Berita Nasional Terpercaya

10 Manfaat Kuliah di Luar Negeri, Bikin Kalian Semangat Belajar

0

Bernas.id – Kuliah di luar negeri telah menjadi impian ribuan pelajar Indonesia. Tak bisa kita pungkiri, berhasil menamatkan pendidikan dari universitas luar negeri memang memberikan prestise tersendiri, apalagi jika kita berkuliah dari universitas terbaik dunia. Karena itu, banyak orang yang berburu informasi beasiswa kuliah di luar negeri. 

Kuliah di luar negeri bukan sekadar soal gengsi atau rasa bangga. Lebih dari itu, kuliah di luar negeri memberikan banyak manfaat dalam kehidupan. Banyak CEO kelas dunia yang merupakan lulusan dari universitas terbaik dunia, atau setidaknya pernah berkuliah di universitas terbaik dunia.

Misalnya saja, Ada Mark Zuckerberg pendiri Facebook (yang kini berganti nama menjadi Meta) pernah berkuliah di Universitas Harvard. lalu ada salah satu orang terkaya dunia, Warren Buffet, yang pernah menuntut ilmu di Columbia University. Di Indonesia sendiri, ada aktris Maudy Ayunda yang berhasil menuai decak kagum setelah berhasil menamatkan pendidikannya di Stanford University. Ada juga aktris Cinta Laura yang juga lulusan dari Columbia University.

Manfaat kuliah di luar negeri

Meski bukan satu-satunya penjamin kesuksesan, kita tak bisa menampik fakta bahwa jenjang karir lulusan luar negeri rata-rata lebih moncer. Untuk membakar semangat kalian yang ingin melanjutkan pendidikan, berikut berbagai manfaat kuliah di luar negeri:

1. Bisa melihat dunia lebih luas

Alasan terbesar mengapa banyak orang tertarik kuliah di luar negeri adalah munculnya kesempatan untuk melihat dunia lebih luas.

Dengan belajar di luar negeri, kita bisa merasakan sensasi tinggal di negara baru dengan budaya, kebiasaan, dan aktivitas yang sangat berbeda. Selain itu, kita juga memiliki banyak kesempatan untuk menjelajahi tempat-tempat baru sekaligus mempelajari sejarahnya.

Ketika kita berada di luar negeri, kita tidak akan dibatasi hanya untuk bepergian ke negara tempat kita menuntut ilmu. Kita juga dapat melihat negara sekitarnya. Misalnya, jika kita belajar di Perancis,kita bisa mengeksplor seluruh pelosok Eropa termasuk London, Barcelona, dan Roma tanpa perlu mengurus visa atau paspor lagi.

2. Merasakan sistem pendidikan yang berbeda

Alasan lain mengapa belajar di luar negeri sangat menyenangkan adalah kita bisa mencoba sistem pendidikan yang berbeda. Dengan mendaftar di program studi di luar negeri, kita akan memiliki kesempatan untuk melihat sisi lain pendidikan yang mungkin belum ada di negara kita.

Melalui sistem pendidikan tersebut, kita juga bisa memahami bagaimana orang-orang di negara tersebut, tradisi, serta budayanya.

Pendidikan adalah inti dari setiap perjalanan studi ke luar negeri, bagaimanapun juga, program studi di luar negeri, dan memilih sekolah yang tepat adalah faktor yang sangat penting.

3. Belajar budaya baru

Saat kuliah di luar negeri, kita tentu harus tinggal di negara tersebut. Kesempatan ini akan membantu kita untuk mencicipi budaya baru seperti menemukan makanan, kebiasaan, tradisi, dan suasana sosial baru yang luar biasa.

Kita bisa memiliki pemahaman dan penghargaan yang lebih baik terhadap orang-orang dan sejarah bangsa. Kita juga memiliki kesempatan untuk menyaksikan cara hidup yang benar-benar baru.

4. Mengasah kemampuan berbahasa

Ketika kita belajar di luar negeri, otomatis kita harus memahami bahasa yang digunakan di negara tersebut. Karena itu, belajar di luar negeri memberi kita kesempatan untuk benar-benar mempelajari bahasa baru, dan tidak ada cara yang lebih baik untuk belajar selain mempraktekkannya secara langsung.

Selain kesempatan praktik bahasa yang banyak kita dapatkan dalam kehidupan sehari-hari, universitas tempat kita belajar kemungkinan akan menawarkan kursus bahasa untuk memberi pembelajaran bahasa yang lebih formal. 

5. Peluang karir yang lebih bagus

Ketika kita menyelesaikan program studi di luar negeri dan kembali ke kampung halaman,, kita akan kembali dengan perspektif baru tentang budaya, keterampilan bahasa, pendidikan yang bagus, dan kemauan untuk belajar. Tak perlu diragukan lagi, semua ini sangat menarik bagi pemberi kerja di masa depan. Selain itu, kita juga bisa memutuskan untuk berkarir di negara tempat kita kuliah.

Jika kalian ingin kuliah di Amerika Serikat atau Inggris, kalian bisa simak tipsnya dalam artikel berjudul Ingin Kuliah di Inggris dan AS, Simak 4 Tips Berikut.

6. Membantu menemukan minat baru

Belajar di luar negeri memberi kita kesempatan untuk melakukan banyak kegiatan dan minat baru yang mungkin belum pernah kita temukan saat berada di rumah.

Kita mungkin menemukan bahwa kita memiliki bakat untuk hiking, olahraga air, ski salju, golf, atau berbagai olahraga baru lainnya yang mungkin belum pernah kita coba di rumah.

Kita juga akan memiliki kesempatan untuk menemukan bentuk hiburan baru dan menarik lainnya. Kita juga bisa menikmati berbagai aktivitas menarik seperti menyaksikan pertunjukan teater secara langsung, film, dan dansa.

7. Pertemanan yang lebih luas

Salah satu manfaat terbesar dari belajar di luar negeri adalah kesempatan untuk bertemu teman dari latar belakang yang berbeda. Saat belajar di luar negeri, kita akan bersekolah dan tinggal bersama pelajar dari berbagai negara. Hal Ini memberi kita kesempatan untuk benar-benar mengenal dan menciptakan hubungan yang langgeng dengan sesama pelajar.

Setelah program studi di luar negeri berakhir, berusahalah tetap berhubungan dengan teman-teman international kalian. Selain hubungan pribadi yang bermanfaat, teman-teman ini juga dapat menjadi networking yang penting di kemudian hari.

Anda bisa mendapatkan informasi mengenai kampus di luar negeri dengan lulusan terbaik melalui artikel berjudul 10 Kampus dengan Alumni Terbaik di Dunia, Cocok untuk Lanjut Kuliah Luar Negeri

8. Pengembangan diri

Saat belajar di luar negeri, kita jauh dari sanak saudara. Hal ini menuntut kita untuk menjadi pribadi yang mandiri. Kita juga memiliki kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru.

Kita juga harus memiliki kemampuan adaptasi yang baik serta kemampuan untuk memecahkan masalah di berbagai situasi. Hal ini tentu berkontribusi besar untuk pengembangan diri kita.

9. Pengalaman tak terlupakan

Bagi sebagian besar orang, belajar di luar negeri bisa menjadi satu-satunya kesempatan n untuk bepergian ke luar negeri dalam jangka waktu yang lama.

Anda juga bisa memiliki peluang untuk menemukan pekerjaan dan karir, dan kesempatan untuk belajar di luar negeri mungkin menjadi kesempatan sekali seumur hidup. Hal inilah yang membuat kesempatan belajar di luar negeri menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

10. Mengenal diri lebih dalam

Saat belajar di luar negeri, kita harus memiliki kemandirian yang tinggi dan kemampuan beradaptasi yang baik. Situasi ini terkadang membuat kita bisa melakukan banyak hal yang sebelumnya tak pernah kita lakukan. Secara tak langsung, kita bisa menemukan kemampuan lain dalam diri kita dan bisa lebih mengenali diri lebih dalam.

Nah, itulah 10 manfaat kuliah di luar negeri. Kuliah di luar negeri memang banyak manfaat. Bagi kalian yang ingin kuliah di luar negeri namun terkendala biaya, ada banyak peluang beasiswa luar negeri yang bisa kalian coba. Anda bisa mencoba beasiswa ke Korea Selatan, Beasiswa ke Australia, beasiswa di Universitas Finlandia, dan masih banyak lainnya. Bahkan, Bill Gates juga bagi-bagi beasiswa untuk kalian yang ingin kuliah di Universitas Cambridge. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.