Berita Nasional Terpercaya

Mengenal Cristiano Ronaldo, Inilah Karir Cemerlang dan Prestasi Sepak Bolanya

0

BERNAS.ID- Nama Cristiano Ronaldo mungkin sudah tidak asing dengan para penggemar sepak bola. Ia dikenal sebagai salah satu  pemain sepak bola terbaik dunia saat ini.  Pesepak bola kelahiran 5 Februari 1985 di Funchal, Madeira, Portugal ini kini bermain untuk The Reds Devils, Manchester United.

Nama lengkapnya adalah Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro yang dilahirkan dari pasangan José Dinis Aveiro (ayah) dan Maria Dolores dos Santos Aveiro (Ibu). Ia merupakan anak bungsu dari empat bersaudara. Kakak laki-laki  Ronaldo bernama Hugo, dan dua kakak perempuanya, bernama Elma dan Liliana Cátia.

Ayah Ronaldo, Jose Dinis sejatinya adalah seorang pengurus kebun, namun ia memiliki pekerjaan sampingan sebagai asisten perlengkapan klub bola.

Hal itulah  yang membuat Ronaldo kecil mulai tertarik dengan sepakbola. Sejak usianya tiga tahun Cristiano sudah mencintai sepak bola, dan ia pertama kali bermain untuk klub Andorinha, sebuah klub amatir di Portugal lima tahun setelahnya. Keseriusan Ronaldo terhadap sepak bola berlanjut, ia mendaftarakan diri berlatih ke The Sporting Academia, sebuah akademi sepak bola milik Sporting CP yang berkedudukan di Alcochete, Portugal kala usianya 16 tahun.

Baca Juga: Selain Memulangkan Cristiano Ronaldo, Ini Daftar Pembelian Pemain The Red Devils Musim 2021/2022

Di sana Ronaldo banyak berlatih mengasah skill dan kemampuan  permainan bolanya. Di tahun kedua  Ronaldo mulai mengisi satarting line up U- 17  Sporting CP yang melakoni pertandingan pertamanya di laga persahabatan melawan klub raksasa lIga Inggris, Manchester United.

Daftar Isi :

  1. Tentang Cristiano Ronaldo
  2. Perjalanan Karir Sepak Bola Cristiano Ronaldo
  3. Karir Gemilang Ronaldo di Real Madrid 
  4. Ronaldo Sebelum Kembali ke Manchester United 

Tentang Cristiano Ronaldo

Nama Lengkap : Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro

Tempat Lahir : Funchal, Madeira, Portugal

Tanggal Lahir : 5 Februari 1985

Nama Istri : Georgina Rodriguez

Kebangsaan : Portugal

Agama : Katholik

Nama Orang Tua : José Dinis Aveiro (Ayah) dan Maria Dolores dos Santos Aveiro (Ibu)

Klub Saat Ini: Manchester United

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : -7 Penyerang

Tinggi Badan : 187 cm

Perjalanan Karir Sepak Bola Cristiano Ronaldo

Pertandingan tersebut yang jadi titik awal perjalanan Cristiano Ronaldo sebagai pemain sepak bola sukses yang kita kenal saat ini. Dalam pertandingan tersebut Cristiano mampu menyarangkan dua gol ke gawang United dengan skor akhir Sporting 3-1 MU.

Hal itu merupakan kekalahan yang mengejutkan bagi  klub sekelas United. Selepas kekalahan tersebut, nama Ronaldo muda terus diperbincangkan para pemain seusai pertandingan, termasuk pelatih Manchester United saat itu Sir Alex Fergusson juga terpukau dengan penampilan Ronaldo muda.

Bakat mengolah bola dan caranya mencetak gol menjadi modal besar Fergei yang berencana memboyongnya ke Old Trafford. Akhirnya, tebusan 12,24  juta Euro pada Sporting sukses mengikat kontrak Ronaldo muda berkarir di Premier League untuk pertama kalinya pada 2003.

Di United, Ronaldo muda langsung disodori nomor punggung tujuh yang  diplot mengantikan ikon klub mereka sebelumnya,  David Beckham.  Hal tersebut juga jadi awal nama ikonik Cristiano Ronaldo dengan sebutan CR7. Debut Ronaldo dimulai saat melawan Bolton Wanderers, ia juga  berhasil membawa kemengan MU dengan skor akhir 4-0.

Baca Juga: Sosok Juan Mata, Raja Asis Eropa yang Kini Meredup di Manchester United

Musim 2006-2009  menjadi musim terbaik Ronaldo di Old Trafford. Ia banyak meraih gelar individu  selama musim tersebut di antaranya  Barclays Player of the Month (2006), PFA Young Player of the Year (2006), Ballon d’Or pertamanya (2008), PFA Players’ Player of the Year (2006),FIFA World Player of the Year Award (2009), dan penghargaan European Golden Shoe pada 2007.

Tercatat selama berseragam United priode 2003- 2009,  Ronaldo sukses melakoni 134 games, 36 gol dan  membantu Setan Merah meraih tiga trofi Premier League dan satu trofi Liga Champions. Meski banyak mendulang kesuksean di United, Ronaldo muda tak mudah puas.  Kemudian pada musim 2009 ia hijrah ke Real Madrid untuk melanjutkan karir sepak bolanya.

Karir Gemilang Ronaldo di Real Madrid 

Di Real Madrid ia datang dengan bandrol 95 Juta Euro dan jadi salah satu pemain termahal sepanjang sejarah klub yang berarkas di Santiago Bernabeu saat itu. Dalam asuhan Jose Mourinho di Real Madrid, Ronaldo tidak langsung mengenakan jersey bernomor punggung tujuh, karena kala itu nomor favoritnya itu masih digunakan oleh sang kapten skuad, Raul Gonzales.

Ia memilih nomor punggung 9 untuk memulai debutnya melawan Shamrock pada 21 juli 2009. Barulah pada musim 2010/ 11 ia menggunakan nomor punggung 7.

Selam berseragam  Los Blancos, Ronaldo tampil sebanyak 438 kali untuk Madrid di semua ajang, dan berhasil mempersembahkan 15 trofi. Empat di antara trofi bergengsi tersebut adalah trofi Liga Champions, yang mana tiga diperoleh dalam tiga musim terakhir secara berurutan bersama Madrid.  Selain itu ia juga jadi satu-satunya pemain yang berhasil mencetak 40 skor di La Liga secara berturut-turut.

Baca Juga: Puncaki Klasemen La Liga,  Ini Skuad Los Blancos Terbaru Bersama Carlo Ancelotti

Tak hanya itu, di Real Madrid Ronaldo juga berhasil mencetak gol ke-100-nya di ajang Liga Champions saat bertanding pada babak perempat final musim 2016-2017 melawan Bayern Munich. Sampai sekarang, Cristiano Ronaldo tercatat sebagai top skor sepanjang masa Liga Champions dengan 188 penampilan dan sudah membukukan 139 gol.

Hal tersebut membawa dia sekali lagi menerima penghargaan sepatu emas European Golden Shoe (2010), UEFA Best Player in Europe Award (2010-2011) dan beberapa kali menjadi top skorer (La Liga top scorer 2010 dan Copa del Rey top skorer 2010) empat penghargaan Ballon d’Or berturut turut pada 2013, 2014, 2016, dan 2017.

Ronaldo Sebelum Kembali ke Manchester United 

Sekali lagi prestasi yang telah dicapai bersama Los Blancos tak membuat ia cepat puas. Peraih lima gelar Ballon d’Or itu resmi mengakhiri kerja samanya dengan Real Madrid di musim 2018- 19. Setelah meraih banyak gelar prestisius bersama di Santiago Bernabeu, Ia mencoba peruntungannya bermain di Serie A Italia dan berlabuh ke klub Turin, Juventus.

Di Juventus Ronaldo diikat kontrak selama empat tahun dengan nilai transfer 117 juta Euro. Meski karirnya tak semoncer di Real Madrid, CR7 di I Bianconeri mampu mempersembahkan dua gelar Seria A dan Piala Super Italia pada musim yang sama yakni 2018- 2020, dan satu kali gelar Coppa Italia 2020/ 21. Pada musim yang sama juga, namanya tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dengan 29 gol sebelum memutuskan mudik ke Mancester United.

Baca juga: Kembalinya Massimiliano Allegri, Ini Daftar Pemain I Bianconeri Terbaru Musim 2021/2022

Pulangnya sang pemain asal Portugal ke United cukup mengejutkan jagad sepak bola. Pasalnya banyak drama yang mewarnai kepulangan CR7 ke Old Trafford. Meski usianya sudah 36 tahun, banyak klub yang menginginkan jasanya, tak terkecuali sang rival Manchester City.

Setelah negosisi panjang  jelang penutupan bursa transfer, MU akhirnya berhasil memulangkan CR7 setelah bersepakat dengan klausul pembelian sebesar 15 juta Euro disertai tambahan 8 juta Euro pada Juventus. Bersama Manchester United ia masih jadi salah satu predator yang haus gol.

Saat ini CR7 sudah mengoleks enam gol untuk United. Tercatat kemenangan 3-2 atas Arsenal pada lanjutan Liga Primer Inggris 2021/ 22  Ronaldo berhasil membukukan rekor 801 golnya dari 1.097 laga resmi level tertinggi baik klub maupun Timnas Portugal.  Sejak debut pertamanya pada 2003 bersama tim nasional, ia sukses persembahka dua gelar Juara UEFA National League masing masing pada 2016 dan 2019.

Baca Juga: Paul Pogba, Sosok Gelandang Berbakat yang Sukses Antarkan Prancis Juara Piala Dunia 

Leave A Reply

Your email address will not be published.