Berita Nasional Terpercaya

Harga Minyak?Goreng di Pasar Tradisional DIY Masih Tinggi

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID — Harga minyak goreng di pasar tradisional di DIY masih tinggi. Padahal sejumlah kebijakan telah diambil pemerintah agar harga turun.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, Yanto Aprianto mengatakan saat ini harga Minyak Goreng untuk di pasar tradisional masih dikisaran Rp18.000/liter – Rp19.000/ liter.

”Penyebab masih tinggi karena masih ada Minyak Goreng yang belum direfaksi, tapi ini pasokan sudah lancar dan diharapkan pasar secepatnya menyesuaikan dengan HET,” kata Yanto, Rabu (2/2/2022).

Yanto mengatakan untuk harga minyak goreng di swalayan dan supermarket saat ini harga sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag). Untuk ketersediaan saat ini juga tercukupi menurutnya.

Dalam Permendag terbaru yaitu Permendag Nomor 6/2022, disebutkan Harga Eceran Tertinggi (HET) Minyak Goreng Curah Rp11.500/ liter, kemudian Minyak Goreng Kemasan Sederhana Rp13.500/ liter, dan Minyak Goreng Kemasan Premium Rp14.000/ liter.

Baca juga: Pemkot Jogja Pastikan Stok Minyak Goreng Cukup Saat Penyesuaian Harga per Hari Ini

“Untuk Operasi Pasar kami masih menunggu, melihat perkembangan dulu,” ujar dia.

Salah satu pedagang di Pasar Kranggan, Novi mengatakan bahwa harga minyak goreng di pasar saat ini masih mahal. Mahalnya harga di pasaran tersebut, karena dari pasokan yang ada sudah tinggi.

Baca juga: Hari Ini, Harga Minyak Goreng Rp11.500 Mulai Berlaku

“Masih mahal diharga Rp38.000/2 liter ini kemasan. Katanya besok ini baru datang, jadi baru bisa jual yang Rp14.000/liter. Kalau jadi datang ya ini, belum pasti juga,” ujar dia.

Ia mengatakan sudah banyak konsumen yang menanyakan minyak goreng harga Rp14.000/ liter tersebut. “Ya banyak yang tanya, katanya mereka nyari di ritel modern juga susah,” tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.