Berita Nasional Terpercaya

Jokowi Resmikan Tol Pertama Kalimantan, Akses Ibu Kota Baru

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan pada hari Selasa (24/8). Jalan tol yang diresmikan yakni seksi 1 yang menghubungkan Balikpapan-Samboja dan seksi 5 menghubungkan Sepinggan-Balikpapan.

“Ini menjadi momen bersejarah karena tol Balikpapan-Samarinda jalan tol pertama di Pulau Kalimantan. Ini capaian yang patut kami syukuri,” ujar Jokowi pada Peresmian Ruas Tol Balikpapan-Samarinda Seksi Balikpapan-Samboja.

Jokowi mengungkapkan pemerintah akan terus melakukan pembangunan infrastruktur di luar Pulau Jawa. Pembangunan ini, lanjut Jokowi, diharapkan dapat menggenjot laju perekonomian serta menciptakan titik pertumbuhan ekonomi baru. 

“Kami harapkan dengan jalan tol ini akan tercipta titik-titik pertumbuhan ekonomi baru,” jelasnya.

Selain itu, Jokowi berharap dibangunnya jalan tol Samarinda-Balikpapan dapat menekan biaya logistik dan memperbaiki jaringan logistik di dalam negeri. Dengan begitu, daya saing dan komoditas di daerah Kalimantan juga dapat berkembang. 

“Perbaikan jaringan logistik, lebih efisien, lebih cepat, perbaiki daya saing dan komoditas yang diproduksi di Kalimantan,” ungkap Jokowi.

Lebih lanjut, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang baru saja diresmikan ini menjadi salah satu akses masuk ke kawasan inti wilayah Ibu Kota Negara (IKN). Jalan tol sepanjang 97,99 Km ini terbagi menjadi lima seksi, yaitu 5 ruas Balikpapan (Km 13)-Sepinggan (11,09 Km), Seksi 1 ruas Balikpapan (Km 13)-Samboja (22,03 Km), Seksi 2 ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 Km), Seksi III Muara Jawa-Palaran (17,30 Km) dan Seksi IV Palaran-Samarinda (16,59 Km).

Baca juga: Caci Maki Netizen Berbuah Vonis Ringan Juliari, Pakar Protes

Seperti diungkapkan oleh Direktur Utama JBS, Jinto Sirait, tersambungnya ruas tol dari Sepinggan hingga Samarinda akan mempercepat laju pergerakan logistik dan transportasi di daerah Kalimantan Timur. Berbagai titik lokasi strategis seperti Bandara Sepinggan juga akan terhubung dengan adanya Tol Kalimantan ini.

Dua gerbang tol pun dipersiapkan menyambut dibukanya Jalan Tol Balikpapan-Samarinda nanti, salah satunya yakni Gerbang Tol (GT) Manggar. Gerbang tol ini terhubung dengan Jalan Mulawarman yang merupakan akses terdekat dengan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.