Alexa Certify
close
  • Bernas.id

Sejenak Santui di Tamsui, Menikmati Kuliner Street Food

Sejenak Santui di Tamsui, Menikmati Kuliner Street Food

TAIWAN, BERNAS.ID - Berwisata kuliner sekaligus bersilaturahmi di negeri Formosa itu sangatlah menyenangkan. Apalagi bila bersama teman-teman. Bermula dari obrolan ringan di grup line, janjian, membuat kesepakatan, lalu menyebarkan pengumuman di grup. Sesederhana itu. Hanya perlu sekitar dua hari untuk berkoordinasi. 

Stasiun MRT Tamsui, Taiwan (foto: Dito Anurogo/Bernas.id)

Tepat di hari Senin,11 Oktober 2021, sekitar jam dua hingga tiga sore, berkumpullah sepuluh diaspora Indonesia. Mereka adalah Awan Gurun Gunarso (alumnus NTUST), Rif Atussaufiyah (mahasiswi S2 di NTUST), Ahmad Nur Riza (mahasiswa NTUST, Deputi Departemen Akademis dan Profesi FORMMIT Pusat), Yusuf Rahmatullah (mahasiswa NTUST), Nanda Aulia Putri (mahasiswi Lunghwa University of Science and Technology, Deputi Departemen Akademis dan Profesi FORMMIT Pusat), Yusnitah (Universitas Terbuka Taiwan, aktivis Salimah), Aziman Ap (Salimah Taiwan) bersama putra dan putrinya yakni Basmatul Hielwah El-Azmy, Zidna Muflih El-Azmy, dan Dito Anurogo (S3 IPCTRM TMU Taiwan, Ketua Departemen Akademis dan Profesi FORMMIT Pusat, pendiri dan CEO School of Life Institute). 

Perjalanan Menuju Tamsui

Masing-masing orang menempuh perjalanan berbeda menuju Tamsui. Uniknya, sebagian besar belum pernah bertemu satu sama lain. Hanya bermodalkan kepercayaan dan komunikasi via grup line, akhirnya kami semua bisa bertemu di satu tempat di Stasiun MRT Tamsui. 

Baca Juga : Travelling Writing: Kenangan Taiwan Rasa Indonesia

Penulis berangkat dari MRT Taipei 101/World Trade Center (R-03) melalui line merah, melewati 24 stasiun sebelum mencapai Tamsui (R-28), yakni Xinyi Anhe, Daan, Daan Park, Dongmen, Chiang Kai-shek Memorial Hall, NTU Hospital, Taipei Main Station, Zhongshan, Shuanglian, Minquan W. Rd., Yuanshan, Jiantan, Shilin, Zhishan, Mingde, Shipai, Qilian, Qiyan, Beitou, Fuxinggang, Zhongyi, Guandu, Zhuwei, dan Hongshulin. Perjalanan ini memakan waktu sekitar satu jam. 

Pesona Tamsui

Tamsui terletak di barat laut lembah Taipei. Tamsui dikelilingi oleh pegunungan, sungai, serta beragam pemandangan yang memanjakan mata. 

Puluhan destinasi dan atraksi wisata berada di Tamsui, Taiwan. Mulai dari Fort San Domingo (museum historis), Hobe Fort, Former British Merchant Warehouse, Drop of Water Memorial Hall, museum Tamsui Fishie-goodies, objek wisata religius (seperti Kuil Tian Yuen, kuil Wuji Tianyuan), jembatan Lover (atraksi cahaya di sore hingga malam hari), sungai Dan Shui, Universitas Aletheia, Erziping trail (situs jelajah atau pendakian), stasiun Tamsui (situs historis atau bersejarah), Tamsui Old Street (terkenal akan street food-nya), kafe La Vie Rêvée Des Anges, restoran Water Front, gereja Tamsui Presbyterian, rumah sakit Huwei Mackay, dermaga nelayan Tamsui (Tamsui Fishermans Wharf), Tamshui Yuandao Guanyin Temple (landmark tempat bersantai), taman budaya Tamsui (Tamshui cultural park), dan masih banyak lagi destinasi wisata lainnya yang amat sayang bila dilewatkan begitu saja. 

Memesan kue khas Taiwan (foto: Dito Anurogo/Bernas.id)

Wisata kuliner street food di Tamsui, Taiwan (foto: Dito Anurogo/Bernas.id)

Para pengunjung juga akan dimanjakan dengan beragam kuliner jalanan di Tamsui. Sebutlah mulai dari cumi-cumi, A-gei, shrimp roll, bakso ikan (fish ball), telur besi (iron egg, rasanya sedikit manis dan gurih), fish cracker, es krim menara (tower ice cream), fried quail eggs disertai larval fish, dan aneka kuliner lainnya.

Wisata kuliner di Tamsui, Taiwan (foto: Dito Anurogo/Bernas.id)

Sejenak Santui di Tamsui

Kami berjalan-jalan menikmati pemandangan indah di sekitar sungai. Ada beragam kuliner dijual, mainan anak-anak, juga cenderamata khas Taiwan. Saat memesan makanan di salah satu gerai makanan halal, anak-anak merengek meminta naik perahu. 

Memang terlihat dua agen wisata dengan ramah menawarkan tiket bagi siapapun yang ingin mengunjungi pulau Bali (alias Pali Tour). Mengingat cuaca yang kurang bersahabat, maka kami memutuskan kali lain saja mencoba sensasi naik perahu tersebut.   

Ada hal unik yang saya jumpai di Tamsui. Untuk pertama kalinya di Taiwan, saya melihat ada lima gelandangan. Mereka seolah menetap di sudut stasiun Tamsui. 

Terlihat gelandangan di sudut Stasiun Tamsui, Taiwan (foto: Dito Anurogo/Bernas.id)

Kami sempat kesulitan menemukan tempat salat. Beruntunglah ada ruang kosong di stasiun MRT Tamsui. Akhirnya kami melaksanakan salat secara berjamaah. Uniknya, banyak sekali orang yang melihat, bahkan sebagian ada yang mengabadikan momentum saat kami melakukan salat berjamaah. 

 

Ya, benar, kami melakukan salat Ashar dan Maghrib secara berjamaah. Ada anak kecil, tampaknya dari Indonesia, bertanya kepada orangtuanya tentang kegiatan kami. Terdengar jawaban, "Sembahyang".

Shalat berjamaah di sudut Stasiun Tamsui, Taiwan (foto: Nanda Aulia Putri)

Hujan berangin memaksa kami harus berpisah. Terlebih lagi keesokan harinya, semua orang memiliki agendanya masing-masing. Setelah saling berpamitan, kami pulang dengan membawa sejuta kenangan indah. 

"Alhamdulillah, senang sekali, bisa dipertemukan dengan orang-orang yang luar biasa yang mau menyempatkan waktu diantara kesibukan masing-masing. Semoga kegiatan ini tidak sekali saja, dan juga dijadikan pelajaran untuk setiap perjalanan memertimbangkan cuaca dan makanan halal," tulis Nanda Aulia Putri melalui japri di Line. 

Manfaat rihlah (tamasya Islami) ini juga dirasakan oleh peserta, Awan. Tulisnya, "Alhamdulillah bisa ngisi waktu luang saya libur sehari ini." 

Gerai makanan halal di Tamsui, Taiwan (foto: Dito Anurogo/Bernas.id

 

(Penulis : Dito Anurogo, Kontributor Bernas.id di Taiwan)


Berita Terkait

Rekomendasi Untuk Anda

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali


Lebih Lengkap

Trending

Pentingnya Sertifikasi Manajer Sumber Daya Manusia MSDM dan Fungsinya dalam Perusahaan

Pentingnya Sertifikasi Manajer Sumber Daya Manusia MSDM dan Fungsinya dalam Perusahaan


Lebih Lengkap

Bernas TV

Rekomendasi Produk

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali

Tanah Luas dan Murah cocok untuk Investasi di Dekat Calon Ibukota Kabupaten Bogor Timur Angsuran 12 Kali


Kavling Jonggol Tanah Kavling dengan Harga Bersahabat di Lokasi yang Menjanjikan

Kavling Jonggol Tanah Kavling dengan Harga Bersahabat di Lokasi yang Menjanjikan


Investasi Tanah 70an Juta dengan Prospek Terbaik di Kavling Jonggol Angsuran 12 Kali BONUS PONDASI

Investasi Tanah 70an Juta dengan Prospek Terbaik di Kavling Jonggol - Angsuran 12 Kali BONUS PONDASI


Investasi Tanah Murah Strategis di Bogor Timur 50 Jutaan

Investasi Tanah Murah Strategis di Bogor Timur 50 Jutaan


Lihat Lebih Banyak
keyboard_arrow_up

Buka Link Pada Tab Baru