Berita Nasional Terpercaya

Mengenal Cryptowatch, Situs Pengamat Cryptocurrency

0

Bernas.id – Sejak 2013 pamor cryptocurrency melonjak. Banyak berita terkait cryptocurrency yang dirilis oleh berbagai media. Cryptocurrency adalah mata uang virtual atau digital yang keamanannya dijamin oleh kriptografi sehingga peluang dipalsukannya sangat kecil yang didukung dengan adanya cryptowatch.

Penggunaan cryptocurrency sebagai alat pembayaran belum diterima oleh berbagai negara, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, sejumlah orang memanfaatkan cryptocurrency sebagai instrumen investasi di bursa. Pergerakan cryptocurrency dalam bursa perdagangan cryptocurrency dapat dipantau melalui cryptowatch.

Daftar Isi :

  1. Pengertian Cryptowatch
  2. Desktop Cryptowatch
  3. The Crypto Watch
  4. Aplikasi Cryptowatch
  5. Jailbreak Cryptowatch

Baca juga: Pentingnya Mengenal Crypto Mining, Khususnya Penambangan Bitcoin

Pengertian Cryptowatch

Pengertian Cryptowatch

Cryptowatch adalah situs website populer yang menawarkan pemantauan grafik dan operasi cryptocurrency di bursa. Keberadaan cryptowatch membantu pengguna untuk menganalisa pergerakan pasar cryptocurrency dan pergerakan perdagangan cryptocurrency. Cryptowatch dibuat oleh Artur Sapek, tapi status kepemilikan cryptowatch dimiliki oleh Beg Kraken sejak 2017 melalui akuisisi. Meski begitu, Arthur tetap mengembangkan platform cryptowatch sekaligus mengintegrasikan cryptowatch dengan sistem Kraken.

Fungsi Cryptowatch

  • Memudahkan pengawasan pasar cryptocurrency sekaligus memudahkan akses memasuki perdagangan cryptocurrency
  • Membantu analisa pasar cryptocurrency melalui sajian visualisasi data, seperti volume, harga, grafik permintaan, dan lainnya. Setiap warna yang tampil pada grafik memiliki makna untuk membantu pengguna menganalisis pergerakan aset kripto miliknya.
  • Mendukung kecepatan perdagangan kripto karena cryptowatch dapat digunakan melalui smartphone sehingga mudah dibawa dan dilakukan di mana saja.

Baca juga: Apa Itu Crypto Coin? Begini Fungsi dan Jenisnya

Desktop Cryptowatch

Desktop Cryptowatch

Selain dalam bentuk website, cryptowatch juga hadir dalam bentuk aplikasi. Desktop Cryptowatch merupakan aplikasi desktop berupa platform yang diciptakan agar pengguna dapat mengakses kondisi pasar melalui layar. Dampaknya, pengguna dapat memantau kondisi pasar kripto global secara real time. Aplikasi ini dinilai lebih responsif dan lengkap dibanding versi website.

Desktop Cryptowatch memiliki versi stabil 0.3.2 dengan ciri-ciri:

  1. Menyediakan fitur penyesuaian tampilan layar untuk pengguna. Pengguna dapat mengatur prioritas menu yang paling diminati dan dibutuhkannya, seperti pergerakan harga.
  2. Aplikasinya ringan dan tidak memakan banyak memori. Namun, performa aplikasi tetap cepat. Desktop Cryptowatch didesain untuk pemakaian harian tanpa menghabiskan daya berlebihan.
  3. Pengguna dapat mengatur privasi atas berbagai panel yang ada
  4. Terintegrasi secara global

The Crypto Watch

The Crypto Watch

Popularitas hardware crypto wallet meningkat seiring cryptocurrency semakin diminati banyak orang. Aset kripto diamankan melalui enkripsi flash drive pada crypto wallet. Namun, keamanan flash drive dipertanyakan. Membawa flash drive bepergian jelas tidak aman dan beresiko hilang. Oleh karena itu, perlu perangkat khusus untuk mengamankan flash drive.

Berdasarkan keresahan atas keamanan flash drive, muncul ide untuk menggabungkan crypto wallet dengan jam tangan. Tak butuh waktu lama, cryptowatch pun dirilis. Flash drive dapat dibawa kemanapun dengan aman. The Crypto Watch menyembunyikan flash drive di balik desain jam tangan yang aman dan nyaman.

Jam tangan yang diklaim sebagai pengaman aset kripto (cryptowatch) ini memiliki spesifikasi dan fitur yang mumpuni. Dihadirkan dalam mode analog dan digital, The Crypto Watch tampak indah dengan luaran berbahan baja dan tali dari kulit asli. Selain itu, layarnya berupa LCD yang responsif saat disentuh dengan perlindungan 25m imersi kristal safir.

Dilengkapi dengan chip mikroprosesor, crypto watch dapat mengamankan data sensitif dan aktivitas aplikasi, seperti proses pembayaran. Sistem operasi internal pun terlindungi dari serangan malware. Sebagai bagian dari pengamanan pula, akses pengguna ke dalam aplikasi harus melalui autentikasi terlebih dulu.

Baca juga: Mengenal Cryptokitties, Game Penghasil Uang

Aplikasi Cryptowatch

Aplikasi Cryptowatch

Ada pula aplikasi sederhana yang mudah digunakan melalui komputer atau smartphone bernama Cryptowatch App. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengelola aset kripto sekaligus memaksimalkan penggunaan smartphone. Melalui Cryptowatch App pengguna dapat mengirim dan menerima dana serta mengelola aset kripto dan enkripsi dalam satu tampilan layar.

Cryptowatch App mudah diinstall pada semua perangkat. Pengguna aplikasi dapat mengimpor berbagai data akun yang terdaftar di hardware wallet crypto dalam sekali ketuk. Seluruh jenis cryptocurrency, seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple dan lainnya dapat dilihat melalui Cryptowatch App tanpa berpindah akun. Aplikasi akan menunjukkan nilai aset kripto pengguna secara real-time.

Berbagai fitur yang disediakan oleh Cryptowatch App antara lain pemeriksaan saldo, transfer aset kripto, pertukaran kripto, serta informasi dan sejarah transaksi pengguna. Di samping itu, aplikasi ini mendukung 85 cryptocurrency yang berasal dari ERC-20 maupun berbentuk token, seperti Bitcoin, ETH, Sen, Dogecoin, dan EOS.

Jailbreak Cryptowatch

Jailbreak Cryptowatch

Pengembang software operasi untuk iPhone (iOs) merilis jailbreak pada Cryptowatch dengan tujuan menampilkan nilai cryptocurrency pada bilah status iPhone. Keberadaan fitur tersebut kian memudahkan pengguna sekaligus pelaku cryptocurrency untuk terus memantau aset kripto pilihannya sambil beraktivitas dengan gadgetnya.

Pilihan aset kripto yang ingin ditampilkan di bilah status dapat diatur melalui menu setting atau pengaturan. Jailbreak cryptowatch dapat diunduh secara gratis melalui repositori New Polygons. Fitur ini kompatibel di perangkat iOs 13 dan iOs 14.

Kelebihan cryptowatch tampak dari fitur portofolio view yang memungkinkan pengguna untuk mengatur kepemilikan cryptocurrency di berbagai platform trading. Selain itu, cryptowatch menyajikan halaman korelasi antar jenis cryptocurrency dalam bentuk tabel sehingga pengguna dapat memantau dan menganalisis hubungan antara jenis cryptocurrency yang sama maupun jenis yang berbeda.

Nilai cryptocurrency di cryptowatch secara default ditampilkan dalam dolar Amerika Serikat. Namun, pengguna tetap bisa menyesuaikannya dengan mata uang lain, berupa Euro, Poundsterling, Yen, Yuan, Won, serta BTC atau USDT. Sebagai tambahan, di samping keberadaan cryptowatch untuk memantau pergerakan cryptocurrency, ternyata ada pula chart yang dapat membantu analisa kripto. Misalnya Coincap, Coin Lib, On Chain Fx, Cryptocompare, dan Coin Gecko.

Baca juga: 7 Cryptocurrency Buatan Indonesia untuk berinvestasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.