Berita Nasional Terpercaya

Kuliah Sambil Kerja: Manfaat, Tips, dan Kelas Karyawan Terbaik

0

Bernas.id – Kerja sambil kuliah memang tidak mudah, apalagi tidak semua kampus memiliki jam perkuliahan yang cocok untuk para pekerja atau menyediakan kelas karyawan. Jika saat ini ada banyak kampus menyediakan kuliah online, hanya hitungan jari perguruan tinggi yang menyediakan kuliah karyawan.

Kuliah kelas karyawan biasanya dilakukan saat malam hari tetapi ada juga perguruan tinggi yang mengadakan kuliah karyawan sabtu minggu. Karena itu, mereka yang kuliah sambil kerja memerlukan manajemen waktu yang tinggi. Sebab, bekerja di siang hari lalu berlanjut mengambil kelas karyawan di malam hari atau akhir pekan tentu menguras waktu dan tenaga.

Kuliah sambil kerja butuh tingkat perencanaan dan prioritas yang baik. Meski tidak mudah, banyak orang mencari kelas karyawan agar bisa kuliah sambil kerja. Kira-kira, apa saja manfaat kuliah sambil kerja? Berikut informasinya:

Manfaat kuliah sambil kerja

Kuliah sambil kerja memang membantu kita memberi keamanan finansial karena gaji yang kita dapatkan dari bekerja bisa membantu pengeluaran yang dibutuhkan selama kuliah. Jadi, kita tidak perlu mengandalkan kiriman dari orang tua. Kuliah sambil kerja juga membantu agar karir kita lebih meningkat. Secara rinci, berikut berbagai manfaat kuliah sambil kerja:

1. Menambah penghasilan

Nah, mendapatkan penghasilan adalah keuntungan utama dari bekerja sambil kuliah. Kita tak perlu mengandalkan kiriman dari keluarga atau orang tua. Bahkan, bisa jadi kita yang justru membantu pengeluaran orangtua di kampung halaman.

Baca Juga: Jangan Jadi Generasi Mager, Anak Muda Perlu Belajar Bisnis yang Tepat

Uang yang kita hasilkan dari kerja sambil kuliah dapat membantu menutupi biaya sekolah, perlengkapan sekolah, biaya perjalanan, akomodasi, makanan, dan apa saja yang kita perlukan. Meski kita mendapatkan beasiswa, tak ada salahnya untuk mencoba kerja sambil kuliah agar bisa mendapatkan uang tambahan.

2. Mendapatkan Pengalaman di Tempat Kerja

Selain menghasilkan uang, kuliah sambil kerja juga memberikan pengalaman mendalam di dunia kerja. Jadi ketika lulus kuliah nanti kita tidak lagi bingung bagaimana harus bersikap atau bertindak di dunia kerja. Kita bisa lebih terlatih dalam menghadapi dinamika dalam lingkungan kerja setiap hari atau seberapa sering Anda bekerja.

Kuliah sambil kerja juga membantu kita merasakan bagaimana bekerja secara tim untuk mencapai tujuan akhir. Anda juga akan melihat sekilas cara kerja sebuah sistem di perusahaan. Terkadang, atasan di tempat kerja juga sering memberikan promosi, bonus, dan sejenisnya untuk karyawan yang memiliki kinerja baik.

Hal ini akan menanamkan pikiran bawah sadar kita bahwa kerja keras akan benar-benar membuahkan hasil. Dengan begitu, kita akan lebih bersemangat ketika mengikuti kuliah kelas karyawan.

3. Memperluas Jaringan

Kerja sambil kuliah, apalagi jika antara pekerjaan dan  studi yang kita ambil sejalur, maka bisa menjadi jalan ideal untuk membangun jaringan. Karena itu, pengalaman kuliah sambil kerja bisa kita manfaatkan untuk mengenal banyak orang yang dapat memandu kita untuk membangun jalan karir.

Jaringan akan membantu kita membangun kelompok pendukung profesional, atau bahkan klien potensial untuk referensi di masa mendatang.

4. Meningkatkan Daya Jual

Karena sudah terbiasa di tempat kerja, setelah lulus kuliah nanti kita bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan baru atau meningkatkan karier. Kita juga sudah memiliki portofolio yang bisa dijadikan acuan dalam melamar pekerjaan atau mendapatkan promosi.

Di manapun kita bekerja, kita akan mempelajari sesuatu yang dapat kita terapkan di lingkungan kerja baru. Apalagi, banyak lowongan kerja yang mensyaratkan setidaknya satu tahun pengalaman kerja. Jadi, semakin banyak pengalaman yang kita miliki, akan semakin baik untuk karir kita kedepannya.

5. Meningkatkan Keterampilan Manajemen Waktu

Saat kuliah sambil kerja, kita harus memastikan antara pekerjaan dan kuliah berjalan seimbang. Jadi, sebisa mungkin kita melakukan manajemen waktu yang tepat agar tugas kantor dan tugas di perkuliahan bisa selesai sesuai deadline.

Dengan pengalaman tersebut, kita akan belajar bagaimana memprioritaskan dan mengembangkan keterampilan manajemen waktu. Memiliki jadwal yang ketat biasanya memaksa kita untuk mematuhinya untuk mencapai tujuan Anda.

Baca juga: Perjalanan Kaprodi Arsitektur UNMAHA Raih Beasiswa di Inggris

Tips Kuliah Sambil kerja

Kuliah  sambil kerja tentu tidak mudah karena kita harus bisa mengatur prioritas waktu yang tepat. Selain itu, mengikuti kelas karyawan atau kuliah karyawan juga membutuhkan fisik yang kuat karena jam-jam usai atau libut kerja harus kita manfaatkan untuk belajar dan mengerjakan tugas. Lalu bagaimana agar kuliah sambil kerja bisa berjalan seimbang? Berikut informasinya:

Buat Perencanaan Matang

Pada setiap awal semester, kita perlu mendapatkan semua silabus kelas karyawan yang kita ikuti dan catat semua jadwal ujian beserta tenggat waktu untuk tugas. Gunakan penanda yang berbeda untuk setiap kelas karyawan yang kita ikuti untuk melihat dengan mudah kapan kelas dimulai. Kita juga perlu mencatat jadwal rapat atau tenggat waktu tugas yang telah diberikan oleh kantor tempat kita bekerja.

Gunakan Waktu Luang Secara Produktif

Kuliah sambil kerja memang menyita banyak waktu. Jadi, manfaatkan waktu luang sebaik mungkin untuk membantu menyeimbangkan pekerjaan dan kuliah karyawan yang Anda ambil dengan lebih efektif. Misalnya, kita dapat membaca buku materi kuliah karyawan ketika berada di perjalanan menuju kantor.Kita juga bisa menggunakan waktu saya makan siang atau istirahat untuk belajar.

Jaga diri dengan baik

Kuliah sambil kerja adalah kegiatan yang menyita banyak waktu dan rawan membuat kita stres. Oleh karena itu, kita harus dapat menangani stres dengan cara yang positif. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meredakan stres, salah satunya rutin olahraga.

Kita juga bisa melakukan sesi relaksasi dengan melakukan aktivitas seperti mendengarkan musik, menulis jurnal, pijat, mengunjungi salon, dan sejenisnya. Kita juga bisa meluangkan waktu 30 menit sehari untuk melakukan sesuatu yang kita sukai sebagai cara untuk mengurangi stres.

Baca juga: LPDP dan Kemendikbud Ristek Berikan Beasiswa Khusus Vokasi Lewat Kampus Merdeka

Kelas Karyawan Terbaik

Meski memiliki pekerjaan, pendidikan tetap menjadi hal utama. Oleh karena itu, kita tidak boleh asal memilih kelas karyawan. Pastikan, kelas karyawan yang kita pilih memiliki kualitas yang baik dan pengajar profesional di bidangnya. Untuk kalian yang bingung memilih kuliah kelas karyawan yang berkualitas, tak perlu khawatir. Pilih saja Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA). UNMAHA merupakan pilihan terbaik untuk kuliah kelas karyawan murah di Yogyakarta.

UNMAHA menyediakan kuliah kelas malam khusus untuk kalian yang ingin kuliah sambil bekerja. Jadi, kita tetap bisa melakoni tugas kantor saat siang hari dan meneruskan pendidikan di malam harinya. Dengan mengambil kelas karyawan di UNMAHA, kita bisa tetap berkarya sekaligus berprestasi.

Menurut Wakil Rektor III UNMAHA, Fransisca Diwati, SH, MM, kelas malam UNMAHA merupakan kelas eksekutif yang disediakan khusus bagi mereka yang ingin kerja sambil kuliah.

“Kelas malam ini kita sebut kelas eksekutif yang ada di prodi Manajemen dan Akuntansi. Kelas ini didesain khusus untuk para pebisnis atau pekerja/ profesional yang nggak mungkin kuliah reguler di jam kerja,” ucapnya saat dihubungi Bernas.

Menurut Francisca, yang akrab disapa sebagai Bunda Sisca, jam kuliah kelas karyawan atau kelas malam ini dimulai pada pukul 18.30 hingga 22.00 WIB. Terdapat sedikit perbedaan biaya antara kelas karyawan dan kuliah reguler di UNMAHA.

“Kelas malam atau kelas karyawan ini lebih mahal sedikit daripada kelas reguler,” tambahnya.

Biaya kelas karyawan yang cenderung lebih mahal ini masih bisa dijangkau oleh banyak orang. Bunda Sisca juga mengatakan bahwa kelas malam dan kelas reguler sebenarnya memiliki banyak kesamaan, perbedaan hanya terletak di waktu perkuliahan saja.

“Namun, di kelas karyawan ini akan lebih banyak diskusi dan implementasi teori serta updatenya di dunia usaha. Selain itu, nanti juga ada dosen tamu praktisi yang dihadirkan,” tambahnya.

Tujuan diadakan kelas malam atau kelas karyawan di UNMAHA ini adalah untuk membuka peluang bagi calon mahasiswa baru maupun yang transfer dari kampus lain agar bisa melanjutkan kuliah jenjang sarjana. Dengan begitu, pekerjaan atau bisnis yang dijalani bisa tetap berjalan.

“Selain bisnis atau pekerjaan tetap jalan, kompetensi bertambah juga bisa memperoleh gelar sarjana,” ungkap Bunda Sisca.

Bagi mereka yang ingin mengikuti kelas karyawan atau kelas malam di UNMAHA, Bunda Sisca juga membagikan tips khusus. Menurut Bunda Sisca, agar kuliah sambil kerja berjalan lancar, mahasiswa harus bijaksana dan paham manajemen waktu.

Baca Juga: Jurusan Sarjana Kewirausahaan UNMAHA, Mata Kuliah dan Prospek Kerja

“Dosen-dosen UNMAHA sangat terbuka untuk konsultasi mahasiswa jika mengalami kendala dalam proses perkuliahan,” ucapnya.

Dalam kuliah kelas eksekutif, kata Bunda Sisca, mahasiswa diharapkan dalam belajar bukan menghafal tapi memahami. Oleh karena itu, antara kuliah dan pekerjaan ini sebaiknya saling berhubungan agar bisa membantu meningkatkan kinerja bisnis atau pekerjaan yang dilakoni.

“Mahasiswa juga harus bisa menjaga kebugaran tubuhnya dengan menerapkan pola hidup sehat, makan sehat karena mengikuti kelas malam ini butuh energi besar. Selain itu, mahasiswa juga perlu banyak aktif bertanya di dalam kelas, termasuk memanfaatkan diskusi kelas yang produktif serta jangan lupa cari explore referensi di luar kelas,” tambah Bunda Sisca.

Leave A Reply

Your email address will not be published.