Berita Nasional Terpercaya

Jokowi Tidak Ingin Bangsa Ini Menjadi Tukang Gali Saja

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertekad untuk mengubah kebijakan tambang yang hanya menjual sumber daya alam yang masih mentah saja. Ia ingin Indonesia mengolah sumber daya alam yang mentah sehingga mempunyai nilai tambah.

Mantan Walikota Solo ini pun mengenang kembali langkah Pemerintah saat mengambil alih mayoritas saham PT Freeport Indonesia. Menurutnya, keputusan itu diambil agar bangsa Indonesia sepenuhnya menikmati hasil kekayaan alam sepenuhnya.

“Anugerah yang diberikan Allah kepada kita betul-betul sangat luar biasa besarnya. Kalau tambang ya kita jangan menjadi hanya tukang gali saja,” tutur Jokowi di Istana Negara, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga: Alumni Geologi Angkatan 83 UGM Kritisi Sistem Tender Usaha Pertambangan

Orang nomor satu di Indonesia ini menceritakan jika Indonesia hanya menjual hasil tambang mentah saja maka negara-negara lain yang mengolah sumber daya alam dismelternya masing-masing. Lalu, selesai diolah, hasilnya akan dijual kembali ke Indonesia dengan harga tinggi. “Inilah setahap demi setahap, harus mulai kita hilangkan,” katanya.

Ia mengatakan, pola pikir yang sama juga harus diterapkan di bidang lain seperti bidang perikanan dan perhutanan. “Kita nggak boleh lagi hanya jadi tukang tangkap ikan, harus ada industri pengolahannya di sini,” tuturnya.

“Atau pada saat kita mendapatkan kayu, hanya tebang, tebang, tebang, tapi enggak ada industri perkayuan,” imbuhnya.

Diketahui, Indonesia telah mengakuisisi 51,23 persen saham Freeport Indonesi dari Freeport-McMoran pada tahun 2018. Sebelumnya, Indonesia cuma punya 9,36 persen saham dan 90,64 persen dimiliki oleh Freeport-McMoran. (jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.