Berita Nasional Terpercaya

Luhut: Kasus Nasional Turun 90 Persen

0

JAKARTA, BERNAS – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengklaim bahwa tingkat penularan Covid-19 sudah sangat menurun. Dalam konferensi pers virtual yang digelar pada hari Senin (30/8), Luhut menyampaikan bahwa secara nasional, penurunan jumlah kasus mencapai 90 persen.

“Ini dilihat kasus terkonfirmasi dan secara nasional yang turun hingga 90,4 persen pada hari ini. Secara spesifik di Jawa-Bali turun hingga 94 persen dari titik puncaknya 15 Juli lalu,” kata Luhut.

Drastisnya angka penularan Covid-19 itu membuat pemerintah menurunkan level PPKM di Jawa dan Bali, serta di beberapa daerah lainnya.

Senada dengan Luhut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga mengklaim bahwa penurunan angka Covid-19 juga terjadi luar Jawa-Bali. Airlangga mengacu pada penurunan kasus aktif dan tingkat kematian atau fatality rate.

Baca juga: Jokowi: PPKM Lanjut Bulan Ketiga

Di Sumatera, tingkat kematian tercatat di angka 3,35 persen, sedangkan kasus aktif turun sebesar 42,17 persen. Di Nusa Tenggara, tingkat kematian sebesar 2,23 persen dan kasus aktif turun minus 65,36 persen.

Selain di kedua wilayah tersebut, angka kematian akibat Covid-19 di Kalimantan juga hanya tercatat sebesar 3,1 persen dan kasus aktifnya berkurang hingga 51,72 persen. Di Sulawesi, tingkat kematian Covid-19 sebesar 2,48 persen dan kasus aktif turun minus 47,34 persen.

Terakhir, di Maluku dan Papua, tercatat tingkat kematian sebesar 1,55 persen serta kasus aktif turun 29,9 persen.

“Sehingga sejalan dengan nasional, itu terjadi perbaikan,” kata Airlangga.

Baca juga: Kembali Kedatangan Vaksin, Pemerintah: Jangan Pilih-pilih!

Airlangga juga menambahkan bahwa ada 20 kabupaten/kota PPKM Level 4 luar Jawa-Bali dengan tren penurunan mobilitas. Beberapa daerah yang dimaksud adalah Dumai, Medan, Rokan Hulu, Pringsewu, Banggai, Banda Aceh, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Siak, Kabupaten Luwu Timur, Kota Samarinda dan Merangin.

Sementara itu, ada sembilan kabupaten/kota yang memiliki kecenderungan peningkatan mobilitas yaitu Bandar Lampung, Pematang Siantar, Jambi, Sumba Timur, Kupang, Jayapura, Padang, dan Palembang.

Berdasarkan dari data PPKM terbaru, di tingkat provinsi, ada empat wilayah yang menerapkan PPKM level 4, yaitu Sulawesi Utara, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Leave A Reply

Your email address will not be published.