Alexa Certify
close
  • Bernas.id

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu K-Pop dan Istilah yang Sering Digunakan

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu K-Pop dan Istilah yang Sering Digunakan

Bernas.id - Kalian pasti tidak asing lagi dengan nama BTS, EXO, Red Velvet, Twice, Blackpink atau Secret Number. Yah, itulah sedikit contoh dari nama grup Kpop yang telah mendunia. Penggemarnya tak hanya dari Indonesia saja. Bahkan, seluruh penjuru dunia pun sudah tak asing lagi dengan grup Kpop tersebut.

Berita kpop memang tak pernah kehabisan penggemarnya. Penggemar k-pop memang telah mendunia. Mulai dari remaja hingga orang dewasa selalu mencari-cari berita terbaru kpop. Daftar grup kpop atau idol kpop juga selalu dielu-elukan banyak orang. Namun, apa itu K-pop dan bagaimana sejarah K-Pop bisa mendunia?

Apa itu Kpop?

Untuk membahas hal tersebut, mari kita awali dengan mengenal lebih dalam apa itu kpop. Korea pop atau kpop adalah genre musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Lagu-lagu K-pop banyak dipengaruhi oleh berbagai genre musik, seperti hip-hop, electronic dance, jazz, dan rock.

K-pop biasanya dibawakan oleh grup kpop yang terdiri dari empat hingga 21 anggota. Anggota grup Kpop disebut dengan istilah idol atau kpop idol. Calon Kpop idol harus menjalani pelatihan intensif bersama, belajar koreografi tari dan keterampilan lainnya sampai mereka siap tampil live untuk pertama kalinya.

K-pop adalah salah satu bagian dari “Korean Wave” atau Hallyu, istilah yang mengacu pada popularitas budaya pop Korea dan acara TV, musik, dan film Korea di seluruh Asia dan bagian lain dunia.

Baca juga: 4 Rekomendasi Drama Korea Bertema Kesehatan Mental, Cocok untuk Tontonan Akhir Pekan

Karakteristik K-pop

Istilah K-pop memang seringkali digunakan untuk menyebut semua musik populer dari Korea Selatan. Sebenarnya, Kpop memiliki karakteristik tertentu. Berikut karakteristik Korea kpop:

1. Terdiri dari grup besar

Grup Kpop biasanya memiliki sekitar empat dan tujuh idol. Namun, ada pula yang memiliki anggota hingga 21 orang. Grup -pop biasanya memiliki jumlah anggota yang lebih banyak untuk memastikan bahwa penggemar K-pop memiliki beragam idola untuk dipilih.

2. Perpaduan berbagai genre musik

Musik K-pop modern sering memadukan unsur musik tradisional Korea dengan pengaruh musik dari Barat seperti jazz, soul, hip hop, dan funk.

3. Gaya unik

Anggota grup Kpop atau Kpop idol dikenal dengan pakaian mereka yang unik dan penuh warna. Gaya berpakaian Kpop idol bisa menggunakan rujukan dari mode street wear hingga pakaian elegan dan outfit dengan temas khusus. Gaya berpakaian grup K-pop atau K-pop idol yang unik ini juga membuat mereka sering menjadi influencer mode yang mampu mendorong beberapa gaya dan tren terkini untuk generasi muda.

4. Pelatihan sistematis

Seorang K-pop Idol harus mengikuti program pelatihan intensif. Mereka menerima pelatihan khusus seperti, belajar koreografi, belajar vokal, hingga bagaimana cara menghadapi media. Anggota K-pop biasanya dipilih oleh Agensi khusus dengan mengamati calon penyanyi dan kemudian menempatkan mereka ke dalam kelompok berdasarkan kepribadian, suara, dan keterampilan mereka. Seorang Kpop idol bisa saja mengikuti program latihan selama bertahun-tahun untuk mengasah keterampilan mereka hingga resmi ditempat dalam sebuah grup idol.

5. Koreografi ekstensif

Koreografi atau dance merupakan hal penting yang harus ada dalam setiap grup K-pop. Setiap lagu yang dibawakan oleh grup Kpop memiliki koreografi yang berbeda-beda. Karena itu, selama mengikuti pelatihan, mereka juga harus bekerja sama dengan Koreografer agar bisa mendapatkan koreografi atau dance yang unik dan berbeda di setiap lagu yang dibawakannya.

Istilah-istilah dalam dunia Kpop

Penggemar Kpop juga terkenal sangat solid. Bahkan, mereka juga memiliki istilah khusus yang sering digunakan dalam komunitas mereka. Nah, bagi kalian yang mengaku sebagai penggemar Kpop, berikut istilah yang harus kalian pahami:

Aegyo

Istilah ini untuk menunjukan tingkah lucu atau imut seorang idol. Kpop idol seringkali diminta untuk menunjukan ‘aegyo’ saat menjadi bintang tamu sebuah acara. “Aegyo” bisa ditunjukkan dengan berbagai cara seperti menyanyikan lagu anak-anak atau memperagakan gerakan yang sedang populer.

Line

Line menunjukan garis usia atau Ini mengacu pada grup idol yang lahir di tahun yang sama. Misalnya, Jungkook BTS dan Yugyeom GOT7 keduanya lahir pada tahun 1997. Berarti, mereka adalah 97-line.

All-kill

Istilah ini digunakan untuk menyebut sebuah lagu yang  menempati posisi nomor satu di delapan tangga musik Korea atau kpopchart. Posisi All-kill tentu cukup sulit untuk dicapai karena grafiknya diperbarui setiap jam. Posisi all-kill merupakan pencapaian besar untuk grup idol.

Debut

Meskipun "debut" adalah kata yang digunakan untuk genre musik selain K-pop, istilah ini sering digunakan di K-pop untuk merujuk pada seorang peserta pelatihan (trainee) yang telah bertransisi menjadi seorang idola dengan merilis single resmi pertama mereka (baik sebagai solois atau dalam grup ) atau tampil di depan umum untuk pertama kalinya.

Anti fan

Anti fan digunakan untuk menyebut seseorang yang membenci selebriti tertentu. Yah, bisa juga disebut haters.

Baca juga: 5 Rekomendasi Drama Korea Romantis Lee Min Ho, Romantis Sepanjang Masa

Beagle line

Beagle line digunakan untuk menyebut grup idol yang ceria. Misalnya, member Exo yang memiliki sifat atau pembawaan caria antara lain Chanyeol, Baekhyun, dan Chen. Karena itu, mereka bertiga disebut dengan beagle line.

Bias

Bias merupakan istilah untuk anggota grup atau idol favorit. Misalnya, kalian sangat menyukai Jimin dari grup BTS. Maka bias kalian adalah Jimin BTS.

Comeback

Comeback adalah momen dimana ketika grup Kpop merilis musik baru dengan penampilan yang juga baru. Grup Kpop biasanya memiliki konsep atau tema khusus saat comeback.

Daesang

Daesang adalah penghargaan tertinggi yang bisa diterima seorang kpop idol. Penghargaan yang diterima bisa  dalam kategori seperti Album Of The Year, Song Of The Year, Artist Of The Year atau album dengan penjualan tertinggi.

Fanchant

Fanchant adalah kata-kata atau yel-yel yang diteriakkan oleh penggemar selama grup idol tampil. Yel-yel yang diteriakan bisa berupa nama semua kpop idol atau pengulangan kata-kata atau baris tertentu dalam lagu yang dinyanyikan.

Killing part

Killing part adalah bagian terbaik pada musik atau koreografi yang dibawakan oleh grup idol.

Leader

Hampir setiap grup idol memiliki leader yang dipilih secara khusus. Leader bertanggung jawab untuk mengatur grup dan bertindak sebagai perantara antara agensi dan grup. Leader juga bertugas memulai perkenalan ke publik dan menjadi orang pertama yang berbicara di upacara penghargaan.

Maknae

Maknae adalah anggota termuda dari grup idol atau Kpop idol termuda. Seorang grup idoll termuda namun sangat multitalenta juga sering disebut dengan golden maknae.

Trainee

Sebelum resmi menjadi Kpop idol, mereka disebut dengan trainee. Perusahaan hiburan atau agensi mencari bakat dan kemudian melatih mereka untuk menjadi bintang atau Kpop idol yang sempurna. Program pelatihan sangat ketat dan intensif. Bahkan, ada beberapa Kpop idol yang harus berlatih selama beberapa tahun sebelum ditempatkan dalam sebuah grup.

Main

Main sering digunakan untuk menggambarkan Main Vocal, Main Rapper atau Main Dancer dari sebuah grup idol. Kata tersebut digunakan untuk menyebut anggota yang memiliki vokal terbaik, memiliki teknik rap terbaik, atau penari terbaik.

Center

Center sering digunakan untuk menggambarkan anggota yang paling sering menjadi pusat koreografi grup. Center sering dianggap sebagai idol yang menjadi pusat perhatian penggemar.

Nah, itulah pengertian K-pop, karakteristik, dan istilah yang sering digunakan dalam dunia Korea Pop. Bagi kalian yang ingin mencoba tinggal di negara tempat para idol, inilah 5 Beasiswa Korea Selatan yang Bisa Kalian Coba.


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali


Lebih Lengkap

Trending

Melek Literasi Keuangan Pasar Modal melalui Pengenalan Capital Market

Melek Literasi Keuangan Pasar Modal melalui Pengenalan Capital Market


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali


Kavling Jonggol Tanah Kavling dengan Harga Bersahabat di Lokasi yang Menjanjikan

Kavling Jonggol Tanah Kavling dengan Harga Bersahabat di Lokasi yang Menjanjikan


Investasi Tanah 70an Juta dengan Prospek Terbaik di Kavling Jonggol Angsuran 12 Kali BONUS PONDASI

Investasi Tanah 70an Juta dengan Prospek Terbaik di Kavling Jonggol - Angsuran 12 Kali BONUS PONDASI


Investasi Tanah Murah Strategis di Bogor Timur 50 Jutaan

Investasi Tanah Murah Strategis di Bogor Timur 50 Jutaan


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru