Berita Nasional Terpercaya

Kota Magelang Segera Buka Mal Pelayanan Publik

0

MAGELANG, BERNAS.ID – Kota Magelang segera membuka Mal Pelayanan Publik (MPP). Menurut rencana,  MPP mulai beroperasi pada 26 Januari 2022.

MPP bertempat di lantai 2 Gedung Sasana Bumi Kyai Sepanjang, Jalan Kartini, Kota Magelang. Di MPP ini terdapat 26 tenant, terdiri dari berbagai instansi daerah, instansi vertikal, dan BUMD maupun BUMN.

Walikota Magelang Muchamad Nur Aziz mengatakan salah satu misi Kota Magelang adalah meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan profesional.

Baca Juga: PPKM Darurat, Beberapa Layanan di Mall Pelayanan Publik Kota Jogja Tutup Temporer

Maka, adanya MPP ini tentu akan menyederhanakan proses layanan birokrasi, sehingga manfaatnya bisa dirasakan betul oleh masyarakat.

Ia menjelaskan, pembangunan MPP yang menggunakan APBD Perubahan tahun 2021 sebesar Rp5,2 miliar. MPP nantinya tidak hanya memberikan layanan instansi Pemkot Magelang saja, tetapi seluruh kebutuhan masyarakat juga tersedia.

”Istilahnya one stop service. Selain semua organisasi perangkat daerah ada juga instansi vertikal, BUMN, dan BUMD,” katanya, Senin (24/1/2022).

Ia meneruskan, di samping itu, ada juga layanan administrasi kependudukan, kesehatan, perizinan usaha, bisnis, perbankan, PDAM, dan lain sebagainya. Menurutnya, program ini merupakan salah satu bentuk usaha pemerintah dalam hal memaksimalkan pelayanan publik. Tujuan lainnya, untuk lebih mendekatkan pemerintah dengan masyarakat.

”MPP merupakan transformasi sekaligus suatu langkah strategis dalam perbaikan pelayanan publik yang dikombinasikan dengan penggunaan teknologi informasi,” ungkap dia.

Baca Juga: Kota Jogja Segera Miliki Mall Pelayanan Publik

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Muchamad Abdul Azis menambahkan, pembangunan MPP baru dimulai 3 bulan yang lalu. Walau terbilang singkat, tetapi fasilitas di dalam MPP sudah sangat lengkap. Ada ruang yang luas dan nyaman, WiFi gratis, air minum gratis, lift, toilet, hingga tempat duduk khusus bagi penyandang disabilitas.

Nanti setelah beroperasi, MPP ini juga menyediakan layanan booking via daring. Warga yang sudah mendaftar online, tidak perlu lagi mengantre.

“Upaya ini juga sekaligus mengurangi kerumunan di masa pandemi COVID-19,” jelas dia. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.