi kultural guna mengatur kehidupan jasmaniah serta psikologis.

5. Francis DK Ching

Francis DK Ching merupakan profesor Emeritus di University of Washington beliau berpendapat bahwa arsitektur merupakan suatu aktivitas menyusun tautan yang mempersatukan ruang, bentuk serta kiat dan fungsi.

Baca juga: Kuliah Jurusan Arsitektur? Ini Universitas dan Prospek Kerjanya!

Kriteria Mahasiswa Jurusan Arsitektur

Kriteria Mahasiswa Jurusan Arsitektur

Pada dasarnya, arsitektur merupakan bagian dari fakultas Teknik. Akan tetapi jurusan arsitektur ini tidak hanya mengajarkan terkait teknik melainkan seni dan estetika juga. Apabila anda melihat bangunan- bangunan indah, itu semua ada campur tangan dari para arsitek kondang yang bisa menggabungkan antara fungsi, keindahan, dan kekuatan bangunan. 

Jurusan arsitektur ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang berminat terhadap desain dan rancang bangunan. Agar bisa menjadi mahasiswa arsitektur, minimal kamu mempunyai ketertarikan terhadap matematika, seni, menggambar, humaniora, teknologi dan sains. Berikut ini adalah uraian kriteria dan syarat masuk jurusan arsitektur :

1. Mempunyai Selera Seni dan Estetika

 Di awal perkuliahan tentunya anda akan berkenalan dengan seni- estetika. Seperti pada penjelasan sebelumnya, untuk menjadi mahasiswa dengan jurusan arsitektur maka tidak harus mahir dalam menggambar, akan tetapi mempunyai rasa serta keindahan itu lah yang wajib ditumbuhkan, hal ini dikarenakan akan berguna pada saat perancangan yang akan dibuat.

Dengan demikian, ada beberapa mata kuliah yang harus dipelajari misalnya, seni rupa, estetika bentuk, hingga sejarah serta teori arsitektur. Sehingga akan menghasilkan rancangan yang mempunyai nulai keindahan, serta mempunyai fungsi.

Baca juga: Inilah 7 Kampus Jurusan Arsitektur di Jogja 2021, Prioritas No.7!

2. Mempunyai Ketertarikan pada Matematika dan Logika Kuat

Kemampan dalam bidang matematika juga sangat dibutuhkan dalam jurusan arsitektur. Sehingga ada kemiripan terkait kuliah jurusan arsitektur dengan teknik sipil. Akan tetapi kedua jurusan tersebut tetap saja berbeda.

Dalam jurusan arsitektur, banyak mata kuliah yang melatih logika dan matematika. Misalnya, matematika arsitektur, kalkulus dan komputasi keruangan.  Sedangkan untuk mata kuliah jurusan arsitektur yang lebih ke bangunan yaitu fisika bangunan, perancanangan arsitektur, prinsip struktur, tektonik arsitektural, sistem lingkungan serta kontruksi bangunan gedung, metode perancangan arsitektur serta arsitektur kota.

Tahukan anda, jurusan arsitektur juga bisa mempelajari dalam bidang hukum yaitu seperti hukum dan pranata pembangunan.

3. Kreatif, Berimajinasi, dan Kaya Ide

Untuk seorang arsitektur, sebuah kreativitas lebih penting daripada menggambar. Dikatakan demikian karena pemikiran yang kritis serta kreatif pada dasarnya merupakan syarat agar bisa masuk jurusan arsitektur.

Dalam hal menggambar tentunya masih bisa dipelajari, demikian juga matematika. Namun, suatu karya desain arsitektur yang mempunyai nilai seni serta estetika, maka sang arsitek lah yang berperan penting. Semua arsitek yang telah lulus dari unversitas- unversitas ternama serta jurusan arsitektur terbaik sekalipun tidak akan memiliki karya yang sama.

Baca juga: Inilah 10 Perusahaan Arsitektur Terbaik di Indonesia. Siap Join?

4. Tekun, Sabar serta Perhatian Terhadap Detail

Gambar teknik merupakan mata kuliah yang memerlukan tingkat ketelitian yang sangat tinggi. Ketelitian tinggi juga sangat dibutuhkan dalam kelas Studio Desain Arsitektur.

Seorang arsitek wajib mempunyai perhatian yang cermat terhadap detail pekerjaannya, sabar serta tekun dalam merancang desain guna menghasilkan karya terbaik. Sebenarnya kualitas ini tidak hanya dibutuhkan oleh seorang arsitek melainkan profesi- profesi yang lain dari jurusan ini.

Seorang alumni dengan jurusan arsitek tidak hanya berpeluang kerja sebagai arsitek. Sehingga untuk anda tidak usah khawatir kerja apa setelah wisuda, hal ini dikarenakan jawabannya yang cukup beragam.

5. Disiplin dan Mau untuk Bekerja Keras

Mahasiswa dengan jurusan arsitek maka akan sering begadang, hal ini dikarenakan begadang merupakan bagian dari aktivitas setiap hari bagi mahasiswa jurusan arsitek. Setelah wisuda dan masuk dalam dunia pekerjaan maka etos dan semangat kerja yang sama juga masih tetap diperlukan. Bekerja dengan deadline bukan hal baru lagi, maka sangat diperlukan disiplin diri yang baik supaya setiap tugas selesai pada waktunya.

Khusus bagi Anda yang memang sudah siap dan berminat untuk mengambil jurusan arsitektur maka untuk langkah selanjutnya yaitu anda harus memilih universitas yang mempunyai jurusan arsitektur terbaik. Lingkungan di universitas arsitektur yang suportif mampu mendorong keterampilan Anda di bidang arsitektur.

Baca juga: Mau Menyusun CV Arsitektur? 6 Hal Ini Harus Diperhatikan Arsitek

Kuliah di Jurusan Arsitektur

Kuliah di Jurusan Arsitektur

Terbersit kata bijak yang mendikte bahwa seorang arsitek akan mampu berkembang ketika tidak terjebak dalam ruang hampa di imajinasinya sendiri. Langkah dalam memperluas dan mengasah ketajaman imajinasi, kreativitas dan inovatif yaitu dengan berpetualang ke berbagai tempat di samping mendapatkan mata kuliah jurusan arsitektur.

Dengan demikian, fisik dan non fisik calon arsitek akan dituntut untuk out of the box dengan berbagai pengamatan yang terekam di memori otak. Tempat-tempat yang ditemui ini berperan besar dalam menguasai imajinasi mahasiswa arsitektur.

Jurusan Arsitektur, karena tidak mungkin seorang arsitek memahami arti ruang tanpa merasakan pengalaman di dalam sebuah ruang. Pengalaman ruang akan mencuatkan rasa dari ruang tersebut sehingga akan menarik seorang arsitek untuk mengeksplor fungsi dan dimensi ruang sebelum lanjut ke bangunan. 

Apakah ruang cukup bersifat imajiner? Atau apakah ruang harus berbentuk nyata misal 4x4x4 meter? Eksplorasi seorang arsitek harus dipahami betul karena berperan dalam memperluas wacana bahkan sebagai bagian dari metode komunikasi. 

Dimana seorang mahasiswa akan berkomunikasi dengan dirinya sendiri melalui indera penglihatan kemudian akan dicerna oleh otak dan disimpan sebagai bekal literatur. Seperti yang tertuang dalam sebuah buku berjudul Komunikasi Arsitektur yang dikutip dalam Jurnal Arsitektur Universitas Bandar Lampung (Purwantiasning: 2014) bahwa dalam bidang arsitektur ada satu komunikasi yang tidak dapat dilewatkan yaitu berpikir, diolah dalam pikiran dan dituangkan dalam kertas gambar.

Mahasiswa yang bergabung dalam program studi tersebut mempelajari ide dan konsep desain serta rancangan konstruksi bangunan. Berbeda dengan Teknik Sipil yang mempelajari realisasi pembangunan dari hasil desain para arsitektur. Dalam mendalaminya, mahasiswa minimal memegang tiga ilmu yaitu firmitas (kekuatan bangunan), estietika (keindahan) dan utilitas (fungsi bangunan). 

Modal awal dalam memilih program studi ini paling tidak harus memiliki kemampuan atau tertarik dengan ilmu matematika, seni, teknologi, humaniora, dan sains. Jadi, siapkah Anda untuk menempuh pendidikan di jurusan arsitektur?

Baca juga: Berapa Biaya Kuliah Arsitektur di Indonesia? Ini Daftar Biayanya

Mata Kuliah Arsitektur

Mata Kuliah Arsitektur

Setiap universitas yang menyelenggarakan pendidikan arsitektur memiliki standar dan mata kuliah yang beragam. Bukan tanpa alasan, ketika dinyatakan lolos menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi Prodi Arsitek maka setidaknya akan berdampingan dengan 22 mata kuliah jurusan arsitektur. Di bawah ini merupakan beberapa mata kuliah dalam jurusan arsitektur yang dapat dipelajari :

1. Pengantar Akuntansi

Tentunya kuliah di jurusan arsitektur maka akan mendapatkan ilmu pegantar arsitektur sebagai pembuka. Di semester awal, maka anda akan mendapatkan dasar- dasar ilmu arsitektur.

2. Studio Perancangan Arsitektur

Sebagai mahasiswa dengan jurusan arsitektur maka anda akan belajar mata kuliah studio perancangan arsitektur. Mata kuliah ini akan terbagi menjadi beberapa bagian akan terus berkelanjutan di setiap semester.

3. Perkembangan Arsitektur

Dengan berkembangnya jaman dan tekonologi maka dunia arsitektur juag mengikuti perkembangan. Dengan demikian, terdapat mata kuliah perkembangan arsitektur yang wajib anda pelajari di jurusan ini.

4. Struktur Kontruksi Bangunan Gedung

Supaya anda bisa membuat desain bangunan yang baik, maka anda harus mengerti bagaimana cara membangun konstruksi bangunan yang naik. Maka dari itu, anda wajib mengikuti mata kuliah struktur konstruksi bangunan gedung.

5. Fisika Bangunan

Guna mampu membuat sebuah bangunan yang baik serta kokoh, maka anda sebaiknya belajar terkait fisika bangunan. Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa arsitektur.

Baca juga: Inilah 7 Universitas di Asia dengan Jurusan Kuliah Arsitektur Terbaik

6. Metode Perancangan Arsitektur 

Sebagai calon arsitektur, maka harus paham bagaimana cara atau metode perancangan yang tepat. Di mata kuliah metode perancangan arsitektur anda tentunya akan mendapat bekal lengkap guna untuk membuat rancangan bangunanmu sendiri.

7. Arsitektur Kota

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang diambil para mahasiswa arsitektur. Dalam mata kuliah ini anda akan belajar banyak terkait ilmu serta dasar- dasar perancangan arsitektur kota.

8. Manajemen Konstruksi

Bangunan yang baik tidak hanya mempunyai desain yang bagus akan tetapi juga mempunyai konstruksi yang kokoh. Sehingga, mata kuliah manajemen konstruksi menjadi salah satu bagian dari mata kuliah yang penting untuk mahasiswa arsitektur.

9. Hukum serta Pranata Pembangunan

Guna mampu mempersiapkan diri menjadi seorang arsitektur yang baik, maka anda wajib mempunyai bekal ilmu hukum serta pranata pembangunan. Di mata kuliah ini anda akan belajar terkait hukum serta aturan yang berlaku dalam proses pembangunan.

10. Etika serta Praktik Profesi Arsitektur

Sebagai calon arsitek, sebaiknya anda wajib untuk mempersiapkan diri. Selama masa kuliah anda akan belajar mengenai etika dalam praktik profesi arsitektur. Di mata kuliah ini akan selalu mengajarkan kamu bagaimana menjadi arsitek yang professional dan bekerja sesuai etika.

Baca juga: Bangunan Arsitektur Terbaik di Indonesia

11. Matematika Arsitektur

Mata kuliah jurusan arsitektur yang satu ini membutuhkan konsentrasi tinggi dalam prodi arsitektur karena dari konsep matematika akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan terkait anatomi bangunan.

12. Estetika Bentuk

Perlunya materi ini guna melatih pikiran dalam mentransformasi gagasan ke wujud visual yang komunikatif, serta harus memperhatikan unsur estetik dan rupa.

13. Teknik Komunikasi Arsitektur

Teknik ini dipelajari dalam bentuk grafis maupun manual sebagai sarana penunjang komunikasi yang efektif dan informatif.

14. Gambar Teknik

Dalam teknik gambar diterapkan standar yaitu menginterprestasikan gambar dengan Computer Aided Design and Manufacturing (CAD/CAM) lengkap dengan pemahaman symbol serta layout yang diwujudkan dalam rangkaian listrik Printed Circuit Board (PCB).

15. Arsitektur dan Lingkungan

Materi kuliah ini menitikberatkan mengenai morfologi kota yaitu elemen fisik dalam bangunan gedung.

16. Ilmu Bahan Bangunan

Ilmu satu ini merupakan spesialis dalam mengetahui bahan yang terkandung dalam konstruksi bangunan.

17. Tata Ruang

Konsep mata kuliah jurusan arsitektur ini sangat wajib karena berkaitan dengan tata ruang yang terhindar dari sengketa maupun konflik dalam memanfaatkan ruang dan tanah.

18. Mekanika Teknik

Banyak hal yang akan dipelajari dalam mata kuliah jurusan arsitektur ini yaitu tentang konsep gaya, momentum, tegangan, beban, serta kesetimbngan bahkan diwajibkan mahasiswa untuk mampu merancang kontruksi ringan.

Baca juga: Jangan  Asal Jiplak, Kenali Gaya Arsitektur Art Deco Yang  Mewah dan Elegan

19. Arsitektur Etnik

Materi kuliah ini untuk mempelajari dan merancang lingkungan dari tingkat mikro sampai makro.

20. Pencahayaan

Sebagai upaya dalam kenyamanan visual dan bangunan, mata kuliah jurusan arsitektur yang satu ini wajib disampaikan dalam prodi Arsitektur. Dari sinilah seorang mahasiswa arsitektur mengetahui estetika melalui pencahayaan terhadap bangunan.

21. Studio Seni Rupa

Studio Seni Rupa merupakan mata kuliah jurusan arsitektur berupa bentuk perfoma yang mengedepankan estetik kontemporer melalui kegiatan eksplorasi visual dan operasional.

22. Kalkulus

Kalkulus yang dipelajari akan berfungsi dalam mempresentasikan sebuah lintasan benda yang bergerak ataupun laju dan volume. Misal luas dan kecepatan lift dalam sebuah gedung lantai tujuh.

23. Hukum Lingkungan

Bekal berupa ilmu hukum juga wajib kamu tahu karena sebagai pranata dalam pembangunan yang ramah lingkungan sehingga tidak akan melanggar aturan bahkan hukum.

24. Psikologi Arsitektur

Meskipun mata kuliah jurusan arsitektur ini biasanya pilihan akan tetapi penting dalam bekal mengidentifikasi kebutuhan manusia sehingga nanti hasil karya arsitektur akan laku.

25. Azas dan Metoda Perancangan

Dalam membangun sebuah mitra, materi kuliah jurusan arsitektur yang ada di universitas ini penting dalam merancang kontrak dengan klien.

Baca juga: 4 Karakteristik Arsitektur Tropis Modern, Indonesia Banget!

26. Perkembangan Arsitektur

Seiring berkembangnya zaman maka perlu mengikuti perkembangan baik dari segi teknologi ataupun pengetahuan sehingga mata kuliah jurusan arsitektur ini sebagai pedoman dalam mempelajari perkembangan arsitek saat ini dan di masa mendatang.

27. Struktur dan Konstruksi

Agar hasil desain bekualitas ketika sudah diproyeksikan maka harus paham betul dengan mata kuliah dari jurusan arsitektur ini.

28. Fisika Bangunan

Mata kuliah jurusan arsitektur yang satu ini dipelajari agar desain kita nanti dapat nyata menjadi bangunan yang kokoh.

29. Teknologi Bahan

Maksud dan tujuan mempelajari teknologi bahan yaitu agar mahasiswa memahami alat dan bahan yang dipakai dalam interior.

30. Perancangan Arsitektur

Perancangan ini terbagi menjadi berbagai bagian dan berkesinambungan setiap semester, tentu untuk merancang bangunan agar yang mengombinasi seni, fungsi, dan kekuatan.

31. Fotografi Arsitektur

Mata kuliah jurusan arsitektur kali ini cenderung menarik dan fleksibel tapi dokumentasi ayng diambil harus mengedepankan estetika suatu struktur bangunan agar menarik.

32. Utilitas

Materi untuk jurusan arsitektur ini mempelajari bagaimana cara menciptakan kepuasan seseorang dengan memperhatikan keterbatasan ruang dan tingginya bangunan.

Baca juga: Mau Studi Arsitektur Modern? Datang lah ke Jerman!

Prospek Kerja Lulusan Arsitektur

Prospek Kerja Lulusan Arsitektur

Berbicara tentang lulusan arsitektur dari universitas maka erat kaitannya dengan prospek kerja arsitektur yang berpotensi ditekuni oleh alumni jurusan tersebut. Berikut ini prospek kerja bagi mahasiswa dengan jurusan arsitektur :

1. Perusahaan Developer

Seorang arsitek yang telah ahli dalam bidangnya serta mempunyai pengalaman yang cukup banyak bisa bekerja di bidang arsitektur yaitu misalnya menjadi seseorang yang mampu untuk mengembangkan perumahannya, atau bisa juga bekerja sebagai perencana dari suatu bangunan yang akan dibangun oleh seorang arsitektur. Dengan demikian, seorang arsitektur wajib untuk bertanggung jawab dalam mengawasi  lapangan serta proses pembuatan bangunan tersebut.

2. PNS atau Pegawai Negeri Sipil

Tidak hanya dari jurusan pendidikan atau yang lain yang bisa menjadi PNS namun seorang arsitektur juga bisa bekerja menjadi seorang PNS, misalnya bekerja di dinas kementrian dan pemerintahan pekerjaan umum, dinas pemerintahan daerah contohnya dinas tata kota, pemukiman serta prasarana wilayah dan dapat juga bekerja di beberapa bidang sekalipun. Sehingga banyak orang yang tertarik menjadi seorang PNS. Banyak orang yang mengira jika menjadi seorang PNS maka akan dengan mudah untuk mendapatkan uang serta bisa mendapat uang pensiun nantinya.

Baca juga: 10 Arsitek Terbaik Indonesia yang Mendunia

3. Arsitek di Biro Konsultan Arsitektur

Seseorang yang bekerja sebagai seorang arsitek di biro konsultan arsitek orang lain mempunyai tugas guna menangani desain atau bergabung dengan tim tersebut. Sehingga banyak sekali pekerjaan yang bisa diambil di perusahaan untuk jurusan Arsitek sebagai seorang arsitek di biro konsultan arsitek orang lain sehingga  ini dapat memudahkan seorang arsitek yang profesional dan  sedang bingung dalam mencari pekerjaan.

4. Dosen Arsitekur di Universitas

Apabila seseorang ingin melanjutkan pendidikannya yaitu menjadi seorang dosen maka dengan melanjutkan pendidikan S1 dan S2. Dengan demikian, bisa menjadi seorang dosen tetap yang profesional dalam bidang arsitektur.

Pada saat ini peluang untuk menjadi dosen arsitektur sangat luas, sehingga dapat disimpulkan seorang pengajar atau dosen sangat dibutuhkan baik di universitas negri ataupun swasta.

Dalam hal ini, memang sangat banyak orang yang ingin menjadi dosen. Sehingga banyak dibutuhkan dosen arsitektur yang ahli dan profesional.

Di samping itu, jurusan arsitektur merupakan pilihan jurusan terbaik bagi anda yang ingin mendapatkan masa depan yang cerah dan terjamin. Hal ini karena jurusan ini menawarkan banyak sekali peluang- peluang profesi yang menjanjikan.

Baca juga: Atap Rumah Melayu, Warisan Arsitektur dan Budaya Bernilai Tinggi

5. Drafter 

Seseorang yang berprofesi sebagai drafer mempunyai tugas yaitu menyusun gambar kerja dari sketsa dasar yang telah dibuat oleh arsitek lain. Seorang yang berprofesi sebagai drafter bisa memperoleh gaji yaitu sekitar Rp5 juta per bulannya atau bahkan bisa lebih.

6. Pelaksana Proyek

Lulusan arsitektur bisa juga rmenjadi pelaksana proyek pembangunan. Gaji yang diperoleh juga besar yaitu mulai dari Rp7 juta per bulan dan bisa juga terus naik.

7. Perencana Struktur

Seseorang yang berprofesi sebagai perencana struktur mempunyai tugas yaitu merencanakan struktur bangunan yang akan dibuat. Dalam hal ini gaji seseorang yang berprofesi sebagai perencana struktur berkisar Rp.7 juta per bulan bahkan lebih.

8. Manajer Konstruksi

Manajer konstruksi merupakan pengawas yang mengawasi proses berjalannya proyek pembangunan. Seseorang yang berprofesi menjadi manajer konstruksi bisa memperoleh gaji lebih dari Rp 7 juta per bulan.

9. Surveyor

Seorang surveyor mempunyai tugas yaitu menjadi pemeriksa apakah suatu proyek yang dijalankan sudah mengikuti peraturan yang telah berlaku. Kisaran gaji seorang surveyor yaitu bisa mencapai lebih dari Rp7 juta per bulan.

10. Direktur Kontraktor 

Direktur kontraktor sering dikatakan posisi terbaik bagi para lulusan arsitektur. Gaji yang diperoleh seorang direktur kontraktor sebesar Rp15 juta per bulan.

11. Site Manager

Tugas seorang site manager yaitu bertanggung jawab dalam melakukan perencanaan teknis serta juga dalam operasional sebuah proyek pembangunan. Seorang site manager memperoleh gaji sebesar Rp15 juta per bulan.

12. Direktur Konsultan Perencana

Profesi direktur konsultan perencana merupakan profesi sangat dibutuhkan  dalam sebuah proyek. Sebagai konsultan perencana proyek pembangunan anda bisa memperoleh gaji sebesar Rp. 30 juta.

13. Project Manager

Seseorang yang berprofesi sebagai project manager mempunyai tugas mengatur sebuah proyek pembangunan. Seorang project manager memperoleh gaji sekitar Rp. 20 juta.

14. Arsitek

Seorang mahasiswa yang telah menempuh jurusan arsitek maka menjadi seorang arsitek merupakan tujuan utama. Gaji yang diperoleh seorang arsitek bermacam- macam yaitu bisa mencapai puluhan juta rupiah hingga belasan lebih.

Baca juga: Inilah 10 Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia yang Meraih Penghargaan

Daftar Universitas Arsitektur di Indonesia

Daftar Universitas Arsitektur di Indonesia

Andalah yang punya impian untuk mengasah kemampuan menggambar atau merancang sebuah bangunan, jangan kelamaan untuk mengecek kampus yang menawarkan program studi Arsitektur. Puluhan kampus jurusan arsitektur sudah memiliki akreditasi A yang tercatat di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Kuliah jurusan arsitektur merupakan sebuah jurusan yang memegang kebutuhan bangunan dan ruang yang memadukan kemampuan teknis, kepekaan sosial, dan estetika.  Berikut adalah beberapa universitas terakreditas A di Indonesia yang bisa menjadi referensi dalam memilih bangku perkuliahan (urutan bukan berdasarkan ringking):

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jurusan arsitek di ITB sudah mendapat akreditasi A, sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitas dan fasilitasnya. Bukan hanya akreditasi nasional melainkan internasional yaitu dari Korean Architectural Accrediting Board (KAAB). Kampus jurusan arsitektur pertama yang memiliki prodi arsitektur di Indonesia ini menggunakan Sistem Kuliah Tunggal (UKT).

Kuliah jurusan arsitektur di Bandung ini termasuk rumpun Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), akan tetapi dalam selekssi penerimaan mahasiswa baru hanya melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN menggunakan Tes Potensi Skolastik . Dalam kurun waktu 8 semester untuk mendapatkan gelar S.Ars. minimal harus tuntas menyelesaikan 144 SKS. 

2. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya

Tidak kalah menarik dengan ITB, Program studi di Kampus Arsitektur ITS juga sudah berakreditasi A serta ada Internastional Undergraduate Program yang memberi kesempatan kepada mahasiswanya untuk belajar arsitektur di dalam maupun luar negeri.

Ingin melanjutkan S2 Arsitektur? Tidak perlu khawatir karena kampus jurusan arsitektur ini juga memiliki Program Pendidikan Profesi Arsitek (PPAr) yang sudah diakui oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Jalur masuknya prodi ini tidak berbeda dengan ITB yaitu SNMPTN dan SBMPTN.

Baca juga: Mengenal Arsitektur Modern, dari Konsep, Sejarah, Aliran, hingga Prinsipnya

3. Universitas Brawijaya (UB), Malang

Prodi yang berada di bawah Fakultas Teknik ini berdiri pada 1983 dan berakreditas A. Memiliki 9 laboratorium yang meliputi laboratorium seni dan desain dasar, desain arsitektur, desain permukiman dan kota, komunikasi dan digital arsitektur, arsitek nusantara, sejarah arsitektur, sains bangunan, teknologi bangunan, dan yang terakhir yaitu dokumentasi dan tugas akhir. Syarat kelulusan di kampus jurusan arsitektur ini juga harus menempuh 144 sks dalam kurun waktu 8 semester. 

4. Universitas Diponegoro (Undip), Semarang

Bagi Anda yang hendak kuliah arsitektur di Semarang dan menjadi bagian dari almamater biru dongker sangat dianjurkan untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru di Universitas Diponegoro jurusan arsitektur yang sudah mengantongi akreditasi A. Pembelajaran menggunakan dua model yaitu Problem/Procet Based Learning (PBL) dan Student Centered Learning (SCL).

Kolaborasi yang sering dilakukan dengan instansi dalam atau luar negeri juga mampu memberikan pengalaman bagi mahasiswa kampus jurusan arsitektur ini. Misal ketika Architectural Summerschool, Undip bekerja sama dengan organisasi Uzo Nishiyama Memorial Library.

5. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta

Salah satu universitas favorit di kota pelajar ini juga memiliki program studi Arsitektur yang berakreditasi A. Kampus jurusan arsitektur di Yogyakarta yang  memiliki banyak peminatnya ini juga menyediakan program jenjang S2 dan S3.

Baca juga: 5 Tempat Ibadah dengan Arsitektur Unik di Indonesia

6. Universitas Indonesia (UI)

Universitas jurusan arsitektur yang identik dengan warna kuning ini selain mendapat akreditasi A dari BAN-PT juga mendapat akreditas dari ASEAN University Network (AUN). Kabar baiknya, bagi mahasiswa dari kampus jurusan arsitektur ini apabila memenuhi kriteria tertentu akan diberi kesempatan untuk mengikuti program fast-track  sehingga dapat menyelesaikan jenjang S1 dan S2 dalam waktu 5 tahun. 

7. Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta

Menjadi bagian dari kampus jurusan arsitektur hijau di Surakarta ini juga banyak pesaingnya karena setiap tahunnya hanya menyediakan 60 kursi untuk mahasiswa baru. Berakreditasi A sesuai SK Nomor 2091/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/IV/2020.

8. Universitas Sriwijaya (Unsri), Palembang

Beralih ke Sumatera Sealatan yang juga ada Universitas Sriwijaya dengan program studi Arsitektur berakreditasi A. Meskipun kampus jurusan arsitektur ini tergolong muda, yaitu berdiri pada tahun 2001 jurusan ini sudah ramai peminat meskipun hanya mampu menampung 45 mahasiswa baru setiap tahunnya.

9. Universitas Hasanudin (Unhas), Makassar

Selanjutnya yaitu ada Universitas Hasanudin yang juga berakreditasi A dan berlokasi di Makassar. Menjadi bagian dari mahasiswa Arsitektur di sini tidak perlu khawatir tertinggal jalur masuk karena banyak alur masuk baik melalui SNMPTN, SMBPTN, Seleksi Mandiri, maupun melalui beasiswa. Kampus jurusan arsitektur ini dilengkapi banyak fasilitas yang dimiliki salah satunya yaitu laboratorium, ruang belajar indoor ataupun outdor, studio, perpustakaan, internet, dan lain sebagainya.

Selain sembilan kampus jurusan Arsitektur di atas, bisa menjadi pertimbangan dalam memilih universitas yang sudang tentu memiliki akreditasi A. 

10. Universitas Islam Indonesia

Kampus jurusan arsitektur yang satu ini berlokasi di Jantung Kebudayaan Jawa yaitu Yogyakarta dan sudah berakreditasi A pada 2020 silam sesuai Surat Keputusan Nomor 3523/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/S/VI/2020 2020.

11. Universitas Kristen Duta Wacana

Universitas arsitektur yang juga terletak di Yogyakarta ini meraih akreditasi A pada tahun ini yaitu berdasarkan Surat Keputusan Nomor 107/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/I/2021

12. Universitas Kristen Indonesia

Kampus jurusan arsitektur yang berlokasi di Jakarta dan tahun ini berhasil dipercayai memiliki akreditasi A sesuai Surat Keputusan Nomor 709/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/II/2021.

13. Universitas Pancasila

Kampus dengan jurusan arsitektur ini berada di Jakarta dengan akreditasi A dan memiliki Surat Keputusan Nomor 1307/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/III/2021.

14. Universitas Tarumanagara

Kampus ini memiliki prodi Arsitektur dinyatakan beakreditas A berdasarkan SK Nomor 3426/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/VI/2020. 

15. Universitas Kristen Petra

Kampus yang menyediakan jurusan arsitektur ini berakreditasi A pada tahun lalu sesuai SK Nomor 5251/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/IX/2020).

Baca juga: Rumah Jogja Murah DP 5 Persen Angsuran 20 Tahun

Selanjutnya, terdapat beberapa universitas yang menyediakan jurusan arsitektur bagi mahasiswa yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia berikut ini:

16.  Program Studi Arsitektur di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya juga sudah berakreditasi A pada tahun lalu sesuai SK Nomor  6115/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2020.

17.  Universitas Katolik Soegijapranata (2233/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019)

18.  Universitas Sains Al Quran 1039/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019     

19.  Universitas Syiah Kuala – 2678/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019 2019

20.  Universitas Trisakti – 3284/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2019

21.  Universitas Udayana   3548/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2019

22.  Universitas Muhammadiyah Jakarta – 3668/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019

23.  Universitas Atma Jaya Yogyakarta – 3863/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019

24.  Universitas Katolik Parahyangan – 4501/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2019

25.  Universitas Komputer Indonesia – 611/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2018

26.  Universitas Pendidikan Indonesia – 3301/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2018

27.  Universitas Sumatera Utara – 0094/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017

28.  Universitas Teknologi Yogyakarta – 1783/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2017

Baca juga: Hunian Eksklusif DP Cuma 5%, Angsuran Rp1 Jutaan!

Universitas Arsitektur Termurah dan Berkualitas di Yogyakarta

Apabila Anda ingin kuliah di jurusan arsitektur namun terbatas dengan biayanya, sebaiknya Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA) dapat jadi pilihan terbaik. Pasalnya, selain sistem pendidikan arsitektur di UNMAHA berkualitas, biaya perkuliahannya juga sangat terjangkau mulai Rp1.500.000 per semester. Inilah yang membuat banyak calon mahasiswa mulai memilih untuk kuliah di universitas jurusan arsitektur di UNMAHA.

Itulah penjelasan secara lengkap mengenai jurusan arsitektur yang dapat dijadikan sumber wawasan Anda sebelum berkomitmen untuk kuliah jurusan teknik arsitektur di universitas. Semoga bermanfaat bagi karir Anda.

Baca juga: 11 Jurusan Di Universitas Mahakarya Asia dan Peluang Karirnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.