Berita Nasional Terpercaya

Mengenal Paul Pogba, Gelandang Berbakat yang Sempat Dibuang MU

0

BERNAS.ID – Pria kelahiran 15 Maret 1993 dengan nama lengkap Paul Nabile Pogba adalah salah satu pemain sepak bola  terbaik dunia yang bermain untuk Manchester United. Pogba lahir dan tumbuh besar di pinggiran timur Kota Paris tepatnya di Lagny- sur- Marne, Prancis. Ia merupakan anak  bungsu dari tiga bersaudara, yakni Mathias dan Florentin Pogba yang  lahir dari pasangan Fassou Antoine dan Yeo Moriba.

Kedua orang tua Pogba merupakan pasangan imigran muslim asal Afrika yang tinggal di Conakry, Guinea, sebelum Pogba lahir. Kepindaan orang tuanya ke Prancis akibat kemiskinan yang saat itu melanda di sana.

Baca Juga: Pesaing Klub Besar, Ini Daftar Pemain Atalanta Terbaru di Serie A

Paul Pogba  mulai bermain sepak bola sejak  usianya menginjak enam tahun. Pogba kecil bermain di klub domestik bernama Roissy- en- Brie, yang markasnya terletak beberapa mil dari tempat tinggalnya. Selama enam tahun ia habiskan di sana sebelum berpindah ke US Torcy di usia 13 tahun. Di US Torcy kemampuan Pogba dalam mengolah si kulit bundar terus berkembang, ia bermain dengan skill standar tinggi di atas rata-rata usia teman sebayanya.

Di musim tersebut  juga, bersama US Torcy Pogba ditunjuk untuk jadi kapten tim. Skill permainannya pun makin hari makin berkembang. Hal itu lah yang membuat ia hanya bertahan semusim di US Torcy karena Le Harve kepincut dengan bakat Pogba kecil. Akhirnya ia menerima tawaran dan ikut bergabung ke klub Le Harve untuk bermain di kompetisi tertinggi Liga Prancis. Debut pertama bersama Le Harve pada musim 2007/09 Pogba langsung adaptif menunjukan bakat permainan terbaiknya, hingga hal tersebut membuat nama Pogba terus diperbincangkan banyak klub eropa yang ingin merekrutnya.

Baca Juga: Daftar Skuad Pemain Manchester United Terbaru Ala Ralf Rangnick

Daftar Isi :

  1. Tentang Paul Pogba
  2. Karir Sepak Bola Paul Pogba di Eropa
  3. Kembali ke Manchester United

 

Tentang Paul Pogba

Nama Lengkap : Paul Labile Pogba

Tempat Lahir : Lagny-sur-Marne, Prancis

Tanggal Lahir : 15 Maret 1993

Nama Istri : Maria Zulay Salaues

Kebangsaan : Prancis

Agama : Islam

Nama Orang Tua : Yeo Moriba (ibu) dan Fassou Antoine (Ayah)

Klub Saat Ini: Manchester United

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : 6-Gelandang

Tinggi Badan : 191 Cm

 

Karir Sepak Bola Paul Pogba di Eropa

Hingga akhirnya pada tahun 2009, secara mengejutkan Pogba mengumumkan dirinya akan bermain untuk  klub raksasa  Premier League Inggris,  Manchester United. Di musim 2012 debut pertamanya dimulai bersama di tim muda United  U-18 di mulai. Dua musim bersama Manchester U-18, Pogba remaja  berhasil menunjukan permainan bola cukup atraktif dan mengesankan. Hal itu mengantarkan  ia  dan rekan rekannya di Manchester muda berhasil memenangkan gelar Youth Cup. Pada Januari 2012 juga jadi titik awal Paul Pogba dipromosikan ke tim senior Manchester United.

Baca Juga: Kembalinya Alegri Melatih Juventus, Ini Daftar Skuad Juventus Terbaru 

Namun, masa-masa sulit harus dihadapi Paul Pogba, ia tak begitu dapat kepercayaan bermain oleh pelatih MU kala itu Sir Alex Ferguson. Hal tersebut membuat ia sulit mendapatkan jam bermain dan sering menjadi penghangat bangku cadangan saja. Akhirnya, pada musim 2012 Pogba memutuskan hengkang dari Manchester United dan memilih untuk bermain bersama klub asal Turin, Juventus. Kedatangan Pogba di Turin waktu itu dengan status free transfer alias gratis.

Di Juventus, Pogba langsung klop di bawah sekema Massimiliano Allegri, bersama juru taktik asal Italia itu ia bermain cukup moncer.  Allegri memberi ia menit bermain yang lama,  serta jadi salah satu pemain penting di lini tengah kekutan I Bianconeri tiap kali berlaga. Selama empat tahun berseragam hitam putih, Pogba  banyak berkontribusi membantu tim meraih beberapa gelar bergengsi. Raihan empat  gelar Serie A berturut turut, serta sejumlah piala bergengsi seperti Coppa Italia dan Super Coppa Italia adalah buktinya.  Musim terbaik Pogba selama di Juventus terjadi pada musim 2015/16. Selain berhasil  mengantarkan Juventus sampai final di Liga Champions,  Paul Pogba juga masuk dalam nominasi pemain terbaik Eropa atau UEFA Team Of The Year.

Baca juga:  Rela Belanja Pemain Hingga Habiskan Rp 3 Triliun, Ini Sekuad Arsenal di Bawah Taktik Arteta

 

Kembali ke Manchester United 

Permainan bagus Pogba di Juventus jadi pukulan telak Manchester United ketika dulu pernah menganggap remeh Pogba Muda. Pada musim 2016 Manchester United secara mengejutkan, The Red Devils berhasil memulangkan kembali mantan pemain yang dulu sempat dinilai gagal bersaing di tim utama United. Saat itu Pogba diboyong ke Old Trafford dengan mahar sebesar 89,3jt euro, serta menjadi pembelian pemain paling mahal di Eropa kala itu mengungguli pembelian Real Madrid pada Gareth Bale.

Baca Juga: Gareth Bale Santer Dikabarkan Hengkang, Pemain-Pemain Ini Dinilai Layak Menjadi Suksesornya

Pogba dengan permainan khas Box To Box dan umpan akurasi kunci yang ia punya, memanjakan para pemain lini depan Manchester United untuk mencetak banyak gol. Selama berkarier bersama Manchester United, Pogba sudah mencetak 35 gol dan 36 dari 186 pertandingan yang dilakoninya di pelbagai kompetisi. Capain terbaik Pogba terjadi pada musim 2017/2018  yang mana pada musim tersebut ia berhasil memenagkan gelaran UEFA Europa League. Sementara di level Timnas Prancis, Pogba jadi salah satu sosok penting keberhasilan Les Bleus meraih trofi piala dunia di Russia 2018 silam.  

Meski sempat dikabarkan kurang bahagia dan ingin hengkang dari Manchester United, hingga saat ini Paul Pogba masih bermain untuk klub yang bermarkas di Old Trafford. Mengenai kepribadian, Pogba dikenal sebagai pria yang taat beragama. Ia diketahui kerap melakukan ibadah umroh ke tanah suci di sela kesibukan karirnya sebagai pesepak bola. Pogba juga telah dikaruniai satu anak laki-laki dari sang istri bernama Maria Zulay Salaues.

Baca juga: Juara Terbanyak Liga Champions, Ini Daftar Skuad Real Madrid Bersama Carlo Ancelotti

Leave A Reply

Your email address will not be published.