Berita Nasional Terpercaya

Keuangan Kian Terpuruk, Begini Opsi Penyelamatan Garuda Indonesia

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga buka-bukaan terkait kondisi keuangan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang saat ini dikabarkan kian terpuruk. Bahkan, maskapai nasional itu sempat diisukan bakal mendapat penyertaan modal negara (PMN) hingga operasionalnya akan digantikan oleh Pelita Air.

Ia mengatakan kondisi keuangan Garuda memang tengah sulit di tengah banyaknya utang kepada sejumlah kreditur (lessor). Hal ini terjadi karena kesalahan tata kelola dan manajemen yang terdahulu.

Kondisi bisnis perusahaan semakin diperburuk dengan tekanan pandemi COVID-19, di mana berbagai aktivitas dan mobilitas masyarakat dibatasi.

“Kita tahu kondisi Garuda seperti ini karena dulu itu kan ugal-ugalan penyewaan pesawat yang dilakukan pihak Garuda dan parah lagi dengan kondisi Corona saat ini,” ucap Arya, Minggu (24/10/2021).

Dengan kondisi keuangan saat ini, ia meneruskan, pemerintah dan manajemen Garuda tengah menempuh langkah restrukturisasi. Salah satunya dengan menegosiasikan berbagai utang-utang perusahaan kepada lessor.

“Harapannya, negosiasi berhasil. Hanya dengan cara negosiasi ini lah, dengan pemilik piutang dari Garuda itu yang kita harapkan, dan kalau ini berhasil, Garuda akan tetap bisa jalan,” ungkapnya.

Baca juga: Menanti Aksi Penyelamatan Garuda Indonesia

Arya mengatakan bila langkah negosiasi ini gagal, pemerintah akan mencari cara lain untuk menyelamatkan bisnis Garuda, khususnya agar maskapai pelat merah itu tetap mendapat sewa pesawat. Tujuannya, agar perusahaan tetap bisa menjalankan bisnis dalam rangka mencari pendapatan.

“Kalau negosiasinya gagal baru kita cari cara lain dan kita akan carikan langkah-langkah untuk supaya BUMN ini tetap memiliki pesawat,” sambung dia.

Walau begitu, ia menampik bahwa langkah selanjutnya dari pemerintah adalah berupa pemberian PMN. Justru, menurutnya, pemerintah menghindari opsi ini karena membutuhkan dana yang besar.

“Mengenai opsi bakal apakah akan ada PMN dan sebagainya, seperti yang sudah disampaikan bahwa kita saat ini berusaha betul supaya sedikit-sedikit tidak disuntik PMN, jangan. Kita harus bangun yang namanya BUMN yang sehat. Jadi kita tidak berusaha [memberi PMN], belum ada usaha untuk menyuntikkan,” tegas Arya.

Di samping membantah rencana pemberian PMN, ia juga enggan membahas soal opsi penggantian operasional Garuda oleh Pelita Air bila maskapai tidak bisa mengudara lagi.

“Soal opsi mengenai Pelita, itu nanti lah. Yang utama sebenarnya adalah kita berusaha terus dan berjuang untuk bisa bernegosiasi dengan para lessor,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.