Alexa Certify
close
  • Bernas.id

5 Tips Hadapi Penilaian Tengah Semester (PTS)

5 Tips Hadapi Penilaian Tengah Semester (PTS)

JAKARTA, BERNAS.ID – Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) akan segera dimulai. Sebagai salah satu ujian bagi seorang siswa, PTS memiliki peranan penting yang bisa mempengaruhi tingkat diterimanya siswa di PTN melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Oleh karena itu, kamu harus melakukan persiapan yang maksimal untuk menghadapi PTS.  

Kira-kira, apa saja langkah-langkah strategis yang perlu disiapkan untuk sukses menghadapi PTS? Simak 5 langkah efektif tempuh PTS yang sudah dirangkum oleh Zenius:

1. Menjaga Kesehatan dan Kondisi Tubuh

Salah satu kebiasaan peserta ujian, yaitu belajar mati-matian sebelum ujian, bahkan begadang sampai pagi. Waktu kalian untuk beristirahat menjadi berkurang. Alhasil, saat hari ujian tiba, kondisi tubuh menjadi kurang fit dan mengurangi kemampuan otak untuk bisa berpikir jernih. 

Baca Juga : 7.300 Siswa SD di Kota Jogja Ikuti Ujian ASPD Tatap Muka

Menjelang pelaksanaan PTS, usahakan makan yang teratur dan minum multivitamin. Kamu juga disarankan untuk berolahraga, namun jangan melakukan kegiatan olahraga secara berlebihan, apalagi yang berpotensi cedera. 

2. Pastikan Memiliki Semua Perlengkapan yang Dibutuhkan 

Pelaksanaan PTS tahun ini akan mengikuti kebijakan sekolah masing-masing. Beberapa sekolah sudah menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, namun ada juga beberapa sekolah yang belum. 

Bagi  kalian yang akan mengikuti ujian PTS secara luring, pastikan kalian telah memiliki semua alat tulis yang dibutuhkan, kartu peserta ujian, dan papan kertas. Simpan semua alat tulis tersebut di satu tempat dan siapkan saat malam hari menjelang ujian. 

Untuk yang mengikuti ujian PTS secara daring, pastikan laptop/gawai yang diperlukan dapat berfungsi dengan baik. Jika pelaksanaan membutuhkan jaringan internet, pastikan kalian memiliki kuota yang cukup dan jaringan yang baik. 

3. Pastikan Hadir Tepat Waktu

Kemungkinan besar, kamu akan sulit tidur pada malam hari menjelang ujian. Untuk itu, penting sekali memasang alarm agar kamu tetap bisa bangun tepat waktu. Jika perlu, pasang beberapa alarm atau mintalah bantuan keluarga untuk membangunkan kamu di hari ujian. 

Bagi kamu yang melaksanakan ujian secara luring, pastikan kamu sudah mengetahui persis dimana lokasi ujian. Pastikan sedetail mungkin, mulai dari gedung, lantai, hingga ruangan dimana lokasi ujian akan dilangsungkan. Perhitungkan juga jarak rumah ke sekolah.

4. Siapkan Strategi Menjawab Soal 

Strategi menjawab soal itu bisa berbeda-beda tergantung jenis soal yang dihadapi. Namun, penting untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin agar bisa mengerjakan ujian sebaik-baiknya. Saat sudah mendapat lembaran soal, mulai analisa komposisi pertanyaan yang ada. Berapa banyak pertanyaan pilihan ganda, esai, maupun bacaan yang panjang. 

Dengan menganalisa komposisi soal tersebut, kamu akan memiliki gambaran prioritas soal yang harus kamu selesaikan terlebih dahulu. Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, agar kamu memiliki waktu cukup untuk mengerjakan kembali soal yang sulit. 

5. Mengusir Rasa Gugup Menjelang Ujian

Masalah non-teknis yang paling sering terjadi adalah perasaan gugup, grogi, atau bahkan panik. Perasaan gugup berlebihan ini hal yang wajar, dan dialami oleh hampir semua orang. Namun, kamu perlu mencari cara untuk mengatasinya agar tidak mengganggu konsentrasi dalam mengerjakan PTS nanti. 

Salah satu cara paling efektif untuk mengurangi kegugupan adalah mensimulasikan hal yang akan kamu hadapi secara berulang-ulang. Dalam hal ini, kamu bisa berlatih mengerjakan soal-soal PTS  melalui platform edukasi teknologi. Dengan membiasakan diri menghadapi soal-soal ujian, secara psikologis otak dan kondisi hatimu akan cenderung lebih tenang dan terbiasa. Hasilnya, kamu akan mengerjakan soal-soal ujian dengan lebih tenang dan fokus. 

"Penilaian Tengah Semester adalah salah satu momen penting bagi perjalanan akademis setiap siswa. Tiap siswa perlu menunjukkan kemampuan terbaik mereka, atas proses belajar yang telah mereka lakukan selama setengah semester ini untuk menentukan langkah pendidikan mereka ke depannya. Selain persiapan dari segi akademis, persiapan diri secara fisik dan mental juga menjadi penting untuk diperhatikan agar tiap siswa dapat menghadapi PTS dalam kondisi terbaik," ujar Founder dan Chief Education Officer Zenius, Sabda PS.

Zenius menyediakan materi-materi untuk menghadapi PTS seperti playlist belajar dan latihan soal, simulasi ujian sekolah, hingga pembahasan PTS langsung dari tutor. Keseluruhan materi ini disediakan untuk melatih siswa dalam memahami konsep dari sebuah pelajaran dan bukan sekadar hafalan. 

Sementara itu, dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (UTBK SBMPTN) kemarin, survei internal Zenius mengungkapkan 7 dari 10 penggunanya menyatakan lolos UTBK tahun ini. Pencapaian ini naik 15% dari tahun ajaran sebelumnya. 

Seperti yang disampaikan oleh salah satu pengguna Zenius, Muhammad Romi Satria Adhi Makayasa yang sekarang melanjutkan studi di Teknik Mesin ITB. "Belajar dengan Zenius menyadarkan saya bahwa fundamental skills berperan sangat penting bagi banyak hal, termasuk untuk pembelajaran UTBK. Fitur Live Class juga membuat saya semakin jeli dalam mengerjakan materi-materi yang sudah dipelajari sebelumnya di sekolah. Akhirnya pada UBTK tahun 2021 ini, saya berhasil lolos 4 PTN sekaligus yaitu UI, ITB UGM, dan UNS," ungkapnya. 

Semoga tips di atas bisa membantu kamu dalam persiapan menghadapi PTS. Jika kamu sudah melakukan segala usaha terbaik, yakinlah bahwa kamu juga akan mendapatkan hasil yang terbaik. (cdr)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali


Lebih Lengkap

Trending

Pentingnya Sertifikasi Manajer Sumber Daya Manusia MSDM dan Fungsinya dalam Perusahaan

Pentingnya Sertifikasi Manajer Sumber Daya Manusia MSDM dan Fungsinya dalam Perusahaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali


Kavling Jonggol Tanah Kavling dengan Harga Bersahabat di Lokasi yang Menjanjikan

Kavling Jonggol Tanah Kavling dengan Harga Bersahabat di Lokasi yang Menjanjikan


Investasi Tanah 70an Juta dengan Prospek Terbaik di Kavling Jonggol Angsuran 12 Kali BONUS PONDASI

Investasi Tanah 70an Juta dengan Prospek Terbaik di Kavling Jonggol - Angsuran 12 Kali BONUS PONDASI


Investasi Tanah Murah Strategis di Bogor Timur 50 Jutaan

Investasi Tanah Murah Strategis di Bogor Timur 50 Jutaan


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru