Berita Nasional Terpercaya

12 Indikator Keluarga Sehat: Acuan Kesehatan Masyarakat Indonesia

0

Keluarga sehat jadi salah tolak ukur penting bagi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Indikator keluarga sehat merupakan patokan utama dalam memajukan Program Indonesia Sehat yang dicanangkan pemerintah sejak tahun 2015.

Keluarga sehat adalah salah satu acuan dan solusi generasi masa depan Indonesia. Keluarga sehat merupakan keluarga yang masing-masing anggota keluarganya dalam kondisi sejahtera secara fisik dan mental.

Sehingga, secara personal dan kelompok, dapat hidup baik di lingkungan masyarakat. Untuk itu, indikator keluarga sehat jadi standar penting yang mesti dimiliki sebuah keluarga.

Baca juga: Aplikasi Keluarga Sehat: Pengertian, Cara Pakai, Fitur, dan Manfaat

12 Indikator Keluarga Sehat Indonesia

Sasaran utama indikator keluarga sehat adalah keluarga inti (ayah, ibu, dan anak). Keluarga inti dikatakan sebagai keluarga sehat, bila memenuhi 12 indikator yang ditetapkan.

Berikut ini 12 indikator keluarga sehat Kemenkes RI:

1. Mengikuti Program Keluarga Berencana (KB)
Salah satu indikator wajib keluarga sehat adalah mengikuti program KB. Adanya program ini ditujukan agar jumlah penduduk Indonesia dapat ditekan. Sebuah keluarga sehat diharapkan mengikuti program KB yang sudah hadir di area domisilinya.

Selain itu, program KB juga bermanfaat bagi individu di keluarga. Seperti, memastikan tiap anak mendapat pasokan ASI yang memadai, memastikan tiap anak mendapat pola asuh yang maksimal, dan lain sebagainya.

2. Persalinan di Fasilitas Kesehatan
Fasilitas kesehatan merupkan rujukan terbaik bagi persalinan seorang ibu. Sebab, sang ibu akan mendapat dukungan proses kehamilan yang memadai, aman, dan minim risiko kesehatan.

3. Imunisasi Lengkap Untuk Bayi
Imunisasi adalah cara agar bayi mendpat perlindungan dari penyakit berbahaya di masa depan, seperti polio, difteri, atau campak.

Imunisasi bisa didapatkan di puskesmas, rumah sakit, atau fasilitas kesehatan lain. Imunisasi pun bisa didapatkan dengan gratis atau pun berbayar.

Baca juga: Masyarakat Kembali Diingatkan Potensi Penularan COVID-19 Lewat Keluarga dan Kantor

4. ASI Eksklusif Untuk Bayi
Air Susu Ib (ASI) adalah salah satu sumber nutrisi utama bagi bayi. ASI bisa memberikan banyak manfaat bagi bayi. Seperti, perlindungan dari penyakit, pendukung pertumbuhan otak anak, dan lain sebagainya.

5. Pantauan Pertumbuhan Untuk Balita
Balita dalam keluarga sehat wajib mendapatkan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan. Aktivitas pemantauan ini dilakukan oleh kader-kader kesehatan setempat.

Sejumlah indikator dalam pemantauan pertumbuhan balita merupakan tolak ukur tingkat perkembangan balita.

6. Penderita TBC Paru Mendapat Pengobatan Sesuai Standar
TBC (Tuberkolosis) Paru adalah jenis penyakit yang menular dan membahayakan. Penanganan TBC yang tidak tepat dan sesuai standar akan meningkatkan risiko kesehatan penderita dan orang-orang di sekitarnya.

Karenanya, penanganan penderita TBC paru yang sesuai standar adalah kewajiban dan jadi indikator keluarga sehat.

7. Penderita Hipertensi Menjalani Pengobatan yang Teratur
Hipertensi adalah salah satu penyakit yang sering sekali dilupakan. Padahal efek negatifnya cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Karenanya, pengobatan yang teratur bagi penderita hipertensi wajib dilakukan keluarga sehat.

8. Penderita Gangguan Jiwa Memperoleh Pengobatan dan Tidak Diabaikan
Gangguan jiwa memang mampu menurunkan kualitas kehidupan pribadi dan keluarga. Padahal, bila ditangani dengan baik, orang dengan gangguan jiwa dapat disembuhkan.

Baca juga: Keluarga Aman dari Penularan Covid-19, Ini Pesan Dokter Reisa

Oleh sebab itu, bila ada orang dengan gangguan jiwa maka sebaiknya segera diarahkan ke psikiater untuk memperoleh pengobatan yang layak.

9. Tidak Ada Perokok di Dalam Anggota Keluarga
Asap rokok mengandung sejumlah zat berbahaya bagi kesehatan. Apabila ada perokok dalam keluarga, maka akan ada risiko terpapar asap rokok ke non-perokok.

Padahal risiko kesehatan yang dialami perokok dan non-perokok hampir sama berbahayanya. Karenanya, keluarga sehat adalah keluarga yang anggotanya tidak merokok.

10. Anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
Menjadi anggota JKN dari BPJS Kesehatan merupakan salah satu indikator penting keluarga sehat. Adanya asuransi kesehatan JKN berarti memudahkan anggota keluarga mendapat layanan kesehatan yang baik dan minim biaya.

11. Akses Sarana Air Bersih
Air bersih adalah salah satu kebutuhan utama manusia. Sarana air bersih yang baik akan meningkatkan kualitas kesehatan dan kehidupan keluarga sehat.

12. Akses Sanitasi Yang Layak
Akses sanitasi yang layak adalah salah satu ciri keluarga sehat. Sanitasi yang layak dan baik akan memudahkan tiap anggota keluarga buang air besar/buang air kecil yang baik, layak, sehat, dan minim risiko.

12 indikator keluarga sehat di atas adalah acuan utama bagi Kemenkes RI untuk mengembangkan berbagai kebijakan kesehatan demi Indonesia sehat di masa depan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.