Berita Nasional Terpercaya

Jadilah Pendengar yang Baik dengan 5 Cara Ini

0

HarianBernas.com – Menjadi pendengar yang baik bukanlah hal yang mudah. Terkadang ketika teman atau pacar sedang bercerita mengenai apa yang mereka alami, bibir kita sudah gatal untuk memberikan saran bahkan menggurui tanpa kita sadari. Jika banyak orang yang datang kepada Anda untuk bercerita berarti anda termasuk dalam pendengar yang baik. Namun jika tidak, anda harus menyimak tips berikut agar bisa menjadi pendengar yang baik:

1. Perhatikan Lawan Bicara

Sebetulnya hal ini mudah untuk dikatakan namun agak sulit untuk dilakukan. Memperhatikan membutuhkan konsentrasi dan fokus yang baik. Jadi usahakan Anda memperhatikan lawan bicara dengan baik sehingga Anda tahu apa yang ia bicarakan dan mereka akan merasa dihargai karena kita memperhatikan dengan antusias.

2. Jangan Menyela

Disela ketika sedang berbicara adalah hal yang sangat menyebalkan. Ketika sedang bercerita kemudian di sela orang lain, konsentrasi kita akan buyar bahkan bisa lupa dengan apa yang akan dikatakan. Sebaiknya dengarkan apa yang mereka ceritakan dengan seksama sembari memberikan respon seperti mengangguk agar mereka merasa diperhatikan. Setelah selesai bercerita baru Anda bisa memberi komentar jika diperlukan.

3. Jangan Mengalihkan perhatian

Hal ini harus benar-benar dihindari. Orang yang sedang bercerita kepada Anda akan merasa tidak dihargai dan tidak diperhatikan ketika tiba-tiba Anda mengalihkan perhatian pada hal lain. Jika hal ini dilakukan, bisa-bisa mereka tidak mau bercerita lagi kepada Anda di lain waktu.

4. Memberikan Saran Jika Dibutuhkan

Salah satu kelemahan dari pendengar cerita adalah mendengarkan untuk menasehati atau memberi saran. Padahal terkadang orang yang bercerita itu hanya butuh didengar ceritanya bukan untuk diberi saran atau nasehat. Jika Anda tetap memberikan saran yang tidak dibutuhkan oleh mereka, akan terkesan seperti Anda menggurui mereka.

5. Lakukan Kontak Mata

Hal sepele ini banyak yang tidak dilakukan oleh pendengar yang baik. Padahal melakukan kontak mata ketika sedang mendengarkan adalah hal yang penting. Lawan bicara akan merasa dihargai dan dipedulikan ketika anda menatap matanya. Selain itu, anda juga akan terlihat sungguh-sungguh mendengarkan apa yang mereka ceritakan sehingga mereka dapat bercerita dengan lebih leluasa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.