Berita Nasional Terpercaya

Takumi Minamino, Ini Karir Gelandang Serang Liverpool Pertama Asal Asia

Selama membela RB Salzburg, Minamino turut mengantarkan Die Bullen meraih juara A-Bundesliga selama lima ?musim berturut turut dari 2014/ 2015 hingga 2018/ 19

0

BERNAS.ID – Keberhasilan Liverpool lolos ke semifinal Piala Liga Inggris 2021/ 22 setelah sukses mengalahkan Leicester City tak lepas dari performa gemilang yang ditunjukkan oleh gelandang Takumi Minamino. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp pun mengapresiasi penampilan gemilangnya bersama Liverpool.

Baca Juga: Ini Daftar Rekrutan Baru Pemain Andalan Manchester City Musim 2021/22 

Berkat gol Takumi pada detik-detik akhir pertandingan, The Reds mampu menjaga asa berlaga di Piala Liga Inggris 2021-2022. Pria bernama lengkap Takumi Minamino ini lahir di Izumisano, Jepang, tanggal 16 Januari 1995,  mengawali sepakbolanya di akademi Cerezo Osaka pada 2007 atau ketika umurnya 12 tahun.

Sejak 2012, Takumi dipromosikan untuk bergabung ke skuad utama klub yang menjadi peserta J1 League Jepang ini. Hanya dua musim Takumi Minamino bertahan di Cerezo Osaka, Red Bull Salzburg tertarik dengan aksi pemuda Jepang ini setelah memantaunya selama 1,5 tahun.  Total selama ia bermain di klub lokal Jepang Cerezo Osaka,Takumi mampu tampil dalam 62 pertandingan serta menyumbangkan 7 gol.

Daftar Isi :

  1. Tentang Takumi Minamino
  2. Hijrah ke Eropa Karir Sepak Bola Minamino
  3. Jadi Rekrutan Baru Liverpool 
  4. Catatan Karir Sepak Bola Takumi Minamino

Tentang Takumi Minamino

Nama : Takumi Minamino

Tempat Lahir : Izumisano, Jepang

Tanggal Lahir : 16 Januari 1995

Nama Pasangan : –

Kebangsaan : Jepang

Agama : Budha

Klub Saat Ini: Liverpool

Nomor Punggung dan Posisi Bermain : – 18 Gelandang

Tinggi Badan : 179 cm

Nama Instagram: @Takumiminamino18 _Official

Hijrah ke Eropa Karir Sepak Bola Minamino

Tepat tanggal 7 Januari 2015, Red Bull RB Salzburg resmi merekrut pemian jepang itu ke Austria dengan mahar 800 ribu euro atau sekitar 12 miliar rupiah untuk mengikat kontraknya di Klub yang bermarkas di Stadion Wals-Siezenheim. Minamino yang saat itu baru  berusia 20 tahun diikat kontrak empat musim hingga 2019 dengan opsi perpanjangan satu tahun.

Baca Juga: Cerita Lika Liku Karir Jesse Lingard, Sebagai Seorang Gelandang Serang United

Musim pertama Takumi Minamino di Bundesliga atau Liga Utama Austria dilalui dengan cukup mulus oleh Minamino. Selama setengah musim bermain di klub berjuluk Die Bullen, ia tampil sebanyak 14 kali dan mampu torehkan 3 gol di musim pertamanya.

Sementara,  Minamino melakoni debut di pentas Eropa pada 26 Februari 2015 dalam pertandingan leg kedua babak 32 besar Europa League melawan wakil Spanyol, Villarreal. Kendati demikian RB Salzburg harus mengakuhi keperkasaan Villareal dan memaksa RB Salzburg  terdepak dari turnamen kelas dua di benua biru setelah Liga Champions itu.

Musim-musim berikutnya Takumi Minamino selalu menjadi andalan RB Salzburg mengawal lini tengah dengan umpan umpan pada striker. Total di A-Bundesliga selama 5,5 tahun, ia telah bermain dalam 136 laga dan melesakkan 42 gol.

Jika ditotal  penampilan pemain asal Jepang itu  berhasil mengemas 189 penampilan dengan 64 gol dan 44 assist di semua ajang kompetisi.  Selama membela RB Salzburg, Minamino turut mengantarkan Die Bullen meraih juara A-Bundesliga selama lima  musim berturut turut, dari 2014/ 2015 hingga 2018/ 2019.

Baca Juga: Perjalanan Karir Seorang Amad Diallo, Si Muda Berbakat Yang Dibeli United dari Atalanta

Selain itu, beberapa gelar prestisius bersama RB Salzburg adalah trofi Piala Austria sebanyak empat kali. Penampilan Takumi Minamino bersama RB Salzburg di Liga Champions 2019/2020 menjadi salah satu jalan ketika ia mampu memikat Liverpool.

Dalam pertandingan tersebut Minamino turut unjuk gigi kala mampu membobol  gawang The Reds dalam pertemuan pertama babak penyisihan grup pada 3 Oktober 2019 lalu kendati RB Salzburg kalah 3-2 di Anfield. Meskipun RB Salzburg akhirnya terdepak ke Europa League setelah hanya finis di peringkat 3 di bawah Liverpool dan Napoli, Takumi Minamino tetap diminati oleh beberapa klub Eropa.

Takumi Minamino Jadi Rekrutan Baru Liverpool

The Reds akhirnya berhasil mendapatkan pemain berpaspor Jepang ini setelah melalui negosiasi alot ia juga akan mulai merumput di Inggris pada awal Januari 2020. Catatan transfer Minamino menjadi pemain Jepang pertama yang mendarat di Anfield.

Namun Minamino di musim pertama berseragam Liverpool ia mengalami start yang cukup lambat. Butuh waktu satu musim baginya untuk menemukan permainan terbaiknya bersama Moh Salah dkk. Bahkan ia sempat menghabiskan satu musim sebagai pemain pinjaman Southhampton untuk menambah menit bermain pada akhirmusim 2020/ 21.

Selama di klub berjuluk The Saints, Minamino berhasil menorehkan 10 penampilan serta mampu sumbangkan tiga gol di Premier League. Kini pemain yang bisa berposisi  sebagai winger, playmaker, maupun gelandang serang telah kembali bergabung ke Anfield dari masa peminjaman.

Takumi Minamino saat ini mengenakan jersey bernomor 18 penginggalan dari  Alberto Moreno. Bersama Mohamed Salah, Sadio Mane, Roberto Firminho, dan Jordan Henderson, akan menambah daya gedor lini serang The Reds.

Baca Juga: Menilik Karir Playmaker Kreatif  Bruno Fernandes yang Menggila Sebelum Direkrut United

Momen membahagiakan akhirnya terjadi pada Minamino di mana ia mampu mencetak gol perdana pada kompetisi Liga Inggris, saat melawan Crystal Palace, Sabtu (19/12/20). Tidak tanggung-tanggung, anak asuh Jurgen Klopp menang besar dengan skor 7-0.

Dalam pertandingan itu, Minamino mencatatkan nama di papan skor pertama untuk timnya di pertandingan kontra klub berjuluk The Eagles tersebut. Gol cepatnya pada menit ketiga membuat The Reds unggul terlebih dahulu sebelum memberondong gawang lawan dengan bola.

Sementara di level tim nasional, ia sudah membela Jepang di beberapa level tim, mulai dari U- 17, U- 20, U- 23, hingga senior. Minamino berhasil mengemas 22 caps dan 11 gol untuk timnas senior ini juga turut andil mengantarkan Jepang U-23 menjuarai Piala Asia U- 23 2016/ 17 setelah sukses mengalahkan Korea Selatan 3-2 pada laga final musim lalu.

Catatan Karir Sepak Bola Takumi Minamino

Karier Klub

2007-12 | Akademi Cerezo Osaka

2012/ 14 | Cerezo Osaka

2015/ 19 | Red Bull RB Salzburg

2020- Sekarang | Liverpool

Karier Tim Nasional

2011 | Jepang U17

2012 | Jepang U20

2016 | Jepang U23

2015- sekarang| Jepang

Baca juga: Sempat Di Pandang Sebelah Mata di Man United, Inilah Perjalanan Karirnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.