Berita Nasional Terpercaya

Kepatuhan Pemakaian Masker di Sukoharjo Turun, Satpol PP Gencarkan Patroli

0

SUKOHARJO, BERNAS.ID – Indeks kepatuhan pemakaian masker di Kabupaten Sukoharjo turun pada Februari 2022 ini dari sebelumnya 98 persen menjadi 93 persen.

Penurunan terjadi di tengah lonjakan kasus positif COVID-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Masyarakat diminta lebih patuh lagi menerapkan protokol kesehatan (Prokes) salah satunya memakai masker sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus Corona.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Sukoharjo Heru Indarjo pada Minggu (27/2/2022) mengatakan, Satpol PP Sukoharjo sudah menerima laporan data indeks kepatuhan pemakaian masker di Kabupaten Sukoharjo bulan Februari tahun 2022.

Penilaian dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan menurunkan petugas melakukan pemantauan kepatuhan pemakaian masker warga. Petugas mendatangi dan melihat pemakaian  masker disejumlah wilayah.

Sasaran penilaian adalah kegiatan masyarakat secara random baik di kota dan di wilayah lain di Kabupaten Sukoharjo. Sistem acara tersebut membuat Pemkab Sukoharjo tidak mengetahui kapan penilaian yang dilakukan petugas dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dilakukan.

Walau demikian Pemkab Sukoharjo mendapat informasi di mana penilaian dilakukan salah satunya saat hari libur dimana banyak orang beraktivitas. Hasil penilaian indeks kepatuhan pemakaian masker dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kemudian diserahkan ke Pemkab Sukoharjo.

Baca juga: Ada Kasus Positif Varian Omicron di Sukoharjo, Begini Perkembangannya

Hasil penilaian tersebut dijadikan bahan evaluasi yang diberikan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kepada Pemkab Sukoharjo. Hal sama juga diberlakukan di semua daerah di Provinsi Jawa Tengah. Evaluasi tersebut berkaitan dengan pengetatan Prokes. Hal ini penting mengingat kondisi sekarang terjadi kenaikan kasus positif COVID-19.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melakukan penilaian indeks kepatuhan pemakaian  masker secara berkala. Penilaian sering dilakukan dan hasilnya disampaikan pada daerah.

“Indeks kepatuhan pemakaian masker di Kabupaten Sukoharjo pada Februari 2022 turun dari sebelumnya 98 persen menjadi 93 persen. Meski begitu indeks kepatuhan ini masih cukup baik di atas 90 persen,” ujar Heru.

Baca Juga: Pemkab Sukoharjo Siapkan Banyak Program Bantuan Rumah

Pemkab Sukoharjo menurut dia langsung bergerak cepat setelah mengetahui hasil penilaian indeks kepatuhan pemakaian  masker menurun dari 98 persen menjadi 93 persen. Satpol PP Sukoharjo kemudian menindaklanjuti dengan peningkatan patroli prokes. Kegiatan digelar sebanyak tiga kali dalam satu hari.

Sasaran patroli prokes dilakukan dibeberapa tempat seperti tempat berkumpul, area publik, warung makan, pusat perbelanjaan, pasar dan lainnya. Petugas Satpol PP Sukoharjo akan menyisir tempat tersebut dan melihat kepatuhan prokes masyarakat salah satunya pemakaian masker. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.