Berita Nasional Terpercaya

Keindahan Surga Bawah Laut Kepulauan Derawan

0

BERAU, HarianBernas.com – Gugusan kepulauan ini berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Kepulauan Derawan memiliki 3 kecamatan, yaitu Pulau Meratua, Pulau Derawan, dan Biduk-Biduk, Berau. Terdapat 4 pulau utama yang terkenal di kepulauan ini, yaitu Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Kakaban, dan Pulau Sangalaki dengan keunikannya masing-masing. Untuk datang ke semua pulau, harus menyewa speedboat dari Pulau Derawan dengan hitungan sewa per-hari.

Kepulauan Derawan masih belum populer seperti Lombok ataupun Pulau Bali karena lokasinya yang cukup jauh, yakni sekitar 3 jam perjalanan melalui jalur laut dari Kabupaten Berau, Kalimantan Timur dan tempatnya pun juga masih terpencil. Wisatawan harus menempuh 3 jalur, yaitu darat, laut, dan udara untuk sampai Kepulauan Derawan dengan jarak yang cukup jauh.

Di luar itu semua, sebenarnya Kepulauan Derawan memiliki keindahan surga bawah laut yang luar biasa cantiknya. Aneka ragam biota laut di ke-4 pulau tersebut sangat disayangkan untuk dilewatkan. Lebih dari 870 biota laut ada di tempat ini, seperti ikan pari, duyung, lumba-lumba, kura-kura raksasa, barakuda, ubur-ubur stingless bahkan ikan hiu Derawan menjadi koleksi ikan yang ada di perairan Derawan.

Bagi aAnda yang menyukai snorkeling dan menyelam, tempat ini sangat cocok untuk Anda nikmati karena Kepulauan Derawan memiliki kekayaan aneka ragam biota laut dan air laut yang sangat jernih serta Anda dapat bermain-main dengan penyu hijau di tempat ini.

Keindahan bawah laut Kepulauan Derawan memang sayang untuk dilewatkan terlebih belum banyak masyarakat yang mengetahui tempat ini sehingga Anda akan tenang dan merasakan seakan-akan Anda hanya seorang diri di kepulauan ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.