Berita Nasional Terpercaya

Menengok Perbatasan Indonesia – Malaysia

0

ENTIKONG, HarianBernas.com – Pintu perbatasan antara Indonesia dan Malaysia terletak di bawah sebuah bukit hijau yang menjulang tinggi. Plakat bertuliskan ?Pos Lintas Batas Entikong? yang diresmikan oleh Jenderal TNI Moerdani pada 22 Januari 1987 menjadi tanda perbatasan negara Indonesia dan Malaysia. Terletak tak jauh dari plakat tersebut terdapat sebuah tugu yang diujungnya terdapat lambang negara Indonesia, Burung Garuda, dan Pancasila yang menandakan bahwa wilayah tersebut masih dalam Kedaulatan Indonesia.

Entikong, Kalimantan Barat memang berbatasan langsung dengan Malaysia. Hanya dengan melewati sebuah gerbang besar di Desa Entikong, maka kita telah memasuki wilayah Kedaulatan Malaysia. Gerbang yang berwarna coklat dan bermotif dayak itu dibuka setiap harinya pada pukul 07.00 WIB dan ditutup kembali pukul 17.00 WIB.

Selain di Entikong, sebenarnya terdapat 4 tempat perbatasan lain yang saat ini sedang proses pembangunan gerbang, sehingga total ada 5 pintu resmi untuk memasuki Malaysia.

Jadi, apabila Anda ingin mengetahui secara langsung pintu gerbang perbatasan Indonesia-Malaysia, maka berkunjunglah ke Entikong, Kalimantan Barat. Di sana Anda juga dapat mengetahui bagaimana kehidupan masyarakat yang tinggal di daerah perbatasan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.