Berita Nasional Terpercaya

Inilah 20 Daftar Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta

0

Bernas.id – Hallo sobat, kapan nih kamu terakhir liburan ke Yogyakarta? Berlibur ke Jogja tidak melulu harus ke Malioboro loh. Tidak harus juga ke Prambanan, Kraton atau Ratu Boko. Jika kamu ingin mengeksplorasi lebih luas Yogyakarta cobalah  menjelajahi pantai-pantai yang berada di kabupaten Gunung Kidul. 

Di kawasan tersebut banyak banget pantai yang masih sepi dan alami. Kamu bisa mengusir penat dengan mengunjungi satu di antara 16 pantai berikut ini.

Baca juga: Mengenal Wisata Medis dan Potensinya di Indonesia

 

Daftar Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta

Wisata pantai Yogyakarta di Gunung Kidul memang sangat mempesona. Tidak heran banyak wisatawan banyak menjadikan Jogja sebagai salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Beberapa pantai yang ada di Jogja berikut ini dapat kamu jadikan tujuan wisata yang menarik:

1. Pantai Indrayanti

Pantai ini cukup terkenal karena akses jalannya yang lebih mudah dibanding yang lain. Semua kalangan umur cocok untuk mendatangi lokasi ini, terletak di Desa Sidoharjo Tepus Gunung Kidul Yogyakarta. Semua pantai di Gunung Kidul memiliki pasir putih termasuk pantai indrayanti ini.

Pantai Indrayanti Gunung Kidul

2. Pantai Sundak

Pantai yang terletak di Desa Sidoharjo Tepus ini berdekatan dengan Pantai Indrayanti, tapi lebih tergolong sepi. Jadi bagi kamu yang suka suasana tanpa banyak orang yang berlalu lalang bisa datang ke sini. 

Pantai Sundak Gunung Kidul

Baca juga: Kisah Taufik Jamaan, Wujudkan Asa Jadi Dokter dan Dorong Wisata Medis di Indonesia

 

3. Pantai Siung

Pantai ini memiliki pasir putih dan diwarnai batu karang khas Gunung Kidul yang beradu dengan derasnya ombak. Pantai ini berlokasi di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus. Termasuk pantai yang jarang dikunjungi wisatawan.

Pantai Siung Gunung Kidul

4. Pantai Muncar

Pantai yang berhias tebing tinggi ini terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus, Gunung Kidul Yogyakarta. Perpaduan warna hijau dan biru laut sangat indah untuk dinikmati sepasang mata kamu bukan?

Pantai Muncar Gunung Kidul

Baca juga: Pantai Masih Menjadi Tempat Favorit Wisatawan

 

5. Pantai Krakal Gunung Kidul

Pantai Krakal memiliki nuansa melengkung dengan garis pantai yang panjang dan batu karang menjulang tinggi. Air ombak yang tidak terlalu tinggi sangat nyaman untuk anak-anak bermain dan berenang loh, jadi sangat cocok untuk tempat wisata keluarga.

Pantai Krakal Gunung Kidul

6. Pantai Nglambor Gunung Kidul

Pantai yang akhir-akhir ini ramai dikunjungi oleh traveler ini bisa digunakan untuk snorking dan juga bisa menikmati batuan karang dan ikan laut di perairan dangkal.

Pantai Nglambor Gunung Kidul

 

7. Pantai Wedi Ombo Gunung Kidul

Cocok banget buat kamu yang pecinta senja, karena pemandangan sunset paling indah di Gunung Kidul bisa kamu dapatkan di pantai ini.

Pantai Wedi Ombo Gunung Kidul

Baca juga: Ini 5 Wisata Pantai Jember yang Menakjubkan, Wajib Kamu Ketahui!

 

8. Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Pantai ini memiliki kombinasi antara batu karang dan candi yang eksotik. Pantai yang terletak di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari ini bisa jadi spot foto terbaik kamu.

Pantai Ngobaran Gunung Kidul

9. Pantai Sadranan

Pantai yang berlokasi di Desa Ngestirejo Kecamatan Tanjungsari ini membuat pengunjung tidak lagi khawatir terkena panas. Pantai ini menyediakan puluhan gazebo yang bisa menjadi tempat singgah kamu dan keluarga loh.

Pantai Sadranan

10. Pantai Sepanjang Gunung Kidul

Pantai ini menjadi lokasi parkir perahu nelayan penduduk lokal. Perahu yang tertata rapi ini menjadi pemandangan sempurna di pantai sepanjang Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari.

Pantai Sepanjang Gunung Kidul

Baca juga: Tak Sepopuler Bali, Maluku Tenggara Optimalkan Wisata Pantai

 

11. Pantai Timang Gunung Kidul

Pantai yang satu ini terdapat sebuah gondola yang menghubungkan ke sebuah pulau kecil. Pantai yang berlokasi di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus ini sangat cocok untuk kamu yang sedang penat.

Pantai Timang Gunung Kidul

12. Pantai Slili Gunung Kidul

Pantai ini juga terdapat gazebo untuk kamu menikmati pemandangan. Pantai yang terletak di Desa Sidoharjo Kecamatan Tepus ini jarang didatangi wisatawan, sehingga sangat pas untuk kamu yang ingin fokus menikmati pemandangan alam.

Pantai Slili Gunung Kidul

13. Pantai Ngando Gunung Kudul

Pantai unik ini memiliki ciri khas dibanding pantai lainnya karena memiliki view batu karang berbentuk perahu. Kamu bisa berkunjung ke pantai ini yaitu berlokasi di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus, dekat dengan pantai Slili.

Pantai Ngando Gunung Kudul

Baca juga: Pantai Logending, Ikon Wisata Pantai Paling Tua di Kebumen. Ini Ulasan Lengkapnya

 

14. Pantai Baron Gunung Kidul

Berlokasi di Desa Kemadang Tanjungsari, Gunung Kidul, pantai ini dilengkapi deretan perahu nelayan. 

Pantai Baron Gunung Kidul

15. Pantai Ngetun Gunung Kidul

Kamu yang suka kesunyian bisa mampir ke sini, atau kamu yang suka berfoto tanpa ada keliaran manusia lain? Sangat tepat jika kamu memilih pantai ini karena pantainya masih perawan jarang dikunjungi.

Pantai Ngetun Gunung Kidul

16. Pantai Ngandong Gunung Kidul

Pantai melengkung ini dihiasi bukit di sebelah pantai. Kamu juga bisa menaiki bukit dan menikmati pemandangan samudra dari gardu pandang di atas bukit.

Pantai Ngandong Gunung Kidul

Baca juga: 3 Wisata Pantai Favorit di Pacitan

 

17. Pantai Seruni Gunung Kidul

Pantai yang berlokasi di Desa Tepus Kecamatan Tepus ini terdapat sebuah goa yang berpadu dengan indahnya bibir pantai. Tempat ini cocok untuk kamu yang bersinggah dengan niat prewedding loh.

Pantai Seruni Gunung Kidul

18. Pantai Greweng Gunung Kidul

Kamu bisa mengunjungi Desa Jepitu Kecamatan Girisubo  tapi dengan medan yang sulit karena harus melewati hamparan sawah dengan berjalan kaki. Bagi yang suka petualang dengan alam ini adalah pantai rekomendasi untuk kamu.

Pantai Greweng Gunung Kidul

Baca juga: Jurusan Perhotelan dan Pariwisata: Mata Kuliah dan Prospek Kerja

 

19. Pantai Gesing Gunung Kidul

Pantai ini terlihat hidup karena dimanfaatkan oleh nelayan lokal untuk berlalu lalang mencari ikan. Dijadikan tempat rentetan perahu, pantai ini berlokasi di Desa Girikarto Kecamatan Panggang. 

Pantai Gesing Gunung Kidul

20. Pantai Langkap Gunung Kidul

Pantai ini berlokasi di Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, bagian dari pantai alami yang masih belum dijamah masyarakat luas. Pemandangannya sangat alami untuk dimanfaatkan sebagai spot foto.

Pantai Langkap Gunung Kidul

Demikianlah 20 rekomendasi pantai untuk kamu yang suka dengan suasana ombak, batu karang, dan senja tentunya. Jangan lewatkan keindahan pantai-pantai tersebut di akhir pekan ya. Sampai jumpa!

Baca juga: Daftar Kampus Jurusan Perhotelan dan Pariwisata di Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.