Berita Nasional Terpercaya

KPAI: 61 Persen Orang Tua Setuju PTM 100 Persen

0

JAKARTA, BERNAS.ID – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyatakan, berdasarkan hasil survei yang mereka lakukan, 61 persen responden menyatakan setuju kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen.

Sementara, jumlah responden yang tidak setuju dengan kebijakan PTM 100 persen hanya 39 persen.

Komisioner KPAI Retno Listyarti mengatakan, pemerintah harus bisa memnfasilitasi kelompok orang tua yang tak setuju PTM 100 persen. Meski, jumlah mereka tak lebih banyak ketimbang yang setuju.

“Kelompok ini yang harus difasilitasi 'izin orangtua untuk anaknya mengikuti PTM' di semua level PPKM, karena ketika kebijakan PTM 100 persen maka ijin orangtua tidak ada lagi, padahal ada 39 persen orangtua khawatir anaknya mengikuti PTM dan berharap dapat memilih serta dilayani PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh),” kata Retno, dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu (9/2/2022).

Ia memaparkan, alasan beberapa alasan orang tua peserta didik setuju anaknya untuk ikut PTM 100 persen yakni lantaran anak sudah jenuh dengan PJJ.

Baca juga: KPAI Dapat Aduan Tugas dari Guru Bikin Anak Stres, Begini Komentar Netizen

Pada praktik belajar pun, anak-anak juga menjadi lebih sibuk dengan perangkat mereka untuk memainkan game online atau media sosial. Jumlah orang tua yang memilih alasan ini sebanyak 28 persen.

Selain itu, sebanyak 50 persen orang tua menilai anak-anak mengalami penurunan efektivitas belajar lantaran sudah terlalu lama PJJ.

Sisanya, orang tua percaya penlaran Covid-19 di sekolah bisa diminimalkan dengan prokes ketat, orang tua bekerja sehingga sulit mendampingi anak untuk PJJ, serta jawaban lainnya.

“Data tersebut menunjukkan bahwa alasan para orangtua yang menyetujui PTM 100 persen meskipun kasus covid sedang meningkat adalah mengkhawatirkan learning loss pada anak-anak mereka, karena mereka menilai PJJ kurang efektif sehingga anak-anak mereka menemui kesulitan memahami materi selama proses pembelajaran,”ungkap Retno.

Walau sebesar 61 persen responden setuju dengan PTM 100 persen, namun sebanyak 25 persen menyatakan perlu dihentikan terlebih dahulu.

Orangtua menginginkan PTM 100 persen ditunda hingga 14 hari usai Idul Fitri (4 persen), hingga Maret 2022 (11 persen), dan hingga tahun ajaran baru (10 persen).

Baca juga: Website KPAI Diretas, Perlindungan Terhadap Anak Terancam

Selain itu, sebanyak 50 persen responden pun menginginkan saat ini kapasitas PTM dikurangi menjadi 50 persen.

“Usulan para orangtua dalam survey ini tetaplah mendukung pelaksanaan PTM, hanya saja mereka ingin kapasitasnya dikurangi menjadi 50 persen saja, mengingat sulitnya jaga jarak saat proses pembelajaran di dalam kelas dan dalam ruangan tertutup selama beberapa jam, ini berisiko tinggi penularan. Bahkan ada 25 persen orangtua yang ingin PTM dihentikan dahulu,” ujar Retno.

Sebagai tambahan informasi, survei KPAI dilakukan pada 4-6 Februari 2022 dan diikuti 1.209 responden dari DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Dari 1209 partisipan survey didominasi DKI Jakarta (74 persen), menyusul kemudian Jawa Barat (20 persen), Banten (4 persen). Selain itu, ada wilayah lain yang juga turut disurvei namun jumlahnya hanya 2 persen. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.