Berita Nasional Terpercaya

Luhut Tantang Wuling Jual Mobil Listrik di Indonesia Tahun 2022

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan menantang produsen mobil asal Tiongkok, Wuling, untuk segera memasarkan mobil listrik di dalam negeri tahun depan.

Dorongan itu untuk merealisasikan rencana pemerintah untuk mempercepat program elektrifikasi kendaraan bermotor di Indonesia, sebagaimana telah tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019.

“Kalau bisa dipasarkan secepatnya, akhir 2022 agar masyarakat juga bisa beralih ke mobil listrik lebih cepat,” kata Luhut, Jumat (1/10/2021).

Pesan Luhut ini disampaikannya secara langsung saat mengunjungi pabrik PT SGMW (Wuling Motor Indonesia) di Karawang, Jawa Barat untuk mengetahui perkembangan produksi mobil listriknya. Waktu itu, ia didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Ayodhia Kalake, Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Septian Hario Seto, serta Penasehat Khusus Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Jona Widhagdo Putri.

Dalam kesempatan sama, Wuling juga memamerkan kelebihan mobil listrik mereka, Wuling E100 dan Wuling Mini EV (Hongguang). Beberapa diantaranya, konektivitas 5G, platform GSEV yang bisa digunakan untuk logistik tanpa pengemudi (otonom), sampai komputasi awan.

Baca juga: Inilah 3 Poin Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Mobil Listrik Indonesia Mulai Beredar

Tetapi, tidak ada pernyataan lebih jauh terkait target yang diberikan oleh Luhut itu.

“Kami serius untuk membawa teknologi dan berinvestasi dalam jangka panjang di Indonesia dalam rangka memasuki era elektrifikasi kendaraan. Tentunya, Wuling juga membutuhkan dukungan pemerintah untuk itu,” ujar President Director Wuling Motors, Shi Guoyong.

“Realisasi investasi Wuling di Indonesia dimulai dari pembangunan fasilitas untuk produksi dan supplier park dengan standar kualitas global. Kemudian, hingga kini kami telah menghadirkan lini produk berkualitas di pasar Indonesia, bahkan telah menjadi komoditas ekspor,” imbuhnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.