Berita Nasional Terpercaya

5 Tips dan Trik WhatsApp Web Tersembunyi yang Memudahkan Pengguna

0

Ada sejumlah tips dan trik WhatsApp Web yang tersembunyi dan jarang diketahui. Dengan menjalankan fitur tersmebunyi WA Web, produktivitas Anda makin meningkat.

Maka dari itu, Anda sebagai pengguna WhatsApp Web perlu tahu sejumlah trik mengoperasikan fitur unggulan WhatsApp ini. Hal tersebut bermanfaat untuk memaksimalkan fungsi fiturnya.

Menjalankan WA via browser sedikit banyak tidak berbeda dengan penggunaan dengan HP. Trik dan tips WhatsApp Web di bawah ini bisa Anda praktikkan langsung, kemudian Anda ingat di memori kepala, agar makin meningkatkan produktivitas Anda yang kompleks di masa pandemi ini.

Whatsapp web sebenarnya juga sama-sama bersifat kompleks dengan produktivitas Anda di masa pandemi Covid-19 ini. Oleh karenanya, Anda bisa merujuk ke berita yang membahasi panduan dan tutorial Whatsapp Web dari tingkar dasar hingga review fitur-fitur WA web di masa depan.

Salah satu trik WA Web yang umum diketahui adalah login WA Web dengan sekali sinkronisasi. Secara prinsip, Anda harus melakukan sinkronisasi antara akun smartphone dengan laman web jika ingin menggunakan fitur WhatsApp Web. Bagi Anda yang sering memakai WA Web, sinkronisasi berulang tentu terasa mengganggu. Maka solusinya adalah sinkronisasi satu kali.

Untuk bisa menjalankan sinkronisasi satu kali, caranya dengan mencentang kotak “Keep Me Login” atau “Tetap Masuk” yang ada di bawah kode QR pada laman web. Setelah itu daftarkan perangkat komputer Anda sebagai “Perangkat Tertaut” di aplikasi WA ponsel. Dengan begini Anda cukup sekali melakukan proses WhatsApp Web login.

Lalu bagaiamana tips dan trik Whatsapp Web tersmebunyi yang lain? Ini dia daftarnya:

1. Menggunakan Fitur Shortcut Keyboard

Shortcut pada WhatsApp Web berfungsi sebagai cara cepat atau pintasan  fungsi. Berikut ini pintasan WhatsApp Web versi Windows:

 

PINTASANTOMBOL
Tanda-tanda belum bacaCTRL + ALT + SHIFT + U
Mengartikan pesanCTRL + ALT + E
Pin atau Unpin pesanCTRL + ALT + SHIFT + P
PencarianCTRL + ALT + SHIFT + F
Buat grup baruCTRL + ALT + SHIFT + N
PengaturanCTRL + ALT + ,
Senyapkan pesanCTRL + ALT + SHIFT + M
Hapus pesanCTRL + ALT + BACKSPACE
Mencari dalam list obrolanCTRL + ALT + /
Pesan baruCTRL + ALT + N
Buka profil kontakCTRL + ALT + P
Kembali ke laman sebelumnyaSHIFT + ENTER

 

Baca juga: 8 Cara Jualan Lewat WhatsApp Agar Tidak Dituding Tukang Spam

2. Menggunakan beberapa akun pada satu komputer

Anda bisa melakukan WhatsApp login dua akun dengan memanfaatkan fitur 'Jendela Penyamaran' pada aplikasi browser. Atau Anda juga dapat menggunakan dua aplikasi peramban.

Komputer ataupun WhatsApp Web Anda tidak akan membaca penumpukan login. Anda tetap dapat bekerja leluasa dengan dua akun sekaligus. 

Ilustrasi tips dan trik WhatsApp Web yang tersembunyi dan jarang diketahuiIlustrasi bahagia menemukan trik WA Web tersembunyi

3. Menambahkan emoji  dengan cepat

Emoji pada WhatsApp Web dapat ditambahkan dengan langsung mengerikkan pada kolom pesan. Anda cukup mengetik “:” (tanda titik dua) diikuti kata atau nama emoji yang ingin Anda tambahkan.
Misalnya Anda ingin menambahkan emoji buah nanas, maka Anda cukup mengetik “:nanas”. Aplikasi akan membaca perintah tersebut dan menampilkan semua emoji yang berhubungan dengan nanas.

Selain emoji, Anda juga bisa belajar mengetik cepat di WA Web. Tutorial praktis dan tips mengetik cepat WhatsApp bisa Anda jadikan rujukan Anda untuk meningkatkan kemampuan digital yang Anda miliki.

5. WhatsApp Web video call dengan 50 teman

Anda dapat memanfaatkan fitur video call di WhatsApp Web. Bukan hanya dengan satu orang tetapi hingga 50 orang. Cara ini dapat menjadi alternatif meeting jika suatu hari Anda kesulitan mengakses Zoom, Google Meet, dsb.

Untuk dapat menikmati video call dengan lebih banyak orang, pembuat forum harus terintegrasi dengan aplikasi Messenger Facebook.

Setelah melakukan WhatsApp Web login, buka obrolan di laman WhatsApp browser. Klik ikon “Clip” di pojok kiri bawah jendela obrolan pesan (sebelah ikon wajah). Pilih ikon “Forum” berwarna biru yang terletak di paling atas. Lalu pilih”Lanjutkan di Messenger”.

Anda akan dialihkan ke web Messenger. Klik “Lanjutkan” dan pilih “Coba”. Masukkan nama forum. Anda akan mendapat tautan obrolan hang bisa Anda bagikan ke kontak WhatsApp untuk bergabung dalam obrolan.

6. Menambah ekstensi WAToolkit untuk pratinjau pesan

Dengan menambahkan ekstensi WAToolkit, Anda dapat menikmati fungsi pratinjau pesan seperti pada aplikasi ponsel. Yaitu fungsi untuk 'mengintip' pesan masuk tanpa membukanya.
Ekstensi WAToolkit sebenarnya akan memperkaya fitur WhatsApp Web. Selain fitur mengintip pesan Anda dapat menikmati fitur full-width bubbles, melihat jumlah pesan masuk, dan lain-lain. 

 

Baca juga: 6 Hal Menarik di Aplikasi “Whatsapp” yang Jarang Diketahui oleh Pengguna

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.