Berita Nasional Terpercaya

BMKG Ingatkan Potensi Gempa Susulan Banten

0

JAKARTA, BERNAS.ID – BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) mengimbau warga waspada terhadap gempa susulan yang berpusat di wilayah Banten. Sebelumnya terjadi gempa bumi magnitudo 6,7 sekira pukul 16.00 WIB.

Dalam halaman resminya, BMKG menulis agar masyarakat berhati-hati terhadap gempa susulan. “Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” tulis BMKG.

Baca Juga Kawasan Sleman Timur Rentan Terjadi Bencana Gempa Bumi

BMKG juga menyampaikan gempa di Banten tidak berpotensi tsunami. Diinformasikan gempa bumi memiliki pusat di kedalaman 10 kilometer di 52 kilometer Barat Daya, Sumur, Banten. Getaran terasa sampai ke Depok, Jakarta, Bandung, dan Bogor.

Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta Moh Insaf menyampaikan terjadi keretakan pada dinding RSUD Kalideres, Jakarta Barat. Tidak hanya itu, kantor Wali Kota Jakarta Timur pun turut mengalami kerusakan pada dinding toilet hingga keramik di dalamnya terlepas.

Baca Juga Stasiun Geofisika Kelas I Sleman Pasang Alat Canggih Pemantau Gempa Bumi Karya Bangsa

“Terdampak sementara RSUD Kalideres, retak sebagian dinding. Kantor Walikota Jakarta Timur, kerusakan pada dinding toilet, keramiknya terlepas,” ujar Insaf melalui keterangan tertulis, Jumat (14/1/2022).

Namun, Insaf menyebutkan kerugian dan korban jiwa di daerah Jakarta masih dalam tahap konfirmasi dan pendataan. (jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.