Berita Nasional Terpercaya

Kemendikbudristek Salurkan Kuota Gratis ke Puluhan Juta Penerima

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menyalurkan bantuan kuota gratis internet kepada 21,29 juta penerima di periode November 2021.

Bantuan ini disalurkan kepada 906 ribu nomor peserta didik PAUD, 6,8 juta peserta didik SD, 3,8 juta peserta didik SMP, dan 2,5 juta peserta didik SMA.

Kemudian ke 2,4 juta peserta didik SMK, 41 ribu peserta didik SLB, 22 ribu peserta didik kesetaraan, 1,2 juta guru, 192 ribu mahasiswa vokasi, 3,2 juta mahasiswa akademik, 10 ribu dosen vokasi dan 117 ribu dosen akademik.

Baca juga: Nadiem Makarim: Penegakan Keberagaman Di Sekolah Mulai Dari Seragam dan Atributnya

“Kami berharap bantuan kuota gratis internet menjadi jembatan sebelum proses belajar tatap muka berjalan sepenuhnya. Semoga para peserta didik, guru-guru, dosen, dan mahasiswa memanfaatkan bantuan kuota ini secara maksimal,” kata Mendikbudristek Nadiem Makarim, Minggu (14/11/2021).

Besaran bantuan yang dialokasikan bagi peserta didik PAUD adalah 7 gigabyte (GB) per bulan. Untuk peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah 10 GB per bulan.

Baca juga:100 Ribu Guru Honorer Jadi PPPK, Menteri Nadiem: Porsi Terus Bertambah

Sementara untuk guru pendidikan anak usia dini (PAUD) dan jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah 12 GB per bulan.

Sedangjan bagi mahasiswa dan dosen diberikan bantuan sebesar 15 GB per bulan.

“Masa berlaku kuota data internet ini berlaku selama 30 hari sejak kuota data diterima,” jelas Nadiem.

Keseluruhan bantuan kuota gratis internet di tahun 2021 merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi kecuali yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Lalu yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet Kemendikbudristek.

Pemberian bantuan kuota data internet tahun 2021, telah diumumkan Mendikbudristek pada 8 Agustus 2021 bersama dengan Menteri Keuangan dan Menteri Agama.

Bantuan ini dimaksudkan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas yang masih dikombinasikan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Sebelumnya, Kemendikbudristek mengeluarkan kebijakan pemberian bantuan kuota gratis internet untuk membantu akses informasi guru,  siswa, mahasiswa, dan dosen dalam menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi COVID-19.

Di tahun 2020, Kemendikbudristek telah memberikan kuota gratis internet untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen selama empat bulan, yakni di bulan September-Desember 2020 senilai Rp 7,2 triliun.

Tahun ini, Kemendikbudristek kembali menyalurkan bantuan kuota gratis internet kepada 24,4 juta pengguna di September 2021. Sedangkan Oktober 2021, telah disalurkan ke 26,6 juta penerima. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.