Berita Nasional Terpercaya

Petugas Damkar Kota Yogyakarta Evakuasi Sarang Tawon Dua Kali Sehari

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta kini sering menerima laporan terkait sarang tawon, jenis tawon vespa. Petugas pun selalu sigap melakukan evakuasi. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta, Octo Noor Arafat mengatakan pihaknya melakukan operasi tangkap tawon (OTT) semalam. Ada dua lokasi OTT, yaitu Prawirotaman dan Wirogunan. 

“Semalam satu regu Mako induk keluar untuk OTT di dua tempat. Semuanya ada di pohon,” katanya, Rabu (15/12/2021). 

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Sebaiknya Anda Tidak Membuang Sarang Tawon Kertas

Ia mengungkapkan OTT di Kota Yogyakarta kini memang meningkat. Lebih dari 150 kasus OTT sudah ditangani oleh Damkarmat  Kota Yogyakarta sepanjang tahun 2021. 

Menurut dia, ada peningkatan OTT pada musim hujan ini. Pasalnya kelembaban udara karena musim hujan dapat menyebabkan peningkatan OTT. 

Selain itu, habitat pohon Vespa yang biasanya di pohon besar sekarang sudah hilang karena padatnya permukiman. 

“Ada beberapa kemungkinan, di antaranya karena habitat mereka yang dulu biasanya bangun sarang di pohon besar, sekarang seiring perkembangan pemukiman sudah banyak yang hilang. Ada juga info bahwa peningkatan bisa jadi disebabkan efek kelembaban udara di musim penghujan,” ungkapnya. 

Ia juga mengimbau masyarakat yang menemukan sarang tawon vespa untuk menghubungi Damkarmat Kota Yogyakarta.

Baca juga: Pemadam Kebakaran Jogja Banyak Lakukan Penyelamatan, Tapi Bukan Padamkan Api

Petugas akan melakukan evakuasi sarang tawon tersebut. Sebab jika dilakukan asal-asalan, akan membahayakan masyarakat sendiri.

“Kami menghimbau kepada masyarakat jika menemui tawon Vespa (perut kuning), jika tidak memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengevakuasi lebih baik lapor ke Damkarmat,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.