Berita Nasional Terpercaya

Tohoku, Destinasi Wisata di Jepang yang Anti Mainstream

0

JEPANG, HarianBernas.com – Salah satu daerah yang belum dikenal oleh masyarakat Indonesia ketika berkunjung ke Jepang adalah daerah Tohoku. Orang Indonesia hanya mengenal daerah-daerah yang ikonik saja seperti, Osaka, Tokyo, Hokkaido, dan Kyushu. Padahal daerah Tohoku bisa menjadi salah satu destinasi bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Jepang. Hal ini diungkapkan oleh Dinas Pariwisata Jepang.

“Daerah Tohoku itu hanya sedikit yang datang dari wisatawan Indonesia. Paling hanya 1-2 persen yang pergi ke Tohoku dibanding jumlah wisatawan Indonesia yang ke Jepang,” kata Hideki Tomioka, Direktur Eksekutif Japan National Tourism Organization, saat ditemui oleh wartawan, pada Sabtu (13/2) lalu.

Pegunungan dan kebudayaan merupakan ciri khas dari Tohoku. Setiap tahun, daerah ini akan mengadakan festival musim panans.

“Kalau festival itu bernama Yondai Matsuri. Biasanya di musim panas diselenggarakan sekitar bulan Agustus jadi bisa melihat festival itu,”  terang Tomioka.

Pada tahun 2015 lalu, sebanyak 205.000 orang berkunjung ke Jepang. Semuanya berasal dari Indonesia.

“Jadi banyak wisatawan Indonesia pergi ke Jepang untuk lihat Tokyo, Kyushu, dan Hokaido. Tidak ada yang membicarakan Tohoku,” tuturnya.

Tohoku merupakan daerah yang terletak di Pulau Honsho, dan ada di sisi timur laut Kota Tokyo. Enam perfektur yang ada di daerah Tohoku adalah Aomori, Yamagata, Akita, Fukushima,  Morioka, dan Sendai.
Anda bisa menggunakan kereta atau pesawat terbang dari Tokyo. Terdapat lima bandara yang ada di Tohoku, yaitu, Bandara Aikita, Aomori, Iwate Hamanaki, Sendai, dan Odate.

Beberapa tahun yang lalu, daerah Tohoku ini mengalami bencana tsunami dan nuklir. Namun, sektor pariwisata daerah ini, sudah kembali bangkit. Daerah Tohoku ini jauh dari keramaian kota sehingga cocok bagi anda yang yang mau dekat dengan alam.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.