Alexa Certify
close
  • Bernas.id

Kabar Bahagia, Bill Gates Bagi-bagi Beasiswa untuk Kalian yang Ingin Kuliah di Universitas Cambridge

Kabar Bahagia, Bill Gates Bagi-bagi Beasiswa untuk Kalian yang Ingin Kuliah di Universitas Cambridge

Bernas.id - Kabar Bahagia bagi kalian yang ingin kuliah di Inggris. Bill Gates bagi-bagi beasiswa untuk kamu yang ingin kuliah di Cambridge University.

Beasiswa kuliah di Cambridge University dari Bill Gates ini diberikan untuk pelajar Internasional dan mahasiswa asal Amerika Serikat. Jadi, pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah Inggris, program beasiswa ini bisa menjadi kesempatan emas untuk wujudkan impian, loh.

Beasiswa dari Bill Gates ini rencananya akan memberikan bantuan biaya pendidikan untuk 55 orang pelajar internasional 25 orang pelajar asal Amerika Serikat yang ingin menempuh studi jenjang S2 dan S3 di University of Cambridge, Inggris.

Program beasiswa ini telah didirikan pada tahun 2000 setelah Yayasan Bill & Melinda Gates mendonasikan US$210 juta kepada Universitas Cambridge.

Donasi tersebut ditujukan untuk mendanai program beasiswa pascasarjana internasional bagi siswa yang berprestasi secara akademis dan menunjukkan komitmen yang kuat untuk meningkatkan kehidupan orang lain.

Pada tahun pertama program beasiswa ini dilaksanakan, beasiswa ini telah mendanai lebih dari 1.700 pelajar dari 100 negara. Melansir laman resmi Universitas Cambridge, banyak tokoh dunia yang pernah mendapatkan beasiswa ini.

Salah satu orang Indonesia yang juga pernah lolos seleksi beasiswa ini adalah Muhamad Hartono. Pria asal Bengkulu, Sumatera ini menamatkan program PhD di Universitas Cambridge dengan beasiswa Bill Gates. Selama menempuh program PhD, ia mengembangkan nanomaterial untuk terapi kombinasi dan diagnosis untuk pengobatan kanker pankreas.

Setelah kehilangan neneknya karena kanker pankreas, Muhamad berharap karyanya akan memberikan sumbangsih besar untuk pengobatan kanker pankreas, salah satu jenis kanker yang paling sulit untuk diobati.

Baca juga: Perjalanan Kaprodi Arsitektur UNMAHA Raih Beasiswa di Inggris

Syarat Pendaftaran

Bagi kalian yang ingin mendaftar beasiswa dari Bill Gates ini, berikut syarat yang harus dipenuhi:

  • Tidak berstatus sebagai warga negara Inggris
  • Bersedia melakukan kuliah penuh waktu di Cambridge University untuk jenjang S2 atau S3
  • Memiliki prestasi akademik yang bagus
  • Memiliki alasan yang kuat dalam memilih program studi yang dituju
  • Berkomitmen untuk membantu meningkatkan taraf kehidupan orang lain
  • Punya jiwa kepemimpinan yang tinggi

Jika dirasa telah memenuhi persyaratan, kalian bisa mulai melakukan pendaftaran. Pelamar bisa mengajukan melalui Portal Aplikasi Pascasarjana Universitas Cambridge dan mengisi formulir serta mengajukan permohonan untuk mendapatkan beasiswa ini.

Komponen beasiswa

Selain biaya kuliah penuh (fully funded), beasiswa ini memberikan sejumlah komponen bantuan berikut:

  • Tunjangan Pemeliharaan untuk mahasiswa sekitar £17.500 atau sekitar Rp147 juta selama 12 bulan
  • Satu tiket kelas ekonomi saat keberangkatan dan akhir masa studi
  • Biaya visa dan kesehatan
  • Tunjangan untukpengembangan akademik, berkisar  £500 hingga £2000, tergantung program studi yang kalian ambil
  • Tunjangan keluarga
  • Tunjangan persalinan dan bantuan untuk biaya tak terduga

Tentang Universitas Cambridge

Universitas Cambridge berdiri pada tahun 1209. Universitas terbaik dunia ini juga tergolong universitas tertua nomor empat di dunia dan tertua kedua di Inggris. Universitas Cambridge terletak di pusat kota kuno Cambridge, tepatnya 50 mil sebelah utara London.

Salah satu kampus terbaik dunia ini memiliki enam sekolah akademik, yaitu Fakultas Seni dan Humaniora, Ilmu Biologi, Kedokteran Klinis, Humaniora dan Ilmu Sosial, Ilmu Fisika, dan Teknologi – tersebar di seluruh perguruan tinggi universitas, menampung sekitar 150 fakultas dan institusi lainnya.

Dengan reputasi keunggulan akademik dan publikasi ilmiah yang memberikan kontribusi besar pada dunia, Universitas Cambridge sering menempati peringkat 10 besar sebagai kampus terbaik dunia untuk pengajaran, penelitian, dan pandangan internasional.

Universitas Cambridge telah berhasil menelurkan matematikawan, ilmuwan, politisi, pengacara, filsuf, penulis, aktor, dan kepala negara terkemuka. Sembilan puluh delapan pemenang Nobel dan 15 perdana menteri Inggris memiliki afiliasi dengan Cambridge sebagai mahasiswa, fakultas atau alumni, termasuk ilmuwan Francis Crick dan Frederick Sanger.

Alumni Universitas Cambridge yang terkenal antara lain konservasionis Jane Goodall, ahli biologi Charles Darwin,  dan aktris Olivia Colman. Jurusan unggulan di kampus ini adalah matematika.

Universitas Cambridge memiliki lebih dari 100 perpustakaan, termasuk perpustakaan perguruan tinggi dan fakultas. Dalam satu tahun terakhir, universitas menerima sekitar US$415 juta dalam bentuk hibah dan kontrak penelitian.

Baca juga: 3 Program Beasiswa di Inggris yang Cocok Untuk Pelajar Indonesia

Mengenal Bill Gates

William Henry Gates III atau yang kita kenal dengan nama Bill Gates adalah programmer dan pengusaha komputer Amerika yang mendirikan Microsoft Corporation, perusahaan perangkat lunak komputer pribadi terbesar di dunia.

Bill Gates membuat  program perangkat lunak pertamanya pada usia 13 tahun. Pada 1975 Gates, tepatnya saat menjadi mahasiswa tahun kedua di Universitas Harvard Bill Gates mengembangkan perangkat lunak untuk komputer mikro pertama.

Dibantu temannya, Paul G. Allen, ia mengadaptasi BASIC, bahasa pemrograman populer yang digunakan pada komputer besar, untuk digunakan pada komputer mikro. Setelah itu, Gates memutuskan hengkang dari Harvard dan membuat perusahaan pertamanya, Microsoft.

Bill Gates juga menjadi investor untuk belasan perusahaan kelas dunia, salah satunya Canadian National Railway dan AutoNation. Ia juga menjadi salah satu pemilik lahan pertanian terbesar di AS. Hingga saat ini, Gates telah menyumbangkan saham Microsoft senilai US$35,8 miliar kepada Gates Foundation.

Pada tahun 2000, Bill Gates mendirikan organisasi amal Gates Foundation. Badan amal tersebut berfokus memberikan hibah dan upaya advokasi untuk menghilangkan ketidakadilan global dan meningkatkan kesetaraan. Tujuan Gates foundation berdiri adalah menghapus kemiskinan dan kelaparan ekstrim.  Badan amal tersebut juga sering melakukan penelitian medis dan inisiatif kesehatan masyarakat di negara-negara berkembang.

Melalui kemitraan strategis dan kegiatan pemberian hibah dalam inisiatif pembangunan pertanian, Gates Foundation membantu meningkatkan peluang bagi petani di negara berkembang dan mendukung penelitian tentang produksi beras dan tepung yang diperkaya dengan zat gizi mikro.

Program ini juga berupaya meningkatkan layanan keuangan kepada masyarakat miskin dengan mendanai proyek-proyek yang menguji efektivitas pinjaman, asuransi, perencanaan keuangan, dan pendidikan keuangan di negara-negara miskin.

Bill Gates merupakan salah satu orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai US$ 133 miliar. Sebagian besar ia peroleh berkat jabatannya sebagai CEO dan kepala arsitek perangkat lunak Microsoft (MSFT).  Kini, Gates memang telah mengundurkan diri sebagai CEO Microsoft namun masih memegang sekitar 1,34% sahamnya.

Nah, itulah informasi mengenai beasiswa Bill Gates untuk kalian yang ingin kuliah di Universitas Cambridge. Universitas Cambridge bukan satu-satunya kampus terbaik di Inggris.

Masih ada beberapa universitas di Inggris yang masuk dalam daftar kampus terbaik di dunia. Selain beasiswa dari Bill Gates, kalian juga bisa mencoba beasiswa beasiswa Chevening, beasiswa Oxford, dan beasiswa Jardine, untuk mewujudkan impian kuliah di Inggris.

Inggris juga menjadi negara yang banyak dituju oleh pelajar dunia untuk melanjutkan kuliah. Karena itu, tingkat persaingan untuk masuk di kampus Inggris sangat tinggi. Jika ingin mencoba kuliah di Inggris, kalian perlu strategi khusus agar bisa menjadi kandidat yang menonjol.

Kalian juga perlu mengumpulkan berbagai informasi agar memiliki persiapan matang sebelum mendaftar kuliah di Inggris. Informasi lengkap kuliah di Inggris bisa kalian saksikan pada artikel berjudul Informasi Kuliah di Inggris: Beasiswa, Universitas Terbaik, hingga Tips Lolos Seleksi.


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali


Lebih Lengkap

Trending

Melek Literasi Keuangan Pasar Modal melalui Pengenalan Capital Market

Melek Literasi Keuangan Pasar Modal melalui Pengenalan Capital Market


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali


Kavling Jonggol Tanah Kavling dengan Harga Bersahabat di Lokasi yang Menjanjikan

Kavling Jonggol Tanah Kavling dengan Harga Bersahabat di Lokasi yang Menjanjikan


Investasi Tanah 70an Juta dengan Prospek Terbaik di Kavling Jonggol Angsuran 12 Kali BONUS PONDASI

Investasi Tanah 70an Juta dengan Prospek Terbaik di Kavling Jonggol - Angsuran 12 Kali BONUS PONDASI


Investasi Tanah Murah Strategis di Bogor Timur 50 Jutaan

Investasi Tanah Murah Strategis di Bogor Timur 50 Jutaan


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru