Berita Nasional Terpercaya

Inilah 7 Daftar Aplikasi Investasi Resmi Versi OJK

0

Bernas.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dikenal dengan slogan “Mengatur, Mengawasi, Melindungi untuk Industri Keuangan yang Sehat” yang kemudian direalisasikan dalam bentuk tugas melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor industri perbankan, industri keuangan non bank, dan sektor pasar modal meliputi aplikasi saham dan investasi lainnya.

Dalam melakukan pengawasan di sektor pasar modal, OJK aktif memperbarui data perusahaan efek mana saja yang aman dan dijamin oleh OJK. Mengutip dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan, per 30 Juni 2021 ada 123 perusahaan efek yang terdaftar di OJK. Sebagian dari perusahaan efek tersebut meluncurkan aplikasi investasi dalam rangka adaptasi terhadap transformasi digital.

Daftar Isi :

  1. Pluang
  2. LandX
  3. Bareksa
  4. Bibit
  5. Tanamduit
  6. Stockbit
  7. Ajaib

Baca juga: Mengenal Apa Itu Saham dan Investasi dengan Benar

Pluang

Pluang

Pluang menargetkan seluruh lapisan masyarakat mampu menjangkau produk-produk keuangan sehingga Pluang membuka akses terhadap investasi secara terbuka dan lebih luas serta menawarkan berbagai kemudahan. Kemudahan ini tercermin dari ragam produk investasi yang menyesuaikan kebutuhan penggunanya.

1. Pluang Emas

Investasi ini dapat dimulai dengan 0,1 gram emas. Besaran emas ini ditampilkan dalam bentuk saldo emas secara digital di aplikasi Pluang. Selain itu, investor dapat menjual dan membeli emas kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi. Menaruh investasi dalam bentuk emas adalah pilihan yang baik karena emas memiliki julukan safe heaven, yaitu produk dengan harga yang stabil dan cenderung naik serta mudah dilikuidasi

2. Pluang S&P 500

Aplikasi Pluang dapat memberikan akses berinvestasi ke pasar saham Amerika melalui kehadiran micro e-mini S&P index future yang diperdagangkan pada bursa Chicago Mercantile Exchange. Pembelian dapat dimulai dari 1 unit dengan harga 44 dolar atau setara kurang lebih 600 ribu rupiah.

3. Pluang Aset Kripto

Pluang ini cocok untuk investor yang ingin mendapatkan keuntungan dengan cepat. Pergerakan harga aset kripto yang fluktuatif dimanfaatkan oleh investor untuk meraih keuntungan. Salah satu aset kripto yang tersedia di Pluang adalah Bitcoin.

4. Pluang Grow

Produk ini memfasilitasi investor untuk melakukan transaksi perdagangan saham dan obligasi. Investor dapat berinvestasi mulai dari 15 ribu rupiah untuk membeli jenis reksadana yang diinginkan.

Baca juga: Inilah 7 Aplikasi Trading Saham Terdaftar OJK

LandX

LandX

LandX adalah platform penggalangan dana untuk pengembangan UMKM dan startup dan orang yang berpartisipasi dalam hal ini mendapatkan imbalan berupa saham. Jadi aplikasi ini menawarkan investasi pada sektor bisnis.

Sebagai aplikasi investasi, LandX menjamin keamanan investasi dengan meminimalisir resiko kegagalan bisnis karena semua bisnis yang sedang berjalan di aplikasi trading saham ini memiliki aset properti bernilai tinggi. Selain itu, investor dapat membeli saham, sukun, atau obligasi dalam proyek bisnis ini.

Baca juga: Mari Mengenal Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen

Bareksa

Bareksa

Aplikasi Bareksa memiliki fitur  simulasi pergerakan dana untuk setiap produk. Fitur ini mampu memberikan kemudahan bagi investor pemula untuk memahami keputusan investasinya. Kemudahan lainnya, pendaftaran di aplikasi Bareksa dapat dilakukan secara online tanpa dokumen fisik satupun.

Tidak tanggung-tanggung, Aplikasi Bareksa menawarkan 150 produk reksadana baik reksadana konvensional maupun reksadana syariah serta didukung oleh lebih dari 50 manajer investasi yang siap membantu pengguna aplikasi. Digitalisasi aplikasi Bareksa lebih matang dengan terhubungnya aplikasi ini ke berbagai metode pembayaran berupa dompet digital dan transfer bank.

Baca juga: 4 Cara Menghitung Harga Saham Per Lembar Agar Tidak Terkecoh

Bibit

Bibit

Aplikasi Bibit dipersembahkan untuk para investor pemula. Bibit akan membantu investor pemula dalam berinvestasi melalui skrining awal berdasarkan profil, usia, penghasilan, risiko dan target investasi. Penggunaan aplikasi Bibit semakin mudah karena aplikasi ini terhubung dengan berbagai dompet digital atau e-wallet.

Selain itu, minimal transaksi untuk memulai investasi hanya dipatok sebesar 10.000 rupiah, tentu saja hal ini semakin memudahkan para investor pemula. Tak hanya melayani transaksi saham, aplikasi Bibit pun menyediakan beberapa pilihan investasi, seperti saham syariah dan obligasi.

Baca juga: 4 Cara Akurat untuk Menentukan Support dan Resistance Harga Saham

Tanamduit

Tanamduit

Tanamduit memfasilitasi investor untuk berinvestasi pada berbagai instrumen, yaitu surat berharga negara (SBN), reksadana, asuransi, dan emas. Reksadana adalah investasi ke berbagai tempat, seperti obligasi, deposito, dan saham untuk dikembangkan agar mendapat keuntungan.

Investasi reksadana melalui aplikasi Tanamduit dijamin aman karena aplikasi ini diawasi oleh OJK. Berinvestasi dalam bentuk reksadana dapat dimulai dari 10 ribu rupiah dan perkembangan investasinya dapat diamati secara langsung melalui aplikasi Tanamduit serta pencairannya dapat dilakukan dengan cepat. Di samping fitur investasi, aplikasi Tanamduit juga menyediakan fasilitas edukasi berupa konten yang memuat informasi tentang One View Portofolio yang memberikan gambaran pergerakan investasi.

Baca juga: 9 Perusahaan Farmasi Indonesia yang Terdaftar di BEI

Stockbit

Stockbit

Stockbit adalah aplikasi saham yang berada dikelola oleh PT Sinarmas Sekuritas dan legalitasnya dijamin oleh Otoritas Jasa Keuangan. Aplikasi Stockbit tergolong sebagai aplikasi komunitas saham dalam jaringan dengan skala besar sehingga memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk berpartisipasi dalam proses diskusi tentang investasi bersama trader yang berasal dari seluruh penjuru dalam suatu komunitas.

Keamanan aplikasi Stockbit dijamin dengan fitur Touch ID dan pengguna aplikasi dapat melakukan transaksi perdagangan saham melalui aplikasi secara langsung. Selain itu, aplikasi Stockbit menyuguhkan fitur virtual trading dan simulasi trading yang disesuaikan dengan fluktuasi data real time di Bursa Efek Indonesia.

Baca juga: 5 Perusahaan Teknologi Indonesia yang Terdaftar di BEI

Ajaib

Ajaib

Ajaib adalah aplikasi investasi di bawah naungan Ajaib Group yang berkomitmen untuk membuka akses investasi aman, terpercaya, dan terjangkau. Layanan saham dan reksadana pada aplikasi Ajaib dapat diakses secara online oleh seluruh lapisan masyarakat.

Aplikasi Ajaib memfasilitasi para pemula yang hendak berinvestasi dengan panduan dan rekomendasi produk menguntungkan investor dengan tetap menyesuaikan budgetnya. Selain itu, aplikasi Ajaib memungkinkan para pengguna untuk memulai investasinya dengan uang 10 ribu rupiah.

Itulah daftar aplikasi investasi yang dapat anda gunakan untuk jual beli saham dan instrumen investasi lainnya. Legalitas aplikasi investasi dapat dicek di website resmi Otoritas Jasa Keuangan.

Baca juga: 10 Perusahaan Properti Terbesar di Indonesia yang Meraih Penghargaan

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.