Berita Nasional Terpercaya

4 Rekomendasi Drama Korea Bertema Kesehatan Mental, Cocok untuk Tontonan Akhir Pekan

0

BERNAS.ID – Drama Korea atau drakor menjadi tontonan favorit banyak orang di Indonesia. Tua, muda, wanita, pria, hampir semuanya menjadikan drama korea sebagai tontonan wajib saat akhir pekan.

Yah, sejak pandemi Covid-19 ini melanda, kita memang tidak bisa beraktivitas di luar rumah dengan bebas. Karena itu, menonton drakor adalah alternatif terbaik untuk hiburan di akhir pekan.

Akhir-akhir ini drama Korea juga muncul dalam banyak tema. Salah satu drama Korea yang banyak disukai orang adalah drakor yang menceritakan tentang kesehatan mental.

Pilihan tontonan semacam ini mungkin disukai banyak orang karena isu kesehatan mental menang sedang santer dibicarakan akhir-akhir. Nah, bagi kalian yang butuh hiburan di akhir pekan ini, berikut rekomendasi drama Korea yang bercerita tentang kesehatan mental:

Its Okay Not to Be Okay

“Jika ingin membuat sekelilingmu bahagia, kamu juga perlu mencari kebahagiaanmu sendiri. Menjadi egois tidak selalu buruk.” Itulah pesan yang tertancap erat ketika menyaksikan drama Korea Its Okay Not to Be Okay.

Drakor satu ini memang membawa pesan penting agar kita lebih bisa menerima keadaan diri sendiri atau dengan kata lain “self love”.

Seperti kebanyakan drama Korea lainnya, Its Okay Not to Be Okay juga menceritakan tentang kisah percintaan namun dibalut dengan adanya isu kesehatan mental. Hal inilah yang membuat drakor satu ini menjadi favorit banyak orang.

Drama Korea ini menceritakan tentang kisah cintah Moon Kang-tae yang diperankan oleh Kim Soo-hyun dan Ko Moon-young yang diperankan oleh Seo Ye-ji.

Moon Kang tae merupakan pekerja di bangsal psikiatris sebuah rumah sakit diceritakan sebagai seorang pria yang tak percaya dengan cinta. Namun, semua itu berubah sejakia bertemu dengan Ko Moon-Young yang berprofesi sebagai penulis buku cerita anak-anak yang memiliki jiwa anti-sosial serta egois.

Setiap tokoh utama dalam drama Korea ini juga dikisahkan memiliki masa lalu yang sangat berpengaruh dengan kehidupannya di masa dewasa hingga akhirnya mereka harus berjuang untuk menerima apapun keadaan yang dialami.

Dengan konflik dan kisah masa lalu yang dialaminya, masing-masing karakter dalam drama Korea ini juga berhasil saling mengisi dan berhasil menyembuhkan luka psikologis dari masa lalunya.

Drama Korea satu ini juga menggunakan alur maju mundur yang sukses menggugah rasa penasaran penontonnya. Terlepas dari cerita dari masing-masing tokohnya, drama Korea ini juga membicarakan mengenai bagaimana menggapai mimpi, tujuan hidup, dan perjuangan manusia untuk bangkit dari trauma masa lalu dan kembali melanjutkan hidupnya.

Baca juga: Rekomendasi Situs Streaming Anime, Alternatif Liburan saat Pandemi

Kill me heal me

Drama Korea satu ini memang tayang di tahun 2015 namun masih memiliki banyak penggemar hingga saat ini. Kill me heal me menceritakan perjuangan hidup seseorang yang mengalami gangguan kepribadian ganda atau dissociative identity disorder (DID).

Tokoh utama drakor ini adalah seorang pemuda bernama Cha Do Hyun yang menderita DID akibat kekerasan psikis di masa kanak-kanak yang memicu trauma psikologis besar. Trauma psikologis di masa kanak-kanak tersebut akhirnya membuat Cha Do Hyun mengalami penyimpangan memori yang membuat kepribadiannya pecah ke dalam tujuh identitas.

Dibantu oleh seorang psikiater bernama Oh-Ri-jin, Cha Do Hyun mencoba untuk mendapatkan kembali kontrol hidupnya hingga akhirnya keduanya terlibat dalam kisah cinta yang cukup rumit.

Menonton drama ini kita kembali disadarkan bahwa apa yang terjadi di masa kanak-kanak juga bisa berdampak besar di kehidupan kita nantinya.

Banyak orangtua yang tanpa disadari melakukan kekerasan psikis pada anak, seperti membentak, memukul, dan memarahi. Padahal, hal tersebut bisa saja memicu trauma psikologis yang bisa mempengaruhi kehidupan anak di masa dewasa.

Fix You

Jika kisah tentang gangguan kesehatan mental selalu berfokus pada pasien, drama Korea satu ini menceritakan pengalaman yang berbeda. Alur Cerita pada drakor Fix You justru berfokus pada psikiater yang setiap harinya bertemu dengan pasien-pasien gangguan kesehatan mental.

Jika selama ini psikiater biasanya menjadi tumpuan mereka yang mengalami gangguan mental, ternyata ada lika-liku pelik yang harus dialami oleh para profesional kesehatan mental ini.

Fix You bercerita tentang kehidupan seorang psikiater bernama Lee Shi Joon yang diperankan oleh Shin Ha Kyun. Dengan karakternya yang periang, Lee Shi Joon diceritakan sebagai seseorang yang tulus menjalankan profesinya.

Selama menjalani karir sebagai psikiater, ia bertemu dengan beragam pasien. Ada Jung Soo Min, seorang  aktris musikal yang mengalami guncangan mental sehingga tak mampu menahan amarah dan sering membanting barang.

Lalu ada pula seorang atlet yang mengalami gejala psikosomatis akibat cedera kaki yang sudah dialaminya sejak lama.

Drakor yang tayang di tahun 2020 ini seolah menunjukan kepada kita bagaimana masalah kesehatan mental sangat umum terjadi dan tak perlu mendapatkan penilaian negatif.

Lewat Fix You penuntun juga akan diajak untuk berpikiran terbuka bahwa masalah kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Baca juga: 5 Rekomendasi Drama Korea Romantis Lee Min Ho, Romantis Sepanjang Masa

My ID is Gangnam Beauty

Kalau drama Korea satu ini bercerita soal standar kecantikan di Korea Selatan yang bisa mengganggu kesehatan mental. Seperti yang kita ketahui selama ini, Korea Selatan terkenal dengan negara yang memiliki standar kecantikan sangat tinggi sehingga tren operasi plastik juga berlaku di negara tersebut.

Drama Korea ini bercerita tentang Kang Mi Rae, diperankan oleh Lim Soo Hyang, yang mengalami intimidasi karena penampilannya dinilai jelek.

Karena intimidasi itu, Kang Mi Rae pun tumbuh sebagai gadis pemalu. Kemudian ia memutuskan untuk melakukan operasi plastik ketika akan masuk kuliah. Namun, tetap saja hal itu masih membuatnya menjadi seseorang yang pemalu.

Wajah cantik Kang Mi Rae pun masih menjadi bahan ejekan teman-temannya sehingga ia mendapat julukan sebagai “Gangnam Beauty”, julukan untuk orang yang mendapatkan kecantikan dari hasil operasi plastik di Gangnam.

Drakor yang diangkat dari cerita webtoon ini tak hanya sekadar menyajikan tontonan namun ada banyak pesan moral yang bisa kita ambil.

Dari drama Korea ini, kita bisa belajar bahwa hidup dari pendapat orang lain hanya akan membuat kita tertekan saja. Hal ini terselip dari kisah tokoh utama yang mengalami krisis identitas karena memiliki wajah yang dianggap jelek sejak kecil.

Setelah melakukan operasi plastik pun, ia masih hidup dalam jeratan rasa minder hingga harus menolak cinta dari seorang pria tampan bernama Do Kyung karena takut mendapatkan omongan buruk dari teman-temannya.

Dari drakor ini, kita juga bisa belajar bahwa kecantikan tidak selalu menjamin kebahagiaan hidup kita. Hal ini tergambar dalam karakter tokoh Hyun Soo, teman satu kelas Kang Mi Rae, yang diceritakan sebagai wanita  tercantik namun hidupnya sama sekali jauh dari kata bahagia.

Tanpa disadari, kecantikan Hyun Soo justru membuatnya haus perhatian sehingga hidupnya selalu berada dalam tekanan.

Nah,itulah rekomendasi drama Korea yang bisa kalian jadikan tontonan di akhir pekan atau saat waktu luang. Yah, isu kesehatan mental akhir-akhir ini menjadi topik yang banyak dibicarakan. Lewat drama Korea ini, kita bisa belajar banyak hal tentang pentingnya kesehatan mental.

Leave A Reply

Your email address will not be published.