Berita Nasional Terpercaya

Mendikbudristek: Indonesia Pimpin Gotong Royong melalui G20 Education Working Group 2022

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Agenda pertemuan pertama G20 Education Working Group (EdWG) 2022 dimulai di Yogyakarta. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 16-18 Maret 2022. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) akan memimpin rangkaian agenda G20 EdWG untuk menghadirkan sistem pendidikan yang berkualitas untuk semua.

Mendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makarim mengatakan, pandemi COVID-19 telah membawa momen refleksi kepada berbagai pihak mengenai tantangan sistem pendidikan yang dihadapi dunia saat ini. Ia pun berpesan kepada seluruh delegasi yang hadir pada pertemuan G20 EdWG.

“Cara hidup kita belum cukup berkelanjutan, belum cukup tangguh, belum cukup berkeadilan untuk menghadapi tantangan berikutnya di masa depan. Selama ini, kita semua belum berupaya dengan maksimal,” tuturnya.

Baca Juga Mendikbudristek: Pendidikan dan Ekonomi, Dua Sektor yang Saling Melengkapi

Nadiem menyebut bidang yang belum cukup berkelanjutan itu seperti kesehatan pribadi sampai kesehatan publik, hubungan kita dengan alam, dan cara kita mendidik anak-anak. “Kita semua harus bertindak lebih nyata,” ujar Nadiem.

Lanjut tambahnya, pandemi Covid-19 mendisrupsi sistem pendidikan secara global, mempengaruhi ratusan juta anak-anak di seluruh dunia. “Karena kesejahteraan masa depan kita bergantung pada anak-anak kita, bersama-sama kita harus membawa perubahan mendasar dalam sistem pendidikan dan menjadikan pembelajaran menjadi semakin relevan dengan tantangan di abad ke-21,” tegas Nadiem dalam pernyataannya.

Indonesia, sebut Mendikbudritek, akan mengambil kesempatan untuk melanjutkan kepresidenan G20 dengan memperkuat kolaborasi demi mewujudkan masa depan pasca-COVID yang lebih adil, tangguh, dan berkelanjutan.

Nadiem menambahkan, Indonesia sangat menjunjung tinggi prinsip kolaborasi. Sejarah Indonesia kental dengan nilai gotong royong atau saling membantu dan mendukung untuk mencapai tujuan bersama, sesuai dengan tema presidensi G20 tahun ini, ‘Recover Together, Recover Stronger’ atau ‘Pulih Bersama’.

Baca Juga Kemendikbudristek Salurkan Kuota Gratis ke Puluhan Juta Penerima

“Pertemuan G20 EdWG 2022 yang berlangsung selama beberapa hari ke depan menandai salah satu tonggak penting kita menuju hari esok yang lebih baik. Dengan semangat gotong royong, mari kita wujudkan tema ‘Recover Together, Recover Stronger’ menjadi tindakan nyata yang bermakna untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada setiap anak di setiap negara, untuk masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan,” tutup Menteri Nadiem.

Pada hari pertama, fokus agenda prioritas yang dibahas diantaranya pendidikan berkualitas untuk semua dan teknologi digital dalam pendidikan. Pertemuan tersebut dibuka oleh Iwan Syahril, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek RI selaku Chair of G20 Education of Working Group. Selama tiga hari, pertemuan G20 EdWG dihadiri oleh 27 delegasi secara luring dan 64 delegasi secara daring. (jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.