Berita Nasional Terpercaya

Profil Jadon Sancho, Karir Pesepak Bola Muda Berbakat

Setelah cerita manis empat tahun bersama, musim 2021/2022 Jadon Sancho memilih hengkang dari Dortmund, Ia memilih menerima tawaran The Reds Devils

0

BERNAS. ID-  Pemain berbakat yang dibeli Manchester United di bursa transfer musim panas dari Dortmund ini, memiliki nama lengkap Jadon Malik Sancho. Ia Lahir di Kennington pada 25 Maret 2000.

Kennington sendiri merupakan salah satu daerah di London bagian selatan.  Secara fisik Jadon Sancho bukan orang berdarah asli Inggris, Jadon berasal dari keluarga ras blasteran. Ibu Sancho bernama Jurka Gravic berasal dari Kroasia. Sedangkan sang Ayah, Sean Sancho merupakan imigran asal Trinidad dan Tobago, yaitu sebuah negara di kepulauan Karibia.

Baca Juga: Jadi Klub dengan Juara Terbanyak Bundesliga, Ini Komposisi Pemain Bayern Munchen Teranyar

Mereka beremigrasi ke Inggris sebelum Sancho lahir. Sancho kecil adalah penggemar berat klub sepak bola Inggris, The Blues Chelsea.

Pada usia yang sangat belia, Jadon telah menunjukkan minat besarnya terhadap sepakbola. Kepala sekolahnya di Crampton, salah satu sekolah dasar di London yang jadi pendidikan Jadon masa itu, ia meyakinkan bahwa ia akan menjadi sepakbola yang berbakat.

Di sekolah  tersebut, Jadon terlibat dengan tim sepak bola lokal sekolahnya, dan ketika dia kembali ke rumah dari sekolah, dia mengembangkan skill sepak bolanya dengan bermain dengan teman-temannya di gang-gang kecil dan di jalan.

Pada suatu hari, ketika Jadon mengunjungi teman-temannya yang saat ini adalah pesepakbola profesional, Reiss Nelson dan Ian Carlo Poveda. Ia mengajaknya keluar untuk bermain sepak bola bersama.

Daftar Isi :

  1. Tentang Jadon Sancho
  2. Awal Karir Seorang Jadon Sancho
  3. Karir Gemilang Bersama Borussia Dortmund
  4. Hengkang ke Klub Rival Manchester United

Tentang Jadon Sancho

Nama Lengkap : Jadon Malik Sancho

Tempat Lahir : Kennington, Inggris

Tanggal Lahir : 25 Maret 2000

Nama Pasangan : –

Kebangsaan : Inggris

Agama : Kristen

Nama Orang Tua : Sean Sancho (Ayah) dan Jurka Gravic (Ibu)

Klub Saat Ini: Manchester United

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 25 Penyerang

Tinggi Badan : 180 cm

Awal Karir Seorang Jadon Sancho

Bakatnya mengolah bola diketahui Sayce Holmes-Lewis, seorang pelatih sepak bola asal London. Ia  memperhatikan ketiganya dan terkesan dengan keterampilan mereka, kemudian ia  mengajaknya untuk mengenyam pendidikan bola bersama anak-anak lain untuk mengejar karier di sepak bola akademi milik Watford.

Berkat pemandu bakat sepak bola itu, Jadon muda mulai bermain untuk Watford junior. Sayce Holmes-Lewis melatih Jadon dan teman-temannya meraih kemenangan turnamen bergengsi U-11 di turnamen sepakbola London.

Di usianya yang genap 11 tahun banyak klub-klub seperti Arsenal dan Chelsea mulai menunjukkan minat pada Jadon, tetapi dia memutuskan untuk tetap tinggal di Watford. Selain bisa berlatih, ia juga masih bersekolah di sana.

Baca juga: Bakal Bertemu Real Madrid di  Champions, Ini Daftar Pembelian Terbaru Pemain Paris Saint Germain 

Di sela sela akativitasnya, Jadon muda sering menonton video dari bintang-bintang sepak bola semacam Neymar dan Ronaldinho. Ia belajar mengamati para pesepak bola bintang itu bermain, bagaimana skill mengolah bolanya bisa sebagus itu.

Akhirnya, lambat laun kebersamaan tiga tahun bersama akademi Watford harus ia akhiri pada Maret 2015. Karena kala itu di usianya yang genap 14 tahun Jadon menerima pinangan Manchester City dengan harga sekitar 66 juta pounds.

Di Manchester City muda, Jadon terus bermain dengan skill tinggi dalam setiap permainan bolanya. Bahkan Eksekutif The Citizen saat itu, Khaldoon Al Mubarak menyatakan bahwa Jadon muda akan segera dipromosikan ke dengan tim senior.

Ucapan itu benar-benar dinantikan Jadon kala itu. Tetapi ketika City akan memulai tur musim panas,  mereka pada tahun 2017, Jadon berubah pikiran dan menolak untuk bergabung dengan tim senior City.

Alasannya, dia tidak mau jika tidak mendapatkan jaminan regular waktu bermain, sebab, potensinya akan tertutup oleh pemain-pemain bintang The Citizen.  Apalagi para penyerang City masa itu memang cukup kompeten sebut saja seperti Leroy Sane, Raheem Sterling dan Sergio Kun Aguero.

Keputusan itu mengejutkan pelatih City, Pep Guardiola, yang sudah menyiapkan kontrak untuk Sancho.  Sebagai akibat dari batalnya kesepakatn itu.  Akhirnya Ia dijual ke klub Jerman, Borussia Dortmund pada 31 Agustus 2017 dengan tebusan 8 juta pounds.

Baca Juga: Juara EPL Musim Lalu, Ini Daftar Pembelian Pemain Baru yang Mengisi Skuad  Manchester City

Karir Gemilang Jadon Sancho bersama Borussia Dortmund

Jadon menaken  kontrak empat tahun bersama klub Bundesliga itu. Musim pertamanya ia masuk dalam skuad Dortmund U 19.

Setengah musim ia habiskan di sana, kemudian ia diplot pelatih kala itu Lucien Favre dan langsung masuk tim utama Die Borussen. Pada Oktober Sancho muda memulai debutnya untuk klub dan menjadi pemain Inggris pertama yang tampil untuk Borussia Dortmund.

Kepindahannya ke Dortmund ternyata menjadi berkah karier cemerlang seorang Jadon Sancho muda. Pada musim panas 2018/ 19 jadi musim terbaik Sancho, kala itu ia  melakukan tur dengan Dortmund dan bermain melawan bekas timnya, Manchester City.  Sancho dalam laga itu  bermain sangat baik dan berkontribusi bagi kemenangan timnya 1-0 atas City.

Baca Juga: Selain Jadon Sancho, Inilah Daftar Pemain yang Dijual Borusia Dortmund Musim ini

Pada bulan selanjutnya, ia meraih penghargaan pemain Bundesliga terbaik untuk pertama kalinya. Prestasi itu juga menjadikan Sancho sebagai pemain Dortmund termuda sekailigus pemain yang lahir pada tahun 2000-an pertama yang juga mampu menorehkan gol di Liga Champions UEFA.

Jadon terus tampil gemilang tiap musimnya hingga mendapatkan gelar “Raja Assist” di Bundesliga. Tercatat selama bermain di klub yang bermarkas di Iduna Park Stadium ini sejak 2018/ 21 Sancho telah menyumbangkan 52  gol dan 64 asist,  dia juga kemudian memenangkan DFL-Supercup dengan Dortmund sebelum mengahiri masa bermainnya.

Hengkang ke Klub Rival Manchester United

Setelah cerita manis empat tahun bersama, musim 2021/2022 Jadon Sancho memilih hengkang dari klub yang sudah membesarkan namanya, Borussia Dortmund.  Ia kemudian mencoba peruntungnya bermain di Premier League. Ia  pulang ke Manchester, tapi  bukan untuk bereuni dengan Manchester City.

Ia memilih menerima tawaran The Reds Devils untuk melanjutkan karir sepak bolanya. Mengutip dari laman Manchester Evening News, The Red Devils berhasil menebus bintang Dortmund tersebut dengan nilai transfer 72,9 juta atau sekitar hampir Rp1,4 triliun untuk bermain di Old Trafford.

Bersama pelatih Jerman Ralf Rangnick, Jadon Sancho perlahan mulai mendapat menit bermain dan mampu menjawab cibiran para fans yang menganggap permainannya di awal musim ini tak sebagus di Dortmund. Hingga pertandingan pekan ke 18 Jadon telah menyumbangkan 2 gol.

Baca Juga: Mengenal Cristiano Ronaldo Lebih Dekat, Mulai dari Prestasi Hingga Rekor Pesepak Bola Asal Portugal

Sementara di level Tim nasional Inggris, Jadon Sancho telah bermain untuk berbagai tim muda Inggris.  Ia memenangkan gelar Pemain Terbaik Kejuaraan U-17 UEFA.  Dia juga berpartisipasi dalam babak penyisihan grup Piala Dunia FIFA U-17 pada 2017.

Dia dipromosikan ke tim Senior pada Oktober 2018, ketika dia tampil dalam pertandingan melawan Kroasia.  Pada Maret 2019, ia bermain untuk Inggris dalam pertandingan kualifikasi UEFA Euro 2020 melawan Republik Ceko. Yang terbaru, Jadon Sancho mampu membawa timnas Inggris jadi runner up setelah kalah adu penalty melawan Italia di ajang Europa league 2020 kemarin.

Itulah ulasan karir Sancho yang meroket setelah berkelana dari sepak bola jalanan, Watford, Manchester City dan Borussia Dortmund dan kini Manchester United. Ya, Jadon Sancho akhirnya berseragam Manchester United di musim ini.

Baca juga: Selain Membeli Lukaku, Ini Daftar Lengkap Pembelian Pemain Terbaru Chelsea 

Leave A Reply

Your email address will not be published.