Berita Nasional Terpercaya

Sleman Segera Vaksin Lansia Usia 60 Tahun Door to Door

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo meminta puskesmas dan pemerintah desa untuk melakukan vaksinasi lansia (lanjut usia) secara door to door atau dari pintu-pintu. Lansia menjadi kelompok paling rentan mengalami perburukan jika terpapar Covid-19.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan, vaksinasi untuk lansia di Sleman baru mencapai angka 55,1 persen untuk dosis pertama. “Saya harap ini bisa ditindaklanjuti dengan vaksinasi door to door,” tuturnya, saat mengunjungi pelaksanaan vaksinasi di Kalurahan Sidomoyo, Kapanewon Godean, Rabu pagi (15/9/2021).

Kustini menyampaikan target sasaran vaksin lansia di Kabupaten Sleman sejumlah 159.395 orang. Untuk yang sudah tervaksin dosis pertama mencapai 68.776 orang. “Untuk capaian vaksin lansia dosis kedua baru mencapai 49.824 orang atau sekitar 39,8 persen,” kata Kustini.

Baca Juga: Polres Sleman Umumkan Penundaan Vaksinasi Massal di 4 Kampus Besar DIY

Pelaksanaan vaksinasi door to door, menurut Kustini merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat salah satunya lansia. Apalagi banyak lansia yang tidak paham dengan penggunaan teknologi informasi, sehingga hal itu berpotensi menghambat upaya percepatan vaksinasi.

“Kelompok lansia ini kan yang paling rawan jika terjangkit virus. Untuk itu kita harus aktif turun ke bawah untuk mendata lansia kita yang belum terjangkau vaksin,” ujar Kustini.

Untuk itu, lanjut Kustini, pihaknya meminta puskesmas dan pemerintah kalurahan untuk berperan aktif mendata kelompok lansia yang belum divaksin. Pelaksanaan vaksinasi untuk usia di atas 60 tahun tersebut bisa dilaksanakan dengan door to door.

“Kita minta semua puskesmas dan kalurahan aktif. Data semua lansia yang belum divaksin. Dan lakukan vaksinasi door to door. Itu langkah paling efektif untuk percepatan vaksinasi di Sleman,” pungkas Kustini. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.