Berita Nasional Terpercaya

Rumah Joglo, Rumah Adat Jawa yang Memiliki Banyak Keunikan

0

Ada berbagai jenis rumah adat joglo Jawa yang tersebar di berbagai daerah pulau Jawa dengan sejumlah bentuk, keunikan, ciri khas, dan tradisinya masing-masing.

Seperti yang diketahui bersama, rumah Joglo adalah rumah adat dari Jawa yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Bangunan lama Bandar Udara Juanda  jadi salah satu bangunan yang terinspirasi menaikkan pamor rumah joglo ke luar negeri.

Rumah joglo Jawa rata-rata mempunyai bahan yang sama yaitu kayu. Sebagai referensi desain rumah modern dengan material kayu, Anda bisa membaca ulasan desain rumah kayu modern di tautan ini.

Rumah joglo sendiri memiliki beberapa macam jenis dengan keunikannya sendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis rumah joglo dan keunikan yang dimiliki.

1. Rumah Joglo Sinom

Jenis pertama dari Rumah Joglo adalah bernama rumah joglo sinom. Rumah joglo sinom ini adalah pengembangan rumah joglo dengan konsep teras keliling.

Ciri-ciri rumah joglo ini adalah memiliki 36 tiang atau saka, di mana dari keempat tiang tersebut adalah tiang besar utama atau disebut dengan nama saka guru. Rumah Joglo ini memiliki empat sisi atap yang memiliki tiga tingkatan dengan satu bubungan.

2. Rumah Joglo Mangkurat

Jenis kedua dari rumah joglo bernama rumah joglo mangkurat. Ciri khas rumah joglo ini adalah di bagian atapnya. Apabila Anda melihat di bagian atapnya, maka akan terlihat susunan tiga tingkatan yang memiliki kemiringan berbeda-beda.

Selain itu, di bagian tengah atap dari rumah joglo mangkurat ini biasanya dibuat lebih tinggi daripada bagian sisinya.

Baca juga: Bergaya Klasik dan Menarik, Inilah Karakteristik Rumah Adat Bali

3. Rumah Joglo Pangrawit

Jenis ketiga dari rumah joglo bernama rumah joglo pangrawit. Rumah joglo jawa ini memiliki ciri khas berupa lambang gantung yang memiliki bentuk atap kubah.

Di setiap sudut rumah ini terdapat tiang atau saka. Desain dari rumah ini banyak sekali digunakan oleh rumah-rumah modern pada saat ini.

Ilustrasi rumah joglo jawa tradisionalIlustrasi rumah joglo jawa tradisional

4. Rumah Joglo Jompongan

Jenis keempat dari rumah joglo bernama rumah joglo jompongan. Rumah joglo jenis ini memiliki keunikan berupa pintu yang dipakai adalah pintu geser dan denah dari rumah ini berbentuk bujur sangkar.

Selain itu, keunikan yang dimiliki dari rumah ini adalah atapnya terbentuk dari dua bubungan yang memanjang ke sisi kanan dan kiri. Rumah ini tidak memiliki banyak hiasan dan ornamen sehingga tampak lebih simpel.

5. Rumah Joglo Hangeng

Jenis kelima dari rumah joglo adalah rumah joglo Hangeng. Bisa dikatakan rumah joglo ini memiliki atap yang besar.

Selain itu, rumah ini memiliki tratak keliling yang membuat rumah ini terkesan mewah, seperti bangunan istana.

6. Rumah Joglo Panggang Pe

Jenis keenam dari rumah joglo bernama rumah joglo panggang pe. Rumah ini memiliki fungsi sebagai warung dan tempat tinggal. Rumah joglo ini memiliki empat hingga enam buah saka.

Rumah joglo panggang pe memiliki berbagai jenis, yaitu Empyak Setangkep, Gedhang Setangkep, Gedhang Salirang, Trajaumas, Barengan, dan Cere Gancet.

Baca juga: Rumah Adat Jawa Barat: Keunikan, Manfaat, dan Bentuknya

7. Rumah Joglo Lawakan

Jenis ketujuh dari rumah joglo adalah rumah joglo lawakan. Rumah ini memiliki konsep rumah yang sederhana.

Rumah joglo ini memiliki atap yang terdiri dari dua tingkatan dan dilengkapi dengan atap bagian bawah yang lebar dan landai. Sementara itu, bagian atas dari rumah ini dibuat meruncing.

Anda bisa menjadikan model rumah joglo di atas sebagai salah satu referensi untuk hunian Anda. Dengan demikian, Anda tidak hanya akan melestarikan budaya Indonesia, tetapi juga memiliki hunian yang estetik dan mewah. Anda berminat mencoba?

Demikian 7jenis rumah joglo yang memiliki keunikan masing-masing. Sebagai warga negara Indonesia sudah sepatutnya bangga karena rumah ini adalah rumah adat yang terkenal hingga ke mancanegara. Salah satu rumah adat tradisional Indonesia yang juga menarik minat pasar mancanegara ada di tautan ini.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.