Berita Nasional Terpercaya

UNY Tempat Paling Tepat Mengungkit Kesadaran Menjadi Guru yang Dibingkai dengan Kompetensi

0

SLEMAN, BERNAS.ID – “Melalui PPG ini, kita semua berharap dapat mengupdate diri kita sehingga kita tidak menjadi lawas tergerus pada dinamika jaman, dan kata kuncinya adalah ketika kita ingin menjadi guru yang baik. Di samping kompetensi-kompetensi yang perlu disiapkan mulai dari kompetensi pedagogy sampai dengan kompetensi sosial, adalah kepemilikan, penguasaan, dan persahabatan kita dengan teknologi,” demikian disampaikan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdahani, S.TP., M.T. pada acara Orientasi Akademik bagi Mahasiswa PPG Daljab Angkatan IV Kemdikbudristek dan PPG Daljab bagi Guru Madrasah Angkatan II Kemenag.

Acara yang dilaksanakan secara daring ini berlangsung Senin (13/9/2021) ini dengan diikuti oleh 1.310 peserta, yang terdiri atas peserta Angkatan IV Kemdikbudristek berjumlah 1.157 peserta, dan peserta Angkatan II Kemenag 153 peserta.

Di samping itu, Muhammad Ali juga menyampaikan bangganya menjadi  bagian dari civitas akademik Universitas Negeri Yogyakarta.

Baca Juga : Bupati Blora Akan Bangun Kampung UNY di Kabupaten Blora

“Menjadi bagian dari UNY, itu adalah pilihan yang tepat untuk kemudian mengungkit kompetensi ini disertai dengan pengkokohan terhadap aspek-aspek teknologi. Dan saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap UNY yang selama ini bekerja dengan kami. Hasil evaluasi dari kami bahwa UNY adalah tempat yang paling tepat untuk mengungkit sebuah kesadaran tentang bagaimana menjadi guru, bertindak sebagai guru yang kemudian dibungkus, dibingkai dalam sebuah kompetensi-kompetensi,”  jelasnya.

Sementara itu, Rektor UNY Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. dalam sambutan sekaligus membuka orientasi ini menyampaikan, bahwa di tengah-tengah Pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini, kita masih diberikan kesempatan untuk bekerja secara mulia dalam rangka meningkatkan kualitas SDM.

“Seperti yang disampaikan oleh Presiden Jokowi saat pertemuan dengan para rektor seluruh Indonesia, bahwa kata kunci kalau kita akan sukses, negara kita, salah satunya dimulai dari ketersediaan SDM yang unggul,” terangnya.

Sumaryanto juga mengucapkan terimakasih kepada Kemendikbudristek dan Kemenag dalam rangka penyiapan SDM yang profesional berkualitas. Dia menambahkan, bahwa eksistensi UNY, dalam hal ini diberikan kepercayaan untuk mengelola persiapan SDM yang unggul yang ditandai dari jiwa profesional itu minimal expertist ahli dalam bidangnya, responsibility tanggungjawab, dan corporate.

“Sehingga dengan adanya orientasi ini kita berusaha mewujudkan SDM yang unggul, demi kita bisa meraih cita-cita negara kita untuk adil makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” kata Sumaryanto yang baru saja diberikan penghargaan sebagai insan olahraga dari Menpora.

“Saat ini, alhamdulillah UNY diberikan amanah menjadi Perguruan Tinggi Klaster 1 No 12 dari lebih dari 4.500 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Bahkan secara spesifik kinerja kemahasiswaan selama 3 tahun terakhir selalu masuk 5 besar atau peringkat 4 kinerja di Indonesia. Adik-adik sekarang merupakan bagian dari UNY, bagian dari 36.995 mahasiswa, yang terdiri dari sarjana terapan, sarjana, magister, doktor, program profesi insinyur, maupun program profesi guru ini. Diantara SDM, terdapat 1.244 orang dosen, 963 orang tenaga kependidikan. Artinya SDM di UNY siap melayani kegiatan ini,” jelasnya.

Dia menyampaikan, jika tidak dalam masa Pandemi, UNY sangat siap apabila ada pertemuan secara luring. “Sehingga di masa Pandemi ini kita harus mencari cara yang solutif, tanpa dipengaruhi dimensi waktu dan ruang pembelajaran, peningkatan kualitas SDM harus tetap kita lakukan. UNY sudah menyiapkan sarana dan prasarana diantaranya kantor PPG yang sangat representatif maupun asrama bagi peserta PPG, sarana praktek yang bisa digunakan nanti pada saat luring,” imbuhnya.

Kegiatan orientasi akademik ini, menurut Kepala Pengelola PPG UNY, Suyud, M.Pd., mempunyai berbagai tujuan, antara lain memberikan pembekalan kepada mahasiswa PPG Daljab Angkatan IV Kemdikbud Tahun 2021 dan mahasiswa PPG Daljab bagi Guru Madrasah Angkatan II Kemenag Tahun 2021 supaya dapat mengikuti PPG di UNY sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan, memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang struktur Kurikulum PPG dan sistem pembelajaran PPG Dalam Jabatan Tahun 2021; dan memberikan bimbingan teknis kepada mahasiswa tentang operasional teknis penggunaan LMS PPG Dalam Jabatan Tahun 2021.

“Dari jumlah peserta 1.310 orang, Peserta PPG Daljab Kemdikbudristek terdiri dari 20 program studi, yaitu Bahasa Indonesia 35 orang, Bahasa Inggris 70 orang, Bahasa Jawa 30 orang, Bimbingan dan Konseling 70 orang, Desain dan Produk Kreatif Kriya 2 orang, Guru kelas SD 280 orang, Guru kelas TK 105 orang, IPA 105 orang, IPS 105 orang, Matematika 35 orang, Penjas OR dan kesehatan 70 orang, PLB 70 orang, Seni Musik 14 orang, Seni Rupa 10 orang, Seni Tari 13 orang, Sosiologi 32 orang, Teknik Elektronika 9 orang, Teknik Grafika 1 orang, Teknik Komputer dan Informatika 70 orang, dan Teknik Otomotif 31 orang. Sedangkan peserta PPG Daljab Kemenag rinciannya prodi BK 33 orang, Biologi 30 orang, Ekonomi 27 orang, IPA 28 orang, dan IPS 35 orang,” ujar Suyud dalam laporannya.

Peserta orientasi akan memperoleh berbagai pengetahuan dan materi yaitu Pembelajaran Berbasis Heutagogy di Era Pandemi Covid-19 oleh Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A. Wakil Rektor Bidang Akademik, Struktur Kurikulum, Sistem Pembelajaran PPG dalam jabatan, dan pendalaman materi. Serta Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Sistem Penilaiannya, yang disampaikan oleh para ahli di bidangnya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.