Berita Nasional Terpercaya

Google adalah Sumber Informasi

0

BERNAS.ID – Saat ini orang-orang bisa mendapatkan berbagai macam informasi melalui mesin pencari, salah satu mesin pencari yang sangat baik dan terbesar saat ini adalah Google. Google mampu melakukan berbagai macam hal untuk dapat membantu orang-orang menemukan informasi relevan yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Google juga memiliki produk lainnya yaitu Google Cendekia dan Google Buku, yang dapat mempermudah anda dalam pencarian sumber-sumber informasi yang berupa teks, karena produk google tersebut bisa melakukan beberapa pencarian lebih banyak hasil dari database perpustakaan tradisional yang dimilikinya.

Para Pengguna internet dapat mencari informasi dan dapat mengakses sumber digital yang memiliki tautan teks lengkap, kutipan, atau alat bantu dalam pencarian arsip sehingga bisa dijadikan kutipan di dalam karya tulis anda, dan tanpa biaya mahal untuk mendapatkan semua informasi yang anda butuhkan. Dengan Google anda juga bisa mencari berbagai literasi termasuk gambar dan teks, disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Baca Juga : Kenapa SEO Penting Untuk Website?

Google search engine atau mesin pencari serta turunannya diyakini bisa memudahkan anda menemukan sumber informasi utama dan berkualitas. Memberikan hasil pencarian yang lebih baik, dan lebih relevan, dan Google dianggap sebagai sumber yang bisa dipercaya untuk menemukan dan memberikan informasi di sebuah website.

Namun anda membutuhkan pengetahuan serta keterampilan di dalam menemukan informasi yang berkualitas dalam menggunakan google search engine secara baik.

Pengetahuan tentang sumber utama di dalam aspek yang terkait seperti karakteristik sumber utama serta kelebihan dan kekurangan sumber utama, dan jenis-jenis merupakan yang tidak boleh dikesampingkan. 

Keterampilan di dalam mencari dan menelusuri informasi yang berkualitas tersebut yang menggunakan google search engine dan turunannya itu juga keterampilan yang harus diasah terus menerus sampai menjadi keterampilan yang menyatu dengan penelusuran informasi sumber utama. 

Mengingat sumber utama informasi online yang ada pada google terutama yang ada pada google book ini sering tidak utuh, maka pencari informasi juga bisa mendapatkannya di beberapa situs gratis lainnya yang didapatkan dari google yang menyediakan informasi buku, ada juga artikel yang ditelusuri di google scholar sering ada yang berbayar, bisa anda ditemukan di situs-situs gratis lainnya yang muncul di halaman pencarian google. 

Namun peran yang tidak kalah pentingnya adalah perpustakaan google harus menyediakan sumber informasi terbaik untuk yang dibutuhkan oleh pencari informasi yang menjadi kebutuhan mereka.

Kesimpulan

Google memberikan informasi yang sangat beragam, termasuk informasi yang tak berasal dari sumber yang memiliki otoritas. Sumber informasi yang utama adalah dibutuhkan untuk mendukung argumen dan teori sebagai alat dasar untuk bisa membantu menemukan kebenaran informasi tentang orang, peristiwa, foto/gambar dan permasalahan/masalah dalam penelitian atau karya tulis.

Google search engine serta turunannya diyakini bisa memudahkan anda menemukan sumber informasi utama berkualitas. Memberikan hasil yang sangat baik, sangat relevan, dan menjadikan Google dianggap sebagai sumber utama yang dapat dipercaya untuk menemukan informasi di website.

Namun, dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan dalam menemukan informasi yang berkualitas dan menggunakan  google search engine secara baik. Tidak asal-asalan dalam mencari sebuah informasi atau data yang benar-benar Valid. 

Demikian juga halnya di dalam pemilihan menggunakan kata kunci yang tepat, suatu hal adalah harus dicoba terus – menerus sampai anda bisa menemukan sebuah cara yang tepat untuk hasil pencarian terbaik di Google.

Sekian pembahasan tentang Google adalah sumber informasi, Semoga Bermanfaat.

 

(Harry Patty)

Leave A Reply

Your email address will not be published.